Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi, Lakukan Ini!

Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi, Lakukan Ini! pembahasan menarik Kita kali ini seputar cara Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi. Jika Kalian serius ingi
Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi
Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi

Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi - Selamat pagi buat para pembaca di mana pun Kalian berada. Gimana kabar hewan ternaknya? Semoga sehat terus yah yah. Ohiya, pada pembahasan sebelumnya Kita sudah membahas sedikit tentang makanan ayam terbaik supaya cepat besar dan gemuk. Tentu saja ada banyak faedah yang bisa Kita dapatkan yah seputar makanan yang bisa dikonsumsi ayam kesayangan Kita.

Nah! Adapun pada kesempatan yang berbahagia ini, Kita akan menambah lagi pengetahuan tentang ayam. Khususnya tentang bagaimana cara agar ayam Kita cepat besar dan tinggi. Tentu saja postur ayam yang tinggi besar idaman dari para peternak ayam yah. Selain terlihat lebih sehat, ayam yang tinggi terlihat lebih gagah, khususnya bila ayam tersebut adalah ayam jantan. Baik, untuk mempersingkat waktu mari pelajari informasi di bawah ini yah, biar makin sukses ternaknya.

Dapatkan Update : Ilmu Peternakan

Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi

Setidaknya ada 5 poin penting yang perlu diperhatikan, agar ayam peliharaan Kita cepat besar dan tinggi. Berikut akan Kami jelaskan satu persatu. Tapi sebelum lanjut, Kalian bisa bookmark tulisan ini di browser Kalian, siap tahu ingin membacanya kembali. Oke, berikut tips selengkapnya.

1. Cari Indukan Terbaik

Poin paling utama jika Kalian ingin punya ayam yang besar dan tinggi adalah memilih indukan yang terbaik. Cari dan pilih induk ayam yang memang memiliki potensi untuk melahirkan anak yang besar dan tinggi. Seperti apa kriterian induk ayam yang baik?

  • Tubuh induk ayam gemuk dan besar
  • Kaki yang panjang

Selain dua identik di atas, yang perlu diperhatikan juga ada pemilihan jantan yang akan membuahi si induk. Pilihlah jantan bertubuh besar dan tinggi agar ayam lebih cepat besar dan tinggi. Semakin besar dan tinggi pejantan, maka akan semakin besar peluang percepatan tumbuh kembang ayam Kalian.

2. Perawatan Intensif di Masa Terbaik

Ada hal penting yang perlu diperhatikan agar ayam cepat besar dan tinggi. Hal tersebut berkaitan dengan perawatan ayam di masa terbaiknya. Kapan masa terbaik dalam pertumbuhan ayam? Jawabannya usia antara 0-3 pekan. Maka dalam masa tersebut, sebagai seorang peternak Kita wajib menyadari dan memberikan perhatian penuh agar pertumbuhan anak ayam berada dalam kondisi yang maksimal. Dalam usia 0-3 pekan, anak ayam menampakkan pertumbuhan yang sangat drastis bial dirawat dengan sangat intensif. 

Pada usia ini, pertumbuhan anak ayam nantinya akan sangat berpengaruh saat usianya beranjak remaja dan dewasa. Jaringan sel tubuh anak ayam yang sempurna, akan membawanya pada pertumbuhan yang maksimal saat remaja dan dewasa. 

3. Pakan Ayam

Jika memang Kalian ingin serius mendapatkan hasil yang optimal, tentunya Kalian butuh yang namanya pakan ayam yang tepat dan berkualitas. Pastikan ayam Kalian mendapatkan asupan pakan yang tercukupi. Baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu Kalian ketahui dalam pemberian pakan agar ayam cepat besar dan tinggi.

  • Beri asupan pakan pur murni untuk anak ayam yang berusia 0-2 bulan.
  • Berikan tambahan vitamin pada anak ayam, agar tumbuh kembangnya lebih optimal dan kesehatannya terjaga.
  • Bagi Kalian yang ingin menghemat anggaran (tidak disarankan), Kalian bisa mencampur pur murni dengan dedak bekatul. Ukurannya sekitar 4:1. 
  • Untuk vitamin, Kalian bisa beli di marketplace online bila kesulitan mencarinya.

4. Tambahkan Asupan Kalsium

Bukan hanya manusia, kalsium juga merupakan mineral penting untuk pertumbuhan seluruh makhluk hidup, termasuk ayam. Agar ayam lebih cepat besar dan tinggi dibutuhkan asupan kalsium yang seimbang. Nah, salah satu upaya yang bisa Kalian lakukan adalah dengan memberi ayam asupan pakan tepung tulang. Dengan kalsium yang terpenuhi, ayam bukan hanya memiliki tubuh yang tinggi. Namun juga tulang yang kokoh dan kuat.

5. Manajemen Keseimbangan Gizi

Hasil pertumbuhan ayam tidak akan tercapai dengan maksimal bila manajemen keseimbangan gizi tidak diperhatikan. Jangan anggap remeh hal ini. Meskipun yang Kita pelihara adalah ayam, Kita perlu memperhatikan setiap aspeknya agar ayam Kita cepat besar dan tinggi. Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah soal manajemen keseimbangan gizi sang ayam.

  • Pakan yang bergizi selain baik untuk kesehatan ayam, juga lebih meningkatkan nafsu makan sang ayam.
  • Jika nafsu makan meningkat, maka potensi ayam untuk jatuh sakit tentu akan berkurang.
  • Nafsu makan yang baik juga memberikan keuntungan dari sisi efektifitas konsumsi pakan. Pakan tidak terbuang sia-sia karena habis dilahap ayam.
  • Nafsu makan yang tinggi akan mempermudah Kita mengoptimalkan perkembangan ayam menjadi lebih tinggi dan besar.
  • Pastikan agar ayam Kita tidak berlebihan dalam beraktifitas sehingga asupannya terbuang sia-sia menjadi energi.
  • Beri ayam asupan pakan racikan yang dibuat sedemikian rupa, agar tinggi vitamin dan mineral. Dan sesuai selera ayam tentunya.

Kesimpulan Tips Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi

Dari penjelasan di atas, dapat Kita tarik beberapa kesimpulan atau garis besar yang perlu Kita perhatikan agar ayam ternak Kita cepat besar, gemuk dan tinggi tentunya.

1. Perhatikan asupan makan ayam anakan, khususnya di masa pertumbuhan pesat dari usia 0-2 bulan.

2. Perhatikan asupan kalsium yang terkandung di dalam pakan ayam. Kalsium penting agar ayam bisa tumbuh maksimal.

3. Pisahkan ayam yang sakit dengan yang sehat.

4. Jaga manajemen keseimbangan gizi ayam.

5. Pilih indukan yang terbaik dan bibit pejantan yang terbaik pula.

Mungkin demikian saja pembahasan menarik Kita kali ini seputar cara Agar Ayam Cepat Besar dan Tinggi. Jika Kalian serius ingin pertumbuhan yang maksimal, in syaa Allah terkabul. Semoga artikel ini bermanfaat, dan menjadi solusi atas permasalahanmu. Jangan lupa kunjungi SEO Kilat untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya seputar ternak. Bila Kalian merasa artikel ini bermanfaat, Kami akan sangat senang bila Kalian membagikan artikel ini ke sosial media Kalian.

Lainnya: Makanan Ayam Supaya Cepat Besar dan Gemuk