Makanan Ayam Supaya Cepat Besar dan Gemuk

Makanan Ayam Supaya Cepat Besar dan Gemuk bila Kalian dapat artikel Makanan Ayam Supaya Cepat Besar dan Gemuk ini bermanfaat, bagikan ke sosial media
Makanan Ayam Supaya Cepat Besar dan Gemuk
Makanan Ayam Supaya Cepat Besar dan Gemuk

Makanan Ayam Supaya Cepat Besar dan Gemuk - Sebenarnya paling enak itu tinggi di pinggiran desa. Selain udaranya sejuk dan masih asri, Kita bisa bercocok tanam dan mengembangkan budidaya ternak. Tentu saja jenis ternak sesuai dengan hobi Kita yah. Nah! ngomongin soal ternak, pada pembahasan Kali ini dan kedepannya, mungkin sekitar sepekanan. Kita akan fokus membahas ilmu seputar dunia ternak yah.

Kenapa? Di balik penulisan artikel ini penulis sendiri akan mulai mengedukasi diri dan melakukan riset, tentang yang namanya dunia ternak. Salah satu yang menjadi fokus perhatian penulis di sini adalah tentang ternak ayam. Pembahasannya Kita mulai dengan mengenal jenis makanan untuk ayam, agar ayam Kita tetap terjaga kesehatannya, dan pastinya cepat besar dan gemuk. Oke, biar mempersingkat waktu, mari langsung saja Kita bahas satu persatu yah.

Makanan Ayam Supaya Cepat Besar dan Gemuk

Bagi Kalian yang baru terjun ke dunia peternakan ayam, tentu harus banyak belajar dan menambah informasi yah gaes. Pastinya ilmu tersebut kembalinya pada diri Kita sendiri. Dan salah satu yang perlu diketahui adalah tentang pakan ayam. Karena ini adalah salah satu kebutuhan pokok hewan ternak, Kita sebagai pemilik yang mengurusnya setiap hari, perlu untuk mengetahui makanan apa saja yang patut dikonsumsi ayam supaya cepat besar dan gemuk. Berikut makanannya:

1. Jagung Giling

Bila Kalian ingin ayam peliharaan cepat besar dan gemuk, jagung adalah salah satu pilihan yang paling tepat. Kalian bisa beli jagung giling khusus untuk pakan ayam di toko penyedia pakan ternak unggas. Biasanya pakan ini selalu tersedia. Adapun salah satu alasan mengapa memilih jagung sebagai pakan ternak ayam, yaitu kandungan di dalam jagung itu sendiri. Perlu Kalian ketahui, di dalam jagung terkandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk pertumbuhan ternak ayam agar cepat besar dan gemuk. Mulai dari vitamin C, vitamin B, serat, kalium, omega 6, dan nutrisi lainnya yang penting untuk tumbuh kembang ternakmu, khususnya ayam.

Disamping itu, citarasa jagung juga sangat disukai oleh ayam. Sehingga, ayam dengan senang hati memakan butiran jagung, karena terasa nikmat dan sesuai dengan selera mereka. Sama seperti manusia, jika ayam mendapatkan makanan kesukaannya, maka umumnya akan tumbuh lebih cepat dan pastinya lebih mudah untuk obesitas alias gemuk.

2. Pelet Ayam

Mungkin bagi sebagian orang, pelet adalah pakan yang ditujukan untuk konsumsi spesies ikan. Tapi tahukah Kalian, sebenarnya pelet juga bisa dikonsumsi hewan ternak lain, salah satunya ayam. Jika Kalian ingin ayam peliharaan Kalian tumbuh besar dan gemuk, coba beri jadwal untuk makan pelet khusus ayam. Selain bagus untuk ikan, pelet juga bisa dikonsumsi untuk ayam ternak. Pelet sendiri merupakan pakan ayam yang terbuat dari paduan beragam jenis bahan makanan, seperti: tepung ikan, sayur mayur, kedelai, kunyit, jagung, bekatul, vitamin, dan lain-lain. Bahan makanan ini diolah dengan air bersih, sehingga menghasilkan pakan ayam dalam bentuk pelet.

Dengan kadar gizi yang tinggi dan harga yang murah, pelet sering menjadi favorit makanan ayam. Bukan hanya memenuhi kebutuhan konsumsi tubuh ayam, tapi juga berdampak pada perkembangan badan ayam yang menjadi lebih gemuk dan besar. Maka dari itu, pakan ayam jenis pelet bisa jadi salah satu rekomendasi buat kalian yang saya dengan ternak.

3. Dedak dan Bekatul

Bagi para pemain lama, dedak dan bekatul bisa dibilang merupakan pakan andalan untuk ternak ayam. Selain murah, dedak dan bekatul mengandung kadar nutrisi yang baik untuk perkembangan ayam agar cepat besar dan gemuk. Sekedar informasi buat yang belum tahu. Dedak adalah hasil limbah dari penggilingan padi dari proses penyosohan yang pertama. Sedangkan bekatul adalah limbah dari hasil penggilingan proses yang kedua. Dari dedak dan bekatul bisa didapatkan banyak nutrisi untuk ayam kesayangan Kalian, diantaranya adalah protein, lemak dan natrium.

Bagi Kalian yang mungkin memiliki keterbatasan dana dalam proses ternak, mungkin bisa mulai berfikir menggunakan dedak dan bekatul sebagai pakan ternak ayam. Selain murah, juga mengandung nutrisi penting agar ayam Kalian cepat besar dan gemuk.

4. Pakan Ayam dari Limbah Gandum

Jika Kalian merasa dedak dan bekatul kurang cocok untuk ayam ternak Kalian, ada alternatif lain makanan untuk ayam supaya cepat besar dan gemuk. Apa itu? Jawabannya limbah gandum. Limbah gandum ini dipasaran dikenal dengan nama pollard. Secara tekstur, limbah gandum ini mirip seperti tepung, tapi dalam bentuk yang lebih kasar. 

Pollard ini sudah biasa digunakan para peternak ayam yang ingin hewan ternak mereka tumbuh besar dan gemuk. Tidak jauh berbeda dengan pakan ayam seperti sebelumnya, di dalam pollard atau limbah gandum ini terdapat protein dan karbohidrat yang baik untuk menghasilkan energi. Sehingga semakin banyak energi yang diasup oleh hewan ternak, maka akan semakin besar pula peluang ayam Kita tumbuh besar dan gemuk.

5. Singkong atau Ubi

Bukan hanya manusia, terkadang hewan ternak ayam juga bisa dihampiri oleh rasa bosan dalam memakan pakan yang itu-itu aja. Jika Kalian sudah menyadari ada penurunan dalam konsumsi pakan ayam ternak Kalian, coba selingin dengan jenis pakan lain yang lebih kreatif, namun tetap memperhatikan nutrisi. Dan pastinya harus murah yah.

Salah satu makanan ayam yang bisa Kalian coba adalah singkong atau ubi. Namun bukan diberi dalam bentuk utuh. Sajikan singkong atau ubi dalam bentuh cacahan. Kamu bisa gunakan alat potong untuk mencincang potongan ubi menjadi lebih kecil dan halus. Selain mudah didapatkan, kandungan nutrisi di dalam ubi juga sangat baik untuk perkembangan ayam ternak. Kenapa? Karena di dalam singkong terdapat banyak sekali karbohidrat dan vitamin B yang baik untuk perkembangan badan si ayam ternak.

6. Tepung Tulang Untuk Ayam

Menariknya dari dunia ternak ayam yaitu ada banyak jenis makanan ayam yang dapat Kita adopsi sebagai pakan ternaknya. Salah satunya adalah tepung tulang untuk ayam. Tepung tulang ini dapat dengan mudah Kita temui di marketplace online. Diantara manfaat mengkonsumsi tepung tulang untuk ayam adalah mencegah terjadinya pelapukkan tulang pada ternak ayam Kita.

Disamping itu, tepung tulang juga sangat baik untuk perkembangan ayam Kita, karena mengandung banyak nutrisi, seperti: fosfor, kalium, kalsium, magnesium, mangan, natrium dan nutrisi penting lainnya. Oleh sebab itu, sangat wajar bila para peternak ayam sangat suka dengan pemberian pakan jenis ini. Apalagi pakan tepung tulang juga sangat baik untuk ternak ruminansia maupun non ruminansia, khususnya pada jenis ternak ayam atau spesies unggas lainnya.

7. Sorgum

Bagi Kalian yang masih asing dengan sorgum, ini adalah jenis tanaman serbaguna yang kerap dijadikan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan sebagai bahan baku dalam dunia industri. Nah! selain kaya akan kandungan karbohidrat dan vitamin B. Sorgum ini cocok untuk pakan ayam ternak, karena mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan ayam.

Akan tetapi, meskipun sorgum ini dinilai kaya akan kandungan nutrisi, beberapa pendapat menyebutkan bahwa memberi asupan sorgum berlebihan pada ternak ayam dapat menimbulkan kelainan pada ayam. Namun Kami belum menemukan bukti ilmiah atas informasi tersebut. Terlepas dari benar atau tidaknya, Kita menggunakan sorgum sebagai pakan ayam, jika ingin ayam Kita cepat besar dan gemuk. Agar tidak berlebihan, Kalian bisa kombinasikan sorgum dengan jagung giling.

8. Bungkil Kacang Kedelai

Diantara makanan ayam yang bisa mempercepat proses gemuk pada ayam adalah bungkil kacang kedelai. Alasannya sederhana, di dalam bungkil kacang kedelai terkandung banyak sekali nutrisi, untuk mempercepat proses tumbuh ayam agar menjadi besar dan gemuk. Mulai dari serat, protein, karbohidrat, sampai vitamin, ada semua di dalam bungkil kacang kedelai.

Selain mengandung banyak nutrisi, bungkil kacang kedelai memang sangat cocok dijadikan sebagai pakan ayam ternak. Mulai dari tekstur dan bentuk sangat disukai oleh spesies unggas. Termasuk di dalamnya ayam ternak. Jika Kalian kesulitan mencari bungkil kacang kedelai, kalian bisa cari di marketplace online. Di sana ada banyak yang menyediakannya.

9. Nasi Putih Untuk Pakan Ayam

Di urut terakhir Kita ada nasi putih. Bukan hanya ampuh membuat manusia menjadi gemuk. Nasi putih juga ampuh membuat ayam cepat besar dan gemuk. Alasannya simpel, seperti yang sudah Kita sampaikan di atas. Karbohidrat yang terkandung di dalam nasi putih umumnya dapat berubah menjadi lemak jika tidak dipecah menjadi energi. Maka semakin banyak asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh ayam, akan semakin besar pula potensi ayam menjadi besar dan gemuk.

Mungkin demikian saja pembahasan seputar bisnis kali ini gaes. Semoga dengan informasi di atas Kalian mendapat insight baru dalam dunia peternakan ayam. Sehingga bisnis ayam Kalian semakin tumbuh dan berkembang. Jangan lupa, bila Kalian dapat artikel Makanan Ayam Supaya Cepat Besar dan Gemuk ini bermanfaat, bagikan ke sosial media Kalian yah. Terima kasih sudah mengikuti tulisan ini hingga akhir.

Lainnya: Ternak Lele Dalam Drum