Apakah Aman Menghapus Cache? Mohon Penjelasannya!

Apakah Aman Menghapus Cache? Mohon Penjelasannya! Demikian saja pembahasan Kita kali ini mengenai Apakah Aman Menghapus Cache, pengertian cache dan fu
Apakah Aman Menghapus Cache
Apakah Aman Menghapus Cache? Apa itu cache?

Apakah Aman Menghapus Cache - Balik lagi Gaes di kanal informasi SEO Kilat. Gimana kabar Kalian semua? Semoga baik-baik aja yah. Seperti biasanya, Aku akan sharing ke Kalian banyak hal yang bermanfaat, mulai dari teknologi, pendidikan, bisnis, dan segala pengetahuan yang tentunya dapat Kamu manfaatkan secara gratis.

Dan pada kesempatan di pagi yang cerah ini, Aku akan sharing sebuah pengetahuan sederhana tentang apa itu cache, fungsi cache, dan Apakah Aman Menghapus Cache pada perangkat atau aplikasi Kita? Nah! untuk mempersingkat waktu yok langsung aja simak pemaparan ilmu di bawah ini yah.

Apa itu Cache?

Bila Kamu sudah membaca artikel yang Aku tulis sebelumnya, tentang penyebab HP sering keluar sendiri. Pasti Kamu sudah mengetahui apa itu cache. Namun untuk sedikit mengulang ilmu, berikut di bawah ini adalah pengertian cache:

Cache adalah data sementara yang tersimpan pada sebuah perangkat lunak atau aplikasi atau website, yang secara umum berfungsi untuk meningkatkan kecepatan akses data.

Sederhananya, cache itu adalah data yang sudah pernah dimuat sebelumnya. Baik itu data pada aplikasi, website dan sejenisnya. Seluruh data yang pernah dimuat tersebut kemudian disimpan. Nah! data yang disimpan tersebutlah yang Kita kenal dengan cache. 

Fungsi Cache

Dari penjelasan di atas, sebenarnya Kita sudah mendapatkan gambaran umum tentang fungsi cache. Namun untuk lebih mendekatkan dan menguatkan pemahaman, di bawah ini akan Aku jelaskan secara sederhana apa fungsi cache.

Fungsi cache pada sebuah aplikasi atau website adalah untuk meningkatkan efisiensi penggunaan, agar aplikasi/website dapat bekerja lebih cepat dan lebih optimal, khususnya dalam hal efisiensi waktu.

Proses akses data umumnya akan menjadi lebih cepat, karena data yang pernah dimuat akan disimpan di dalam folder lokal aplikasi/website.

Apakah Aman Menghapus Cache?

Nah! ini inti dari pembahasan Kita. Sering muncul pertanyaan bagi kalangan awam, Apakah Aman Menghapus Cache? Soalnya katanya kalau cache aplikasi terlalu banyak akan membuat device Kita menjadi ngelag. Jadi, banyak yang nyuruh hapus aja cachenya. Mau dihapus, tapi khawatir. Gimana kalau cachenya dihapus malah ada data yang hilang. Mohon jawabannya!

Menghapus cache pada aplikasi atau website tidak masalah. Menghapus cache tidak akan menghilangkan data penting, baik itu pada aplikasi, atau pun akun sosial media Kamu. Jadi, bila Kamu ingin menghapus cache aplikasi yang sudah bertumpuk, jangan khawatir. Hapus saja, justru dengan menghapus cache tersebut perangkat Kamu akan menjadi lebih ringan.

Jika Tidak Menghapus Cache

Nanya donk Om, Apa yang terjadi jika Aku tidak menghapus cache aplikasi?

Jawabannya sangat relatif gaes. Bila perangkat Kamu mempunyai kapasitas penyimpan internal yang segede gaban, mungkin "jarang" menghapus cache akan baik-baik saja. Justru, hal tersebut akan membuat loading aplikasi menjadi lebih cepat dalam memuat halaman. Karena data halaman aplikasi tersebut, sudah tersimpan sebelumnya di penyimpanan lokal.

Namun, jika kapasitas penyimpanan internal device Kamu cuma seiprit, "jarang" menghapus cache akan membuat fungsional perangkat Kamu menjadi terganggu, alias lemot.

Jadi, Aku saranin ke Kalian, buat yang ingin devicenya lancar jaya dan halus aksesibilitasnya, cobalah rutin menghapus cache. Buat yang ruang penyimpanannya sedikit, Kamu bisa hapus cache 2 hari sekali. Atau bila penyimpanan Kamu cukup besar, Kamu bisa hapus cache aplikasi setiap sepekan sekali.

Cara Menghapus Cache Pada Aplikasi Android

Karena yang bertanya tentang Apakah Aman Menghapus Cache, kebanyakan adalah pengguna smartphone. Maka panduan yang Aku jabarkan ini lebih kepada pengguna Smartphone/Table Android yah Gaes! Berikut di bawah ini langkah atau cara menghapus cache aplikasi pada Android.

1. Masuklah ke menu setting/pengaturan

2. Pilih manajemen aplikasi atau pengaturan aplikasi

3. Pilih daftar aplikasi

4. Pilih aplikasi yang ingin dihapus cachenya

5. Pilih penyimpanan atau penggunaan penyimpanan

6. Pilih "Hapus Cache" (jangan pilih hapus data).

7. Selesai.

Harap perhatikan! yang ingin Kita hapus adalah cache aplikasi, bukan data aplikasi. Menghapus cache aplikasi tidak akan berdampak pada data login aplikasi. Sedangkan menghapus data aplikasi, hal tersebut akan menuntut Kamu melakukan login ulang dengan username dan pasword.

Dengan penjelasan di atas, Aku harap teman-teman sudah bisa yah memahami apa itu cache, fungsi cache dan tentunya tentang Apakah Aman Menghapus Cache. Semoga apa yang Aku sharing ini dapat bermanfaat dan membantu Kamu.

Demikian saja pembahasan Kita kali ini mengenai Apakah Aman Menghapus Cache, pengertian cache dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa, support Kami dengan sharing artikel ini ke sosial media Kalian yah. Terima kasih sudah mengikuti artikel ini hingga akhir. Bye!

Lainnya: Penyebab HP Sering Keluar Sendiri