Hemat Mana Kompor Listrik atau Gas? Simak Penjelasannya

Hemat Mana Kompor Listrik atau Gas? Simak Penjelasannya saja pembahasan Kita kali ini mengenai Hemat Mana Kompor Listrik atau Gas. Semoga apa yang Kam
Hemat Mana Kompor Listrik atau Gas
Hemat Mana Kompor Listrik atau Gas?

Hemat Mana Kompor Listrik atau Gas - Halo Gaes! Balik lagi di kanal informasi SEO Kilat. Sebelumnya Aku minta maaf bila kemarin belum sempat sharing informasi apapun. Soalnya Aku terjebak di dalam sebuah pembicaraan yang sepertinya agak sulit memberhentikannya secara tiba-tiba. Oke! Kali ini Aku ingin sedikit membahas atau berbagi informasi pengetahuan tentang dunia perkomporan.

Yang pasti Kita bukan sedang mengompor-ngompori jomblo untuk segera menikah. Karena yang akan Kita bahas adalah tentang Hemat Mana Kompor Listrik atau Gas. Pembahasan ini Kami rasa sangat penting. Terlebih lagi dalam 10 tahun kedepan yang di mana teknologi dan dunia kelistrikan pasti akan sangat berkembang. Dan untuk mempersingkat waktu, langsung saja cek uraian dari Kami di bawah ini.

Hemat Mana Kompor Listrik atau Gas?

Perdebatan mengenai antara kompor listrik dan gas masih tetap diperselisihkan. Alasannya tentu saja satu, yaitu membandingkan dan mencari mana yang paling hemat dan irit diantara keduanya. Di sini Aku akan sedikit menguraikan beberapa penjelasan, agar Kita bersama dapat menentukan mana yang lebih hemat antara kompor listrik dan gas. Berikut selengkapnya.

Apa itu Kompor Listrik?

Sebelum lebih lanjut, agar Kita lebih bijak menentukan mana yang lebih hemat, Kita perlu mengetahui apa itu kompor listrik? Secara sederhana, kompor listrik adalah sebuah alat pemanas listrik yang secara fungsional dirancang untuk kegiatan memasak atau memanggang. Dalam beberapa tahun terakhir, kompor listrik semakin populer di kalangan ibu rumah tangga. Sebab dinilai lebih praktis dalam pengoperasian dan perawatan.

Apa itu Kompor Gas?

Kompor gas adalah sebuah alat pemanas yang berfungsi sebagai media penghasil api dengan bantuan zat gas, seperti : syngas, natural gas, propane, butane, liquefied petroleum gas atau gas mudah terbakar lainnya. Kompor gas adalah bentuk evolusi dari kompor standar dengan bahan bakar minyak tanah.

Kelebihan Kompor Listrik Dibanding Kompor Gas

Karena Kita sedang menimbang Hemat Mana Kompor Listrik atau Gas, tentu Kita harus mengetahui kelebihan masing-masing kompor. Nah! berikut di bawah ini adalah kelebihan kompor listrik dibanding kompor gas yang mungkin belum Kamu ketahui.

1. Kompor Listrik Lebih Minim Resiko

Salah satu kelebihan kompor listrik dibanding kompor gas adalah kompor listrik memiliki tingkat resiko berbahaya lebih kecil dibanding kompor gas. Apa alasannya? Perlu teman-teman ketahui bahwa kompor listrik memanfaatkan aliran listrik untuk menciptakan panas. Yang kemudian panas tersebut Kita manfaatkan sebagai pengganti api. 

Oleh karenanya, kompor listrik sama sekali tinggal menggunakan api sebagai pemanas. Dengan tidak adanya api, hal ini akan meminimalisir terjadinya luka bakar saat memasak. Ditambah lagi, penggunaan kompor listrik akan menghapus kemungkin terjadinya kebocoran gas. Sebab kompor listrik sama sekali tidak menggunakan gas sebagai bahan bakarnya. Kompor listrik juga tidak sepanas kompor gas, maka dari itu, penggunaan kompor listrik dirasa jauh lebih aman.

2. Kompor Listrik Lebih Praktis

Diantara kelebihan kompor listrik dibanding kompor gas adalah soal kepraktisan. Mereka yang sudah menggunakan kompor listrik tentu akan merasakan, bahwa kompor listrik jauh lebih praktis dibanding dengan kompor gas, apalagi kompor minyak tanah. Kompor listrik lebih mudah untuk dibersihkan karena tidak menghasilkan kotoran pembakaran sebagaimana kompor yang menggunakan api. Permukaan kompor listrik juga lebih halus dari kompor gas, dan lebih sedikit memiliki siku, sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

3. Suhu Panas Lebih Terkontrol

Kelebihan lainnya dari kompor listrik dibanding kompor gas adalah soal kontrol suhu. Kita yang menggunakan kompor listrik saat memasak, akan lebih mudah mengontrol suhu kompor. Maka dari itu jangan heran, bila kompor jenis listrik jauh lebih diminati oleh para ahli masak, dibanding dengan kompor gas.

Bukan hanya soal kontrol panas pada kompor, manfaat kompor listrik ini akan semakin terasa, saat Kita menggunakannya di luar ruangan. Kita tidak perlu khawatir terhadap gangguan angin. Sebab, kompor listrik tidak akan terpengaruh dengan yang namanya hembusan angin. Berbeda dengan kompor gas yang apinya bisa tertiup angin dan dapat berbahaya.

4. Tidak Mencemari Udara Ruangan

Berbeda dengan kompor gas yang menghasilkan api, kompor listrik jauh lebih ramah lingkungan, khususnya terhadap udara ruangan. Karena kompor listrik tidak menghasilkan api, tentu hal ini akan lebih bersih terhadap udara ruangan. Artinya, udara ruangan di mana tempat Kamu memasak, tidak akan tercemar oleh panas api. Sehingga, ruangan pun jadi jauh lebih dingin dibanding dengan ruangan yang menggunakan kompor gas atau api.

Kekurangan Kompor Listrik

Segala hal apapun itu pasti memiliki sisi kekurangan, termasuk di dalamnya adalah penggunaan kompor listrik. Berikut di bawah ini adalah beberapa kekurangan yang tentunya akan Kita temui, bila menggunakan kompor listrik dalam kegiatan harian.

1. Tidak Bisa Masak Saat Pemadaman Listrik

Salah satu kekurangan yang bisa dipastikan bagi para pengguna kompor listrik adalah tidak bisa memasak saat pemadaman listrik. Namanya kompor listrik, tentu agar dapat berfungsi sebagaimana kompor pada umumnya, dibutuhkan yang namanya aliran listrik. Oleh karenanya, bila rumah Kita mengalami pemadaman listrik, tentu yang namanya kegiatan masak memasak akan terhenti. 

2. Boros Listrik

Kekurangan kompor listrik lainnya adalah boros listrik. Meskipun Kita tidak lagi mengalokasikan dana untuk pembelian gas, namun satu hal yang pasti yaitu biaya tagihan listrik dijamin akan meningkat drastis. Pasalnya, kompor listrik secara umum berfungsi dengan menyedot daya listrik lebih besar, dibanding perangkat elektronik lainnya. Maka dari itu, Kamu jangan terkejut bila tagihan listrikmu membengkak setelah beralih ke kompor listrik.

3. Butuh Waktu Lebih Lama

Berbeda dengan kompor gas, menggunakan kompor listrik untuk memasak membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Maka dari itu, bila Kamu adalah individu yang selalu bekerja cepat dan membutuhkan kompor secara siap sedia. Maka menggunakan kompor listrik tidak Kami sarankan. Akan lebih baik bila Kamu menggunakan kompor gas saja.

Kelebihan Kompor Gas Dibanding Kompor Listrik

Meskipun di atas Kita banyak menjelaskan keunggulan atau kelebihan kompor listrik dibanding kompor gas, namun itu bukan berarti kompor gas tidak selalu baik. Ada beberapa kelebihan dari kompor gas yang patut Kita pertahankan. Apa saja itu? cek di bawah ini.

1. Tidak Perlu Membayar Listrik

Tidak seperti kompor listrik yang mengharuskan penggunanya membayar biaya tambahan tagihan listrik, para pengguna kompor gas tidak perlu khawator dengan naiknya biaya tagihan listrik. Terlebih lagi seperti saat sekarang ini, di mana harga listrik terus meroket secara perlahan. 

2. Tidak Terpengaruh Pemadaman Listrik

Salah satu kelebihan kompor gas dibanding dengan kompor listrik adalah tidak terpengaruh oleh pemadaman listrik. Kita bisa memasak kapan saja selama gas masih tersedia. Jadi, bila Kamu tinggal di wilayah yang sering mengalami pemadaman listrik, tentunya menggunakan kompor gas jauh lebih cocok.

3. Cepat Panas

Tidak seperti kompor listrik yang membutuhkan waktu lama untuk panas, kompor gas mampu mencapai titik 100 derajat celcius lebih cepat dibanding dengan kompor listrik. Hal ini jugalah yang sering membuat pengguna kompor gas bertahan, karena mereka merasa kompor listrik terlalu lama loadingnya untuk mencapai titik didih.

Kekurangan Kompor Gas

Bagi sebagian orang kompor gas sebenarnya tidak memiliki kekurangan apapun. Namun menurut kacamata Kami, ada beberapa kekurangan kompor gas dibanding dengan kompor listrik. Apa saja kekurangan tersebut? Cek di bawah.

1. Kompor Gas Tidak Cocok Untuk Outdoor

Bila kompor listrik cocok untuk kegiatan outdoor, sebaliknya kompor gas sangat tidak cocok untuk kegiatan outdoor. Karena sebagaimana Kita ketahui, angin luar ruangan dapat mengganggu efektivitas api saat memasak. Maka dari itu, Kita akan lebih sering melihat penggunaan kompor listrik di luar ruangan saat memasak, dibanding dengan kompor gas.

2. Kompor Gas Tidak Praktis

Kompor gas cenderung tidak praktis dibanding dengan kompor listrik. Selain susah dibawa ke mana-mana, kompor gas lebih susah dibersihkan dan lebih cepat kotor. Tentu saja hal ini diakibatkan api yang muncul dari kompor gas. Sehingga kotoran lebih mudah muncul dari sisa pembakaran.

3. Membuat Suhu Ruangan Meningkat

Bagi pengguna kompor gas pasti sudah menyadari, bahwa setiap kegiatan memasak berlangsung, pasti suhu ruangan akan meningkat drastis. Hal ini disebabkan api yang dihasilkan oleh kompor gas, yang perlahan tapi, mencemari udara di dalam ruangan. Maka dari itu, jangan heran bila penggunaan kompor listrik jauh lebih ramah terhadap lingkungan, karena tidak mencemari udara.

4. Resiko Gas Bocor

Salah satu kekurangan kompor gas adalah adanya resiko gas bocor. Meskipun resiko gas bocor ini cukup jarang terjadi, namun apabila hal ini terjadi, dampak yang ditimbulkan sangatlah besar. Gas bocor dapat mengakibatkan kebakaran dan dalam tingkat paling parahnya dapat mengakibatkan korban jiwa.

Hemat Mana Kompor Listrik atau Gas?

Nah! sekarang saatnya Kita menentukan mana yang lebih hemat antara kompor listrik atau kompor gas. 

Bila ditinjau dari segi ekonomis, Kami rasa penggunaan kompor gas masih lebih hemat dibanding dengan kompor listrik. Karena sejauh pengamatan Kami, nilai biaya operasional penggunaan kompor listrik masih jauh lebih mahal dibanding dengan penggunaan kompor gas. Bahkan ada yang memperkirakan bahwa penggunaan kompor listrik saat ini lebih boros secara dana hingga 30 persen dari dana penggunaan kompor gas.

Mungkin demikian saja pembahasan Kita kali ini mengenai Hemat Mana Kompor Listrik atau Gas. Semoga apa yang Kami sampaikan bisa menjadi perbandingan bagi Kalian, dan lebih mengenal kelebihan dan kekurangan kompos listrik dan kompor gas. Khususnya yang bingung atau dilema menentukan apakah beralih ke kompor listrik atau bertahan dengan kompor gas. Jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media Kalian, agar manfaatnya semakin dirasakan oleh orang banyak.

Lainnya: Merk Mesin Cuci Paling Bagus