Apakah Menghapus Cache Whatsapp Akan Menghilangkan Chat?

Apakah Menghapus Cache Whatsapp Akan Menghilangkan Chat? Mungkin demikian saja pembahasan Kita kali ini mengenai Apakah Menghapus Cache Whatsapp Akan

Apakah Menghapus Cache Whatsapp Akan Menghilangkan Chat
Apakah Menghapus Cache Whatsapp Akan Menghilangkan Chat?

Menghapus Cache WhatsApp - Balik lagi Gaes di kanal informasi SEO Kilat. Pada postingan sebelum ini Aku udah jelaskan yah, apakah aman menghapus cache secara umum. Bagi Kamu yang belum baca silahkan dibaca yah. Nah! adapun pada kesempatan di Kamis pagi ini, Aku ingin sedikit ngebahas topik ringan. 

Meskipun ini topik yang ringan, namun tetap saja akan selalu ada yang bertanya apakah menghapus cache WhatsApp akan menghilangkan chat? Oleh sebab itu, agar semakin banyak warga Indonesia yang teredukasi tentang penghapusan cache WhatsApp, di sini Aku akan jelasin secara gamblang. Oke?! langsung saja cermati penjelasanku di bawah ini yah.

Apa itu Cache WhatsApp?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang menghapus cache WhatsApp, Aku ingin sedikit menjelaskan ke Kalian apa itu cache WhatsApp. Sederhananya, cache WhatsApp adalah data sementara dari aplikasi WhatsApp yang umumnya tersimpan dalam penyimpanan lokal aplikasi. Cache WhatsApp ini tidak ada kaitannya dengan data inti pada aplikasi. 

Apakah Menghapus Cache Whatsapp Akan Menghilangkan Chat?

Pertanyaan yang sering muncul pada pengguna baru smartphone yang menginstal WhatsApp adalah Apakah Menghapus Cache Whatsapp Akan Menghilangkan Chat? Jawabannya Tidak! 

Menghapus cache WhatsApp tidak akan menghilangkan chat yang ada di dalam aplikasi. Jadi, seluruh percakapan yang berlangsung antara Kamu dan lawan chat akan tetap tersimpan dan utuh seperti sebelumnya.

Namun pastikan saat Kamu ingin menghapus, yang Kamu pilih adalah tombol "Hapus Cache", bukan "Hapus Data". Nanti akan aku jelasin di bawah, bagaimana cara menghapus cache WhatsApp agar tidak keliru dan salah.

Hapus Cache Apakah Sama Dengan Hapus Data?

Bagi yang sudah sering gonta ganti Hp Android mungkin hal sepele seperti ini bukan sesuatu yang sulit. Namun bagi mereka yang baru pertama kali punya smartphone, mungkin sulit membedakan. Apakah sama antara "Hapus Cache" dengan "Hapus Data". Oke! simak penjelasanku di bawah yah.

1. Jika yang Kamu pilih adalah Hapus Data pada settingan aplikasi, maka tersebut akan menghilangkan data inti yang selama ini tersimpan pada aplikasi. Artinya, aplikasi tersebut akan kembali seperti semula, sebagaimana keadaannya yang belum login. Pada WhatsApp, bila Kamu pilih "Hapus Data" maka seluruh chat yang selama ini tersimpan di dalam akun WA kamu akan hilang terhapus. Akan tetapi, bila sebelumnya Kamu sudah melakukan backup chat pada WhatsApp, mungkin Kamu dapat mengembalikan histori chat Kamu.

2. Jika yang Kamu pilih adalah Hapus Cache pada settingan aplikasi, maka hal tersebut tidak ada kaitannya dengan data inti aplikasi. Cache aplikasi biasanya hanya berkaitan dengan data halaman muat. Tujuannya agar loading halaman aplikasi menjadi lebih cepat. Bila Kamu menghapus cache aplikasi WhatsApp, hal ini tidak akan menghilangkan chat atau percakapan.

Jadi, Hapus cache dengan hapus data adalah dua kondisi yang berbeda. Harap cermati baik-baik penjelasan ini agar tidak keliru dalam memilih apa yang akan dihapus.

Cara Menghapus Cache WhatsApp

Bagi Kamu yang bingung bagaimana cara menghapus cache, Kamu bisa ikuti panduan dari Aku di bawah ini.

1. Masuk ke setting atau pengaturan pada smartphone Kamu.

2. Pilih menut Setting atau Pengaturan.

3. Pilih manajemen aplikasi.

4. Pilih daftar aplikasi.

5. Pilih aplikasi WhatsApp yang Kamu ingin menghapus cachenya.

6. Pilih penggunaan penyimpanan.

7. Pilih "Hapus Cache"

Dari penjelasan di atas dapat Kita pahami bahwa menghapus cache WhatsApp tidak akan menghilangkan chat. Hapus cache tidaklah sama dengan hapus data, kemudian bagi Kamu yang ingin menghapus cache WhatsApp bisa ikuti panduan di atas.

Mungkin demikian saja pembahasan Kita kali ini mengenai Apakah Menghapus Cache Whatsapp Akan Menghilangkan Chat? Terima kasih atas waktu dan kesediannya membaca informasi Kami, jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media Kalian.

Lainnya: Apakah Aman Menghapus Cache?