Masmuka: Artinya dan Jawabannya Dalam Bahasa Arab

Masmuka: Artinya dan Jawabannya Dalam Bahasa Arab pembahasan Kita kali ini mengenai Masmuka: Artinya dan Jawabannya Dalam Bahasa Arab. Kami menyadari
Masmuka Artinya
Masmuka: Artinya dan Jawabannya Dalam Bahasa Arab

Masmuka: Artinya dan Jawabannya Dalam Bahasa Arab

Masmuka Artinya - Welcome back di SEO Kilat. Kanal informasi pengetahuan yang menjadi solusi atas pertanyaanmu. Pada pembahasan terkait pendidikan Islam sebelumnya, Kita sudah membahas arti jazakallah khair yang merupakan kosa kata cukup populer di kalangan kaum Muslimin dunia. Nah! salah satu kosa kata atau mufradats yang juga populer di kalangan masyarakat muslim Indonesia, khususnya para pelajar pesantren adalah ungkapan masmuka.

Sebenarnya apa sih arti masmuka? Dan kalau Kita mengetahui artinya, apa jawaban masmuka dalam bahasa arab? Oke! semua itu akan Kita bahas satu persatu dalam konten kali ini. Namun seperti biasa. Jangan lupa, tekan tombol share di atas judul artikel ini nanti yah, jika Kalian sudah mengambil informasi penting tentang kosa kata arab masmuka.

Pengertian Masmuka

Masmuka adalah kosa kata (mufrodat) bahasa arab yang terdiri dari tiga suku kata. Tiga suku kata tersebut yaitu: (مَا) dan (اسْمُ) dan (كَ). Penjelasan:

  • مَا : Artinya "Apa atau Siapa" (Dibaca Ma). Kosa kata ini merupakan isim maushul yang berfungsi untuk bertanya.
  • اسْمُ : Artinya "Nama" (Dibaca Ismu". Kosa kata ini adalah jenis isim mu'rob.
  • كَ : Artinya "Kamu" (Dibaca Ka). Kosa kata ini adalah jenis isim mabni.

Tiga kosa kata bahasa arab ini dalam metode pembacaanya yaitu dibaca secara menyambung, dengan bunyi kalimat: Masmuka

Masmuka Artinya?

Masmuka adalah kalimat pertanyaan yang biasa digunakan dalam sesi perkenalan. Masmuka artinya siapa nama Kamu?. Kalimat masmuka sangat populer di kalangan santri pesantren ataupun majlis taklim di Indonesia. Terlebih lagi bila majlis taklim tersebut terkenal dengan pembahasan kitab hadits dan ayat suci Alquran dengan bahasa arab. 

Wa Masmuka Artinya?

Tidak ada perbedaan besar antara pengertian Masmuka dengan Wa Masmuka. Hanya saja kalimat wa masmuka terdapat penambahan huruf Wa yang artinya Dan. Jadi, jika kita menterjemahkan Wa Masmuka, maka artinya: Dan siapa nama Kamu?.

Tulisan Arab Masmuka

Jika Kalian ingin menulis kalimat Masmuka dalam bahasa arab, Kalian bisa copas teks arab di bawah ini.

مَااسْمُكَ ؟

Masmuka Jawabannya Apa?

Jika Kalian berada di sebuah majlis atau terlibat dalam percakapan, lalu ditanya dengan kalimat Masmuka, maka cara menjawabnya adalah dengan mengatakan: Ismii (..........)

Silahkan isi kolom titik-titik di atas dengan nama Kalian. Misalnya nama salah seorang diantara Kalian Ahmad. Maka dia seharusnya menjawab Ismii Ahmad. Jika namanya Yanti, maka jawabannya Ismii Yanti. Begitu seterusnya.

Arti Ismii

Ismi artinya nama saya. Jadi jika Kita mengatakan Ismii Ahmad, maka artinya nama saya Ahmad. Dalam konteks bahasa arab, tulisan Ismii Ahmad, seperti di bawah ini:

إِسمِيْ أحمد

Bentuk Pertanyaan Terkait Masmuka

Ada beberapa pertanyaan populer lainnya yang berkaitan dengan arti masmuka dan biasa dipakai sehari-hari, khususnya dalam dialog perkenalan. Berikut bentuk pertanyaannya:

Pertanyaan  Artinya  Jawaban Artinya
Man Anta?  Siapa Kamu?  Ana Ahmad Saya Ahmad
Man Anta ya Akhi?  Siapa Kamu Wahai Saudaraku  Ana Ahmad Saya Ahmad
Min Aina?  Dari Mana? Minal Baiti Dari Rumah
Min Aina Anta?  Dari Mana Kamu?  Min Baiti Ustadz Dari Rumah Ustadz
Man Hiya?  Siapa Dia (Perempuan)?  Hiya Fatimah Dia Fatimah
Man Huwa?  Siapa Dia (Laki-laki)?  Huwa Ahmad Dia Ahmad
Aina Baituka? 

Di mana Rumahmu? 

Amamal Masjid Di depan Masjid
Hal Anta Tholibun?  Apakah Kamu Seorang Pelajar?  Na'am Ana Tholibun Benar, Saya Pelajar
 Ilaa Aina? Mau Kemana?  Ilassuuki Ke Pasar
 Ilaa Aina Anta? Mau Kemana Kamu?  Ilal Madrosah Ke Sekolah

Mungkin demikian saja pembahasan Kita kali ini mengenai Masmuka: Artinya dan Jawabannya Dalam Bahasa Arab. Kami menyadari bahwa konten ini jauh dari kata sempurna, maka dari itu Kami memohon bantuan kepada para pembaca agar dapat memberikan bantuan melalui kolom komentar dan kontak Kami. Mari berkontribusi dalam penyebaran bahasa arab. Karena mempelajari bahasa arab adalah bagian dari dinul islam.

Lainnya: Arti Jazakallah Khair