Cara Transfer Gopay ke DANA Terbaru dan Mudah 2021

Cara Transfer Gopay ke DANA Terbaru dan Mudah 2021 pembahasan dari Aku kali ini mengenai Cara Transfer Gopay ke DANA Terbaru dan Mudah 2021. Semoga ar
Cara Transfer Gopay ke DANA
Cara Transfer Gopay ke DANA

Cara Transfer Gopay ke DANA - Halo Gaes! Gimana kabar Kalian hari ini? Semoga semuanya berjalan lancar dan terkendali yah. Pada postingan sebelumnya, Aku udah jelaskan bagaimana caranya beli pulsa di aplikasi LinkAja. Meskipun terdengar sepele, namun Aku yakin apa yang udah Aku sampaikan pasti berguna bagi para pengguna baru di aplikasi LinkAja.

Nah! adapun pada kesempatan yang singkat ini, Aku ingin membagikan tutorial singkat terkait Cara Transfer Gopay ke DANA yang terus mengalami perubahan. Kenapa Aku bilang mengalami perubahan? Karena tutorial atau cara yang sudah lawas, ternyata tidak bisa diaplikasikan lagi. 

Oleh sebab itu, di sini Aku udah menemukan solusi bagaimana Cara Transfer Gopay ke DANA dengan mudah dan berhasil. Tapi sebelum masuk ke penjelasan inti artikel Kita hari ini, ada beberapa hal yang wajib Kamu ketahui, agar proses transfer Kamu berhasil. Apa itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

Persyaratan Agar Transfer Gopay ke DANA Kamu Berhasil

Sebelum Kamu mengaplikasi tutorial yang akan Aku sampaikan, ada beberapa persyaratan penting yang wajib Kamu ketahui dan taati, agar proses Transfer Gopay ke akun DANA Kamu berhasil. Berikut di bawah ini hal-hal yang perlu Kamu ketahui.

1. Akun Gopay Harus Terverifikasi KTP

Sebelum Kamu melakukan transfer Gopay ke DANA, perhatikan bahwa akun Gopay Kamu harus terverifikasi menggunakan KTP atau Paspor. Tujuannya adalah agar akun Gopay Kamu naik tingkat menjadi Gopay Plus. Karena jika tidak diupgrade, Kamu tidak akan bisa melakukan transfer dana ke mana pun.

2. Nomor Rekening Akun Dana

Untuk bisa melakukan transfer dari Gopay ke DANA, Kamu harus mempunyai nomor rekening dari akun DANA. Adapun untuk mengetahui nomor rekening akun DANA milik Kamu, silahkan ikuti langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi DANA
  • Pilih menu "Isi Saldo"
  • Pilih tampilkan semua bank
  • Kemudian pilih "Bank Lain"
  • Setelah melihat "Nomor Rekening Permata", salin kode tersebut. Sampai sini kita telah mendapatkan kode atau nomor rekening dari akun DANA milik Kita sendiri. Simpan baik-baik nomor ini. Karena nanti akan Kita gunakan saat melakukan transfer dari Gopay ke DANA.

3. Akun DANA Boleh Tidak Diupgrade

Jika akun Gopay yang hendak melakukan transfer wajib terverifikasi identitas, berbeda halnya dengan akun DANA yang akan menerima transfer dari Gopay. Akun DANA Kita boleh tidak diupgrade, karena akun Kita hanya sebatas menerima saja. Namun bila Kita ingin melakukan transfer dari DANA ke rekening lain, maka Akun DANA Kita juga wajib melakukan upgrade.

Cara Transfer Gopay ke DANA

Sampai kepada pembahasan inti Kita. Harap simak baik-baik dan seksama setiap langkah yang akan Aku sampaikan. Ikuti panduan ini dengan baik dan benar, tanpa melewatkan satu langkah pun.

1. Masuklah ke Akun Gopay Kamu

Pertama-tama masuklah ke akun Gopay Kamu dan pastikan bahwa Kamu memiliki saldo yang cukup untuk melakukan transfer ke aplikasi DANA.

2. Pilih Menu "Bayar"

Setelah masuk ke aplikasi Gopay Kamu, pilih menu bayar untuk melanjutkan ke nomor rekening. Silahkan lihat gambar di bawah ini buat gambaran Kamu.

Cara Transfer Gopay ke DANA
Cara Transfer Gopay ke DANA

3. Pilih "Ke Rekening Bank"

Setelah masuk ke menu "Bayar" Gopay, berikutnya pilih menu "Ke Rekening Lain". Kalau Kamu bingung, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Cara Transfer Gopay ke DANA
Cara Transfer Gopay ke DANA

4. Pilih "Transfer Instan ke Rek. Baru

Lihat gambar di bawah ini yang telah Kami beri tanda merah. Pilih menu tersebut, kemudian cari "PermataBank". Jika sudah ketemu, pilih "PermataBank", dan masukkan nomor rekening Akun DANA Kamu. (Nomor rekening akun DANA udah Aku jelaskan di atas yah).

Cara Transfer Gopay ke DANA
Cara Transfer Gopay ke DANA

5. Lakukan Verifikasi Nomor Rekening

Jika sudah memasukkan nomor rekening Akun DANA Kamu, silahkan klik "Verifikasi". Jika nomor rekening tersebut benar dan telah terdaftar, maka Kamu akan melihat nama dari pemilik rekening tersebut. Biasanya, nama pemilik rekening selalu diawali "DANATOPUP" dan nama identitas asli Kita yang telah disensor. Lihat gambar di bawah ini. Jika sudah mantap, silahkan klik lanjut.

Cara Transfer Gopay ke DANA
Cara Transfer Gopay ke DANA

6. Masukkan Nominal Dana Transfer

Berikutnya masukkan nominal saldo yang akan Kamu transfer dari Gopay ke DANA. Jika sudah, silahkan klik "Lanjut". Lihat gambar di bawah ini untuk panduan.

Cara Transfer Gopay ke DANA
Cara Transfer Gopay ke DANA

7. Konfirmasi Transaksi

Tahap terakhir adalah konfirmasi transferan yang akan Kamu lakukan. Periksa seluruh detail pada halaman ini. Lihat jumlah saldo yang akan Kamu transfer, dan perhatikan biaya admin yang akan ikut terpotong dari saldo Gopay Kamu. Biasanya potongan biaya admin sekitar Rp. 2.500. Setelah Kamu menekan tombol konfirmasi, maka secara otomatis saldo yang sudah Kamu masukkan akan terkirim ke aplikasi DANA. 

Cara Transfer Gopay ke DANA
Cara Transfer Gopay ke DANA

7 langkah di atas adalah Cara Transfer Gopay ke DANA paling update dan terbaru saat ini. Perhatikan dengan cermat setiap langkah yang sudah Aku sampaikan di atas. Sebab, kesalahan satu langkah saja akan membuat proses transfer dana Gopay Kamu menjadi gagal.

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Proses Transfer Gopay ke DANA

Ada beberapa hal yang perlu Kamu ketahui dalam proses transfer Gopay ke DANA. Dan hendaknya hal ini Kamu ingat dan perhatikan baik-baik.

1. Biaya setiap kali transfer dari Gopay ke DANA, yaitu: Rp. 2.500,-

2. Akun Gopay wajib diupgrade dengan verifikasi identitas sebelum melakukan transfer dari Gopay ke aplikasi DANA.

3. Akun DANA yang menerima transfer dari aplikasi Gopay tidak wajib diupgrade, namun jika ingin mendapatkan fitur lengkap, hendaknya mengupgrade dengan identitas diri.

4. Dapatkan nomor rekening akun DANA terlebih dahulu, sebelum masuk ke aplikasi Gopay, agar proses transfer menjadi lebih mudah.

5. Silahkan lihat panduan mendapatkan nomor rekening akun DANA di atas (lihat poin 2 pada persyaratan melakukan transfer Gopay ke DANA).

6. Saat pemilihan bank di aplikasi Gopay, pilih bank tujuan "PermataBank"

7. Transfer dari Gopay ke DANA juga bisa dilakukan dengan Scan Kode QR. Hanya saja, cara ini hanya bisa dilakukan, bila akun DANA sudah diupgrade menjadi akun DANA Bisnis.

Cara Transfer Gopay ke DANA Via Scan Kode QR

1. Dapatkan, Simpan, atau Capture Kode QR akun DANA Bisnis Kamu

2. Masuklah ke aplikasi Gopay dan pilih menu bayar.

3. Bagian pojok kanan atas ada 2 ikon, yang satu ikon petir, dan satunya lagi ikon galeri. Silahkan pilih ikon galeri.

4. Pilih gambar Kode QR akun DANA Bisnis yang tadi sudah Kita simpan.

5. Tentukan nominal saldo yang akan Kamu transfer dari Gopay ke DANA.

6. Kemudian pilih konfirmasi.

7. Periksa detail transaksi yang akan diproses, kemudian silahkan pilih metode pembayaran Gopay.

Jika diminta untuk memasukkan kata sandi keamanan aplikasi Gopay, silahkan masukkan kata sandi aplikasimu. Maka secara otomatis saldo Gopay Kamu akan terkirim ke akun DANA Bisnis Kamu.

Namun harap perhatikan, sementara Kamu selesai mentransfer ke akun DANA Bisnis. Saldo tersebut belum masuk ke akun DANA reguler/Personal.

Agar saldo tersebut berpindah ke akun DANA Reguler/Personal, ikuti 2 langkah di bawah ini:

1. Buka aplikasi DANA Kamu.

2. Masuk ke Menu DANA Bisnis

3. Tarik saldo Bisnis ke saldo DANA (personal)

4. Selesai.

Sekarang saldo tersebut sudah masuk ke akun DANA personal. Kamu bisa gunakan saldo tersebut untuk transaksi apapun yang Kamu inginkan.

Mungkin sampai sini aja yah pembahasan dari Aku kali ini mengenai Cara Transfer Gopay ke DANA Terbaru dan Mudah 2021. Semoga artikel ini dapat membantu Kamu yang ingin memindahkan saldo dari Gopay ke DANA. Sekedar mengingatkan yang terlupa, ini adalah artikel edukasi. Harap gunakan panduan ini untuk hal-hal yang baik dan dibenarkan oleh hukum. Segala bentuk penyalahgunaan informasi dari apa yang sudah Kami sampaikan, Kami berlepas diri darinya. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media Kamu yah. Bye!

Lainnya: Cara Cek Bukti Transfer Gopay