Arti Jazakallah Khair, Jazakumullah Khairan, dan Jawaban

Arti Jazakallah Khair, Jazakumullah Khairan, dan Jawaban, gambar jazakallah khair PNG, pembahasan Kita kali ini mengenai arti jazakallah khair. Mulai
Arti Jazakallah Khair
Arti Jazakallah Khair

Arti Jazakallah Khair - Gimana Akhi dan Ukhti kabar Kalian semua, semoga baik-baik aja yah. Ohiya! Kamu sadar atau ngga, alhamdulillah perkembangan dakwah salaf di Indonesia cukup baik. Dan sebagaimana Kalian semua ketahui, umumnya yang biasa menggunakan frasa-frasa bahasa arab dalam keseharian biasa mereka-mereka yang pernah mondok, khususnya pondok pesantren manhaj salaf. 

Nah! salah satu frasa yang paling sederhana dan sering digunakan, salah satunya adalah ungkapan Jazakallah Khair. Sayangnya, meskipun ungkapan itu banyak yang menggunakan, tidak sedikit pula yang belum mengetahui artinya. Pada pembahasan kali ini, Kami akan menjelaskan Arti Jazakallah Khair, Jazakumullah khairan, jawaban jazakallah khairan dan gambar PNG Jazakallah dan jazakumullah khairan. Jadi, selepas pembahasan ini, Aku harap Kalian semua lebih teredukasi lagi gaes.

Arti Jazakallah Khair

Jazakallah Khair berasal dari bahasa Arab (جزاك الله خير). Secara definisi arti jazakallah khair adalah semoga Allah membalasmu dengan kebaikan. Ini biasa dipakai sesama ikhwan atau saudara semuslim dalam mengungkapkan rasa terima kasihnya. Ungkapan jazakallah khair adalah yang paling sederhana. Dalam beberapa bentuk pengucapan terdapat versi yang lebih panjang. Seperti:

  • Jazakallah Khairan Katsiran
  • Jazakallah Khairan Katsiran Ahsanal Jaza'a
  • Jazakumullah Khairan Katsiran

Nanti akan Kami jelaskan satu persatu terkait pengucapan di atas. Namun, secara umum kalimat jazakallah khair adalah bentuk ungkapan terima kasih dalam bentuk mendoakan. Yaitu mendoakan semoga orang tersebut diberikan balasan kebaikan, karena sudah memberikan bantuan kepada Kita.

Jazakallah Khairan Katsiran

Secara makna, jazakallah khairan katsiran sama seperti ungkapan jazakallah khair. Keduanya memiliki makna terima kasih dalam bentuk doa dan harapan. Hanya saja, pada kalimat ini diberi tambahan kata katsiran yang berarti banyak. Sehingga, bentuk arti kalimat Jazakallah Khairan Katsiran adalah semoga Allah membalasmu dengan kebaikan yang banyak. Jadi, bukan sekedar dibalas dengan kebaikan yang serupa, namun diberikan balasan kebaikan yang banyak. Maka, jika dinilai dari sisi keutamaan, maka mengucapkan jazakallah khairan katsiran lebih utama daripada jazakallah khair saja.

Jazakallah Khairan Katsiran Ahsanal Jaza'a

Secara umum kalimat Jazakallah Khairan Katsiran Ahsanal Jaza'a sama seperti kalimat Jazakallah Khair. Hanya saja, kalimat Jazakallah Khairan Katsiran Ahsanal Jaza'a jauh lebih sempurna dari Jazakallah Khairan Katsiran yang sudah Kita jelaskan di paragraf atas. Pada kalimat Jazakallah Khairan Katsiran Ahsanal Jaza'a mengandung makna penegasan. Yang di mana dalam kalimat tersebut terdapat tambahan ahsanal jaza'a, yaitu sebaik-baik balasan. Jadi, bila diterjemahkan, Jazakallah Khairan Katsiran Ahsanal Jaza'a adalah semoga Allah membalasmu dengan kebaikan yang banyak, dengan sebaik-baik pembalasan.

Jazakumullah Khairan Katsiran

Tidak jauh berbeda dengan 2 kalimat di atas, Jazakumullah Khairan Katsiran juga berfungsi sebagai kalimat berterima kasih kepada saudara semuslim. Bila diterjemahkan, ucapan jazakumullah khairan artinya semoga Allah membalas Kalian dengan kebaikan yang berlimpah. Hanya saja, pengguna kalimat Jazakumullah Khairan Katsiran mengandung 2 makna penggunaan.

1. Ditujukan untuk satu orang sebagai bentuk pemuliaan. Penggunaan dhamir Kum yang berarti Kalian, namun diucapkan kepada satu orang mengandung makna takrim atau pemuliaan terhadap orang tersebut.

2. Ditujukan kepada orang lebih dari satu sebagai penggunaan normal. Memang pada dasarnya, secara bahasa penggunaan kalimat Jazakumullah Khairan Katsiran berfungsi untuk banyak orang.

Jawaban Jazakallah Khairan

jawaban jazakallah khairan
jawaban jazakallah khairan

Setelah membaca dengan rinci penjelasan Kami di atas, pasti Kalian sudah menyadari bahwa ungkapan terima kasih dalam bahasa arab, salah satunya adalah jazakallah khairan atau jazakumullah khairan. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apa jawaban jazakallah khairan yang benar, jika kita menerima ungkapan tersebut. Berikut di bawah ini cara menjawab ucapan jazakallah khairan yang ditujukan kepada Kita dan penjelasan sederhananya.

1. Wa Anta Jazakallah Khairan

Jawaban yang pertama adalah mengucapkan Wa Anta Jazakallah Khairan. Artinya adalah Semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan. Jawaban yang pertama ini memiliki landasan dalil sebuah hadits. Disebutkan dalam sebuah hadits dari sahabat Barra’ bin Azib,:

ثم يفسح له في قبره مد بصره، ويأتيه رجل حسن لوجه، طيب الريح، فيقول له : جزاك الله خيرًا، فواللّه ـ ما علمت ـ إن كنت لسريعًا في طاعة اللّه، بطيئًا عن معصية اللّه، فيقول : وأنت، جزاك اللّه خيرًا فمن أنت ؟ فيقولُ : أنا عملك الصالحُ ، ثم يُفْتَحُ

“Kemudian kuburannya akan dipuaskan sejauh pandangan mata. Lalu datang seorang yang indah wajahnya, semerbak wanginya. Dia berkata kepada penghuni kubur, “Jazakallah Khoiron (semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan). Demi Allah, Anda adalah orang yang bersegera melakukan amalan ketaatan kepada Allah, dan lambat dalam berbuat dosa.” Penghuni kubur menjawab, “Wa anta jazakallah khairan (dan untuk Anda juga, semoga Allah membalas kebaikan). Anda siapa?”

“Aku adalah amal sholih Anda,” jawabnya.

Diriwayatkan oleh Ibnul Qayyim dalam kitab Ar-Ruh (1/269), dengan sanad yang shahih. Dorar.net)

2. Wa Iyyaka atau Wa Iyyakum

Jawaban jazakallah khairan yang kedua adalah wa iyyaka. Secara makna wa iyyaka artinya demikian juga Kamu. Cara menjawab ini dibenarkan salah seorang ulama, yakni Syekh Abdul Muhsin Al-Abbad. Beliau pernah ditanya terkait menjawab ucapan jazakallah khairan.

ما حكم قول القائل: “وإياك”، لمن قال له: “جزاك الله خيراً”؟

Apa hukumnya seorang menjawab, “Waiyyaka” untuk orang yang mengucapkan kepadanya “Jazakallah Khoiron”?

Jawaban Syekh:

هذا لا بأس به، فقوله: “وإياك”، معناه: وأنت جزاك الله خيراً. فهو كلام صحيح لا بأس به.

“Tidak mengapa. Jawaban “waiyyaka”, maknanya : wa anta jazakallah khairan (semoga anda juga dibalas Allah dengan kebaikan). Ungkapan ini benar, tidak mengapa.”

Sumber: https://bit.ly/3n2aqRx

Jazakallah Khair Arab

Bagi temen-temen yang mau menulis ucapan jazakallah khair versi arab, temen-temen bisa copas teks arab di bawah ini.

جزاك الله خيراً

Gunakan teks di atas jika Kamu ingin menulis kalimat jazakallah khair dalam tulis arab. 

Jazakallah Khair PNG

Ingin punya wallpaper profil dengan tulisan jazakallah khair? Coba gunakan gambar di bawah ini. 

Jazakallah khair PNG
Jazakallah khair PNG

Kamu bisa gunakan Jazakallah khair PNG di atas untuk foto profil atau penggunaan apapun. Meskipun tidak terlalu estetik, lumayanlah daripada ga ada kan.

Tambahan: Bagi Kalian yang ingin mengucapkan jazakallah khair untuk perempuan, maka silahkan ganti dhamir Ka menjadi Ki. Misal kepada laki-laki jazakallah khair, maka untuk perempuan (satu orang) jazakillah khair. Adapun untuk perempuan lebih dari dua orang jazakunnallah khair.

Mungkin ini saja pembahasan Kita kali ini mengenai jazakallah khair. Mulai dari pengertian atau arti jazakallah khair, jawaban jazakallah khairan, dan ucapan jazakallah khairan untuk perempuan, dan gambar sederhana PNG jazakallah khair. Semoga materi sederhana ini dapat bermanfaat dan menjadi bahan edukasi yang baik. Jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media Kalian dan Jazakumullah khairon katsiran ahsanal jaza'a buat Antum yang sudah membaca hingga selesai.

Lainnya: Tulisan Arab Masya Allah