Cara Mengecek Nomor Token Listrik Update Terbaru

Cara Mengecek Nomor Token Listrik Update Terbaru pembahasan Kita kali ini mengenai cara mengecek nomor token listrik atau nomor seri meteran listrik.
Cara Mengecek Nomor Token Listrik
Cara Mengecek Nomor Token Listrik

Cara Mengecek Nomor Token Listrik - Welcome back di SEO Kilat. Tidak bisa dipungkiri, zaman dan keadaan saat ini memang menuntut Kita lebih akrab dengan sesuatu yang bersifat digital. Bukan hanya teknologi komunikasi, sistem distribusi listrik saat ini pun telah terintegrasi dengan sistem digital. Hal ini dapat Kita lihat dari penerapan listrik prabayar yang menggunakan sistem token.

Kenapa Kita perlu membahas ini? Karena tidak sedikit para pengguna listrik prabayar (sistem token), yang tidak mengetahui nomor token listriknya sendiri. Sehingga ia sendiri pun bingung, saat listrik di rumahnya habis. Padahal, jika ia mengetahui nomor token listrik rumahnya, hal ini tentu tidak akan terjadi. Oke! untuk lebih menghemat waktu, dan Kamu langsung mengerti cara mengecek nomor token listrik rumahmu, berikut selengkapnya.

Apa itu Token Listrik?

Token listrik adalah nilai satuan pembayaran yang berfungsi sebagai pulsa, untuk mengisi ulang daya listrik pada layanan PLN prabayar. Secara umum, token listrik ini terdiri dari 20 digit angka stroom/kode token yang dapat dipergunakan untuk mengisi ulang daya listrik, dengan menggunakan alat Meter Prabayar (MPB). Alat meter prabayar (sistem token) ini dapat Kita kenali dari body meteran yang memiliki banyak tombol angka dari 1-0. 

Nah! Ketika Kita sudah mempunyai token listrik, tentu Kita perlu memasukkan kode tersebut dengan alat meteran prabayar yang ada di depan rumah  Kita. Yang menjadi masalah adalah, banyak diantara Kita yang tidak tahu cara mengecek nomor token listrik, sehingga Kita pun tidak tahu cara membeli token untuk ditujukan ke nomor token mana. Oke! berikut di bawah ini adalah cara cek token listrik paling gampang.

Cara Mengecek Nomor Token Listrik

Sebelumnya Aku ingin mengedukasi Kalian tentang nomor token listrik. Perlu diketahui bahwa, penyebutan nomor seri meteran listrik dalam masyarakat Kita, juga biasa dikenal dengan istilah nomor token listrik. Maka dari itu, ketika Kita ingin mencari atau mengecek nomor token listrik, itu artinya Kita sedang mencari nomor seri meteran listrik di rumah Kita. Lalu, bagaimana cara mencari nomor token listrik/nomor seri meter? Berikut cara selengkapnya:

1. Mendekatlah ke mesin meteran listrik prabayar Kalian. Kalau mata Kalian rabun, cobalah untuk lebih dekat lagi.

2. Perhatikan dengan seksama alat meteran prabayar Kalian. Pada sisi bagian atas LCD, biasanya terdapat barcode dengan sederet angkat. Angka-angka tersebut adalah nomor seri meteran rumah Kalian, atau biasa disebut dengan nomor token listrik. Pada paragraf di bawah, nanti Kalian bisa lihat langsung contoh nomor token listrik dalam bentuk gambar/foto.

Jika listrik prabayar di rumah Kalian habis, maka ketika untuk membeli pulsa/token listrik, Kalian akan membutuhkan nomor seri meteran atau nomor token listrik ini. Jumlah angka pada nomor token ini biasa terdiri dari 11 sampai 12 digit nomor seri. Gunakan nomor token ini sebagai tujuan pengisian pulsa listrik.

Jangan lupa! Untuk mempermudah pengisian pulsa listrik berikutnya, simpan nomor token listrik yang sudah Kita catat. Kamu bisa simpan nomor token listrik tersebut di aplikasi note di smartphone Kamu.

Contoh Nomor Token Listrik

Meskipun sudah Kita jelaskan di atas cara menemukan atau mengecek nomor token listrik, tetap saja masih ada yang ragu kalau-kalau salah pilih. Nah! Untuk menghindari kekeliruan tersebut Kalian bisa jadikan gambar di bawah ini sebagai acuan untuk mengetahui yang mana nomor token listrik prabayar rumah Kalian. Berikut gambarnya.

Contoh nomor token listrik
Contoh nomor token listrik

Nomor Token Listrik/Nomor Seri Meteran/ID Pelanggan Hilang, Solusinya?

Ada beberapa kondisi tidak nyaman yang terkadang memaksa kita menghadapinya, seperti nomor token/id pelanggan hilang. Sebenarnya jika stiker barcode masih berbekas di body meteran tidak menjadi terlalu masalah. Yang jadi masalah, stiker barcode sudah luntur atau hilang termakan waktu. Gimana solusinya? 

1. Melalui Aplikasi PLN Mobile

Jika nomor token listrik atau ID pelanggan hilang, Kamu tidak perlu terlalu khawatir. Karena dengan aplikasi PLN Mobile, Kamu bisa mengetahui data yang Kamu butuhkan terkait listrik prabayar dari PLN. Mulai dari nomor token/nomor seri, histori pembelian token, dan masih banyak lagi.

2. Melalui Nomor Telepon 123

Salah satu jalan atau cara mengetahui nomor token listrik/nomor seri meteran yang hilang adalah menghubungi langsung call center 123. Namun sebelum menekan tombol 123. Harap memasukan kode area telepon wilayahmu. Misal Kamu tinggal di wilayah Jakarta, maka masukkan kode (021) terlebih dahulu, kemudian disusul dengan 123. Contoh : 021123.

Cara Mengisi Pulsa ke Nomor Token Listrik

Sebenarnya butuh pembahasan terpisah jika Kita ingin mengulas tentang cara mengisi token listrik prabayar. Namun, untuk langkah paling sederhana, Kamu bisa mengisi token listrik di Alfamart atau Indomaret. Berikut caranya.

1. Datanglah ke Kasir Indomaret atau Alfamart. Sampaikan bila Kamu ingin membeli token listrik.

2. Tunjukkan atau beritahu nomor token yang ingin diisi. Bila Kamu tidak tahu nomor token yang mana, lihat cara mengecek nomor token listrik di atas.

3. Sampaikan pada kasir jumlah nominal token yang ingin Kamu beli.

4. Bayar tagihan pulsa token listriknya.

5. Terima kode unik pulsa token.

6. Masukkan kode unik ke mesin meteran prabayar di depan rumah Kalian. Tekan satu persatu angka dengan hati-hati, lalu oke!.

Informasi Terkait Nomor Token Listrik

Ada beberapa informasi yang perlu Kalian ketahui berkaitan dengan nomor token listrik. 

1. Nomor token listrik biasa juga disebut ID pelanggan atau nomor seri meteran.

2. Cara mengecek nomor toke listrik paling simpel adalah dengan melihat langsung ke badan mesin.

3. Biaya admin pengisian token listrik di Indomaret atau Alfamart sebesar Rp. 2.000,-. 

4. Jika nomor toke listrik atau nomor seri atau nomor ID pelanggan Kalian hilang, kalian bisa hubungi 123. Lihat cara detailnya di atas.

5. Nomor token listrik biasanya terletak tepat di atas LCD meteran, seperti gambar contoh yang sudah Kalian lihat di atas.

Mungkin demikian saja pembahasan Kita kali ini mengenai cara mengecek nomor token listrik atau nomor seri meteran listrik. Semoga panduan ini dapat bermanfaat dan membantu Kalian menemukan nomor token listrik. Jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media Kalian agar semakin banyak yang mengetahui bahwa cara cek nomor token listrik itu mudah.

Lainnya: Hemat Mana Kompor Listrik atau Gas