Bismillahi Majreha Wa Mursaha Inna Rabbi Lagafururrahim

Bismillahi Majreha Wa Mursaha Inna Rabbi Lagafururrahim Mengenai kalimat suci ayat Al-quran Bismillahi Majreha Wa Mursaha Inna Rabbi Lagafururrahim, y
Bismillahi Majreha Wa Mursaha
Bismillahi Majreha Wa Mursaha

Bismillahi Majreha Wa Mursaha

Bismillahi Majreha Wa Mursaha - Assalamu'alaikum Gaes! Semoga Allah senantiasa memberkahi hidup Kita semua yah. Mungkin diantara Kita ada yang bertanya-tanya yah apa arti kalimat Bismillahi Majreha Wa Mursaha. Entah itu dikarenakan tugas sekolah, atau rasa penasaran murni yang muncul begitu saja.

Nah! Alhamdulillah pada kesempatan yang singkat ini Kami akan jelaskan secara singkat tentang apa itu kalimat Bismillahi Majreha Wa Mursaha, sehingga Kamu dapat memahami makna atau arti yang terkandung di dalamnya. Dan bukan hanya pengertiannya, di sini Kami juga akan bagikan gambar sederhana dari ayat Bismillahi Majreha Wa Mursaha, serta beberapa informasi terkait lainnya. Jadi, simak terus artikel ini sampai selesai untuk mengumpulkan informasi yang mungkin Antum butuhkan.

Arti Bismillahi Majreha Wa Mursaha

Perlu Antum ketahui, kalimat Bismillahi Majreha Wa Mursaha adalah penggalan ayat dari surah Hud. Tepatnya ayat ke 41 yang berbunyi: وَقَالَ ٱرۡڪَبُواْ فِيہَا بِسۡمِ ٱللَّهِ مَجۡر۪ٮٰهَا وَمُرۡسَٮٰهَآ‌ۚ إِنَّ رَبِّى لَغَفُورٌ۬ رَّحِيمٌ۬  yang secara terjemahan utuh adalah "Dan Nuh berkata:` Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya. `Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang". 

Adapun arti Bismillahi Majreha Wa Mursaha adalah Dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya.

Bismillahi Majreha Wa Mursaha Ayat Berapa?

Karena kalimat Bismillahi Majreha Wa Mursaha merupakan bagian dari surah Hud yang merupakan bagian ayat suci Al-quran, maka tentu saja untuk mengetahui ayat berapa, Kita perlu merujuk kepada Kitab Suci Al-quran. Dan disebutkan di dalam Al-quran, kalimat ayat Bismillahi Majreha Wa Mursaha merupakan ayat ke-41 di dalam Surah Hud. Tepatnya di juz ke-12 halaman sebelah kiri menurut mushaf cetakan madinah.

Doa Naik Kendaraan Bismillahi Majreha Wa Mursaha, Shahih?

Mungkin secara makna kalimat Bismillahi Majreha Wa Mursaha sangat tepat Kita katakan sebagai doa naik kendaraan. Tapi apakah benar? Bahwa Bismillahi Majreha Wa Mursaha adalah doa naik kendaraan yang shahih?

Allahu A'lam bishowab. Dari hasil penelusuran Kami, Kami belum menemukan hadits shahih yang menjelaskan bahwa kalimat Bismillahi Majreha Wa Mursaha adalah doa naik kendaraan. Meskipun seperti yang sudah Kami jelaskan bahwa maknanya sangat pas sebagai doa naik kendaraan. Lalu apa donk doa naik kendaraan yang shahih?

Terdapat salah satu hadits dari Ibnu Umar radhiallahu’anhuma, ia berkata:

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا اسْتَوَى عَلَى بَعِيرِهِ خَارِجًا إِلَى سَفَرٍ، كَبَّرَ ثَلَاثًا، ثُمَّ قَالَ: «سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا، وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ، اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ»

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam ketika naik ke untanya untuk pergi safar, beliau bertakbir 3x kemudian mengucapkan:

Subhaanalladzi sakhkhoro lanaa hadza wa maa kunna lahu muqrinin. Wa innaa ila robbinaa lamunqolibuun. Allahumma innaa nas’aluka fi safarinaa hadza al birro wat taqwa wa minal ‘amali ma tardhoa. Allahumma hawwin ‘alainaa safaronaa hadza, wathwi ‘annaa bu’dahu. Allahumma antash shoohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.

Artinya : Maha Suci Allah yang telah menundukkan kendaraan ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami. Ya Allah kami memohon kebaikan dan ketaqwaan dalam safar kami dan keridhaan dalam amalan kami. Ya Allah mudahkanlah safar kami ini. Lipatlah jauhnya jarak safar ini. Ya Allah Engkaulah yang menyertai kami dalam safar ini, dan pengganti yang menjaga keluarga kami. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesulitan safar ini, dari pemandangan yang menyedihkan, serta dari tempat kembali yang buruk baik dalam perkara harta dan perkara keluarga” (HR. Muslim no. 1342).

Majreha Juz Berapa?

Seperti yang sudah Kita jelaskan di atas, di dalam Al-quran kalimat Bismillahi Majreha Wa Mursaha Inna Rabbi Lagafururrahim hanya terdapat pada satu tempat. Itu artinya, kata "majreha" juga hanya terdapat pada satu tempat pula. Lalu di mana atau ada di Juz ke Berapa Majreha tersebut?

Kata Majreha di dalam Al-quran terdapat pada juz ke-12 di dalam surah Hud. Tepatnya pada halaman 226 sebelah kiri halaman. Surah Hud adalah surah setelah Yunus. 

Gambar Bismillahi Majreha Wa Mursaha

Seperti yang udah Kami sampaikan di muka, Kami akan share gambar PNG Bismillahi Majreha Wa Mursaha simpel. Yang di dalamnya terdapat tulisan arab dan terjemahannya. Berikut gaes gambarnya.

Gambar Bismillahi Majreha Wa Mursaha
Gambar Bismillahi Majreha Wa Mursaha

Mungkin demikian pembahasan Kita Mengenai kalimat suci ayat Al-quran Bismillahi Majreha Wa Mursaha Inna Rabbi Lagafururrahim, yang mencakup pengertian arti, juz berapa, di dalam surat apa, dan apakah benar Bismillahi Majreha Wa Mursaha Inna Rabbi Lagafururrahim adalah doa naik kendaraan?. Semoga tulisan ini dapat berfaedah bagi kaum muslimin di mana pun berada. Jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media Kalian agar lebih bermanfaat.

Lainnya: subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar