Penyebab HP Sering Keluar Sendiri? dan Solusinya!

Penyebab HP Sering Keluar Sendiri? dan Solusinya! sampai sini aja yah sharing dari Aku tentang penyebab HP sering keluar sendiri dari aplikasi ataupun
Penyebab HP Sering Keluar Sendiri
Penyebab HP Sering Keluar Sendiri

Penyebab HP Sering Keluar Sendiri - Halo Gaes! Kembali lagi di kanal informasi Kami seokilat.com. Pada kesempatan yang lalu Kita udah ngebahas tentang kenapa aplikasi Google Meet tidak bisa dibuka. Yang Kami yakin suatu saat atau detik ini juga, ada banyak orang yang membutuhkan informasi tersebut. Nah! masih seputar dunia teknologi atau gadget. 

Kali ini Aku akan sharing informasi penting juga, khususnya buat Kamu yang HPnya sering keluar sendiri. Kenapa hal ini Aku bahas? Kita tahu sendirikan? Kalau saat ini yang namanya HP atau smartphone hampir tidak pernah lepas dari lini kehidupan manusia. Ada yang gunain untuk belajar, main game, komunikasi, bahkan ada yang menggunakan hp sebagai media mencari uang.

Nah! yang sering jadi masalah yaitu, tidak jarang saat Kita menggunakan HP, tiba-tiba aplikasi HP Kita keluar sendiri. Mungkin saat Kita bermain di sosial media, kejadian seperti ini tidak terlalu bermasalah. Yang menjadi masalah adalah ketika aplikasi tersebut sedang Kita pakai untuk kerja, dan ditengah-tengah pengerjaan tiba-tiba aplikasi HP kita keluar dengan sendirinya. Alhasil, kerjaan yang sudah Kita mulai dari awal hilang begitu saja.

Untuk menghindari hal tersebut, di sini Kita akan bahas tuntas tentang penyebab HP sering keluar sendiri dan bagaimana solusinya agar HP kita sehat tanpa harus sering force close.

Apa itu Force Close?

Sebelum lebih lanjut menjelaskan tentang penyebab HP sering keluar sendiri, Aku akan jelaskan ke Kalian apa itu force close? Dalam dunia teknologi, khususnya dunia gadget. Force close dikenal sebagai istilah untuk menggambarkan kondisi, di mana sebuah aplikasi/software melakukan penghentian paksa. Artinya, secara otomatis aplikasi yang sedang berjalan dalam sebuah device, akan berhenti beroperasi secara tiba-tiba. Aplikasi yang berhenti secara tiba-tiba inilah yang sering disebut dengan istilah force close atau HP sering keluar sendiri.

Penyebab HP Sering Keluar Sendiri

Ketika HP sering keluar sendiri, tentu ada beberapa faktor umum yang menjadi penyebab atau akar permasalahannya. Seperti judul Kita di atas, di sini Aku akan jelaskan satu persatu apa saja yang menjadi penyebab utama, kenapa aplikasi/HP kita sering keluar sendiri. Baik itu penyebab hp sering keluar sendiri saat bermain game, atau pun keluar sendiri dari aplikasi.

1. RAM (Random Access Memory) Penuh

Meskipun sudah menjadi rahasia umum, namun banyak di kalangan awam masih belum mengetahui. Bahwa RAM penuh adalah penyebab utama kenapa HP atau aplikasi Kita sering keluar sendiri. Baik itu saat bermain game atau pun penggunaan aplikasi secara umum. 

Bagi Kamu yang belum mengetahui fungsi RAM, secara umum part ini berfungsi sebagai media penyimpanan data yang dibutuhkan oleh CPU device secara realtime. Oleh sebab itu, apabila part ini telah mengalami overload, hal tersebut akan mengakibatkan aplikasi atau software akan berhenti berjalan. Itu sebabnya, banyak orang yang menginginkan smartphone dengan kapasitas RAM besar, agar terhindar dari yang namanya force close alias keluar sendiri.

2. Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan

Diantara penyebab HP atau aplikasi sering keluar sendiri adalah faktor aplikasi yang terlalu banyak running (berjalan) dalam waktu yang sama. Maksudnya adalah dalam satu waktu yang sama, ada banyak aplikasi yang belum Kita hentikan dan masih berjalan di latar belakang. Meskipun secara kasat mata tidak terlihat, terkadang hal ini sering terjadi. Tentu saja karena Kita mungkin lupa menghentikan setelah menggunakan aplikasi tersebut.

Harap dipahami, bedakan antara menghentikan running aplikasi dengan sekedar menutup aplikasi. Menutup aplikasi adalah sekedar keluar dari aplikasi. Namun ketika Kita keluar, sejatinya aplikasi tersebut masih terus berjalan di latar belakang. Sedangkan yang dimaksud menghentikan aplikasi adalah proses penghentian jalannya aplikasi, baik itu di muka layar atau dibelakang layar.

3. Cache Penuh

Bukan hanya RAM penuh, Cache yang penuh juga bisa menjadi faktor penyebab HP sering keluar sendiri dari aplikasi. Bagi Kamu yang belum mengetahui apa itu cache? Sederhananya, cache adalah data sementara yang tersimpan pada aplikasi. Tujuannya adalah agar proses memuat data pada aplikasi berjalan menjadi lebih cepat. Bukan hanya pada aplikasi, sistem cache juga dapat Kita temui pada website. 

Data sementara ini tidak bisa Kita cari di memori internal atau pun micro SD. Karena cache ini hanya tersimpan di dalam aplikasi. Nah! perlu Kamu ketahui, apabila cache ini terlalu menumpuk di dalam sebuah aplikasi, hal inilah yang menjadi penyebab HP kita sering keluar sendiri dari aplikasi.

4. Aplikasi Belum Di-Update

Mungkin banyak yang belum menyadari, bahwa salah satu penyebab HP sering keluar sendiri dari aplikasi adalah disebabkan aplikasi tersebut belum diperbarui. Hal ini perlu Kamu ketahui, karena yang namanya aplikasi pasti memiliki beberapa bug yang perlu dituntaskan oleh para pengembang. Nah! ketika aplikasi yang Kita gunakan belum diperbarui, hal tersebut biasanya dapat menyebabkan crash internal. Alhasil, aplikasi tersebut pun akan berhenti secara tiba-tiba dan keluar menutup dengan sendirinya.

Solusi Jika HP Sering Keluar Sendiri Dari Aplikasi

Bila Kalian mengamati dengan seksama penjelasanku di atas, tentunya sudah mulai menyadari, sebenarnya apa solusi buat HP yang sering keluar sendiri. Namun untuk lebih memperjelasnya, di bawah ini udah Aku susun beberapa solusi untuk menentaskan permasalahanmu.

1. Perbarui Aplikasi

Salah satu langkah yang bisa Kamu ambil ketika aplikasi sering keluar sendiri adalah melakukan update aplikasi. Ini bisa menjadi langkah pertama yang mungkin bisa Kamu ambil untuk menyelesaikan permasalahan force close.

2. Hapus Beberapa Aplikasi Tidak Penting

Seperti yang udah kujelaskan di atas, RAM penuh adalah salah satu penyebab aplikasi sering keluar sendiri dari HP kita. Nah! bila RAM Kamu sudah mencapai limitnya, maka solusi satu-satunya adalah menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting. Semakin banyak aplikasi yang Kamu install dan gunakan, hal tersebut akan semakin menyisakan sedikit RAM pada device Kamu. Oleh sebab itu, mulailah memilih dan memilah aplikasi yang tidak urgen, untuk menghapusnya.

3. Hapus Cache

Bila Kamu rasa semua aplikasi yang terinstall adalah aplikasi penting, mungkin langkah terakhir yang bisa Kamu pilih adalah dengan menghapus cache pada seluruh aplikasi di perangkatmu. Namun perlu Aku ingatkan, kebanyakan dalam prakteknya menghapus cache ini hanya berpengaruh sedikit dalam mengosongkan ruang penyimpanan. Jadi, bisa jadi hal ini tidak akan berhasil bila RAM Kamu memang sudah sangat tipis.

4. Beli HP Baru

Solusi terakhir bila HP Kamu sering keluar sendiri adalah dengan membeli HP baru gaess! Dengan membeli HP baru Kamu akan mendapatkan performa HP yang lebih fresh. Namun pastikan juga kalau HP yang Kamu beli speknya lebih tinggi dari HP sebelumnya. Karena kalau tidak, semua harapan Kamu akan sirna. Dan HP Kamu akan kembali force close seperti HP sebelumnya.

Oke Gaes! mungkin sampai sini aja yah sharing dari Aku tentang penyebab HP sering keluar sendiri dari aplikasi ataupun saat main game. Karena intinya semua penyebab itu adalah sama. Jangan lupa support Aku dengan share artikel ini ke sosial media Kamu atau ke teman Kamu yang membutuhkan informasi seperti ini. Thanks.

Lainnya: Kelebihan Google Meeting