Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Xiaomi vs Realme Bagus Mana? Cek Di sini Jawabannya

Xiaomi vs Realme Bagus Mana
Xiaomi vs Realme Bagus Mana

Xiaomi vs Realme Bagus Mana - Halo gaes! gimana kabar kalian? Semoga baik-baik aja yah. Terlebih di masa pandemi seperti ini. Ohiya! ngomongin soal gadget, sebelum-sebelumnya kita udah banyak yah membahas tentang komparasi smartphone. Seperti Samsung vs Xiaomi, Bagusan Oppo atau Vivo, Vivo vs Xiaomi, Samsung vs Oppo, dan kali ini kita akan coba membandingkan antara Xiaomi dengan Realme. Kira-kira dari keduanya mana yang lebih bagus yah? Apakah Xiaomi? atau Realme? Ohiya! Sekedar informasi aja, saat ini penulis memakai smartphone Realme yah.

Oke! langsung aja kita cek satu persatu penjelasannya yah.

Xiaomi vs Realme Bagus Mana?

Seperti yang sudah penulis sampaikan sebelumnya. Ketika kita ingin membandingkan atau mengkomparasikan antara kedua brand dalam hal ini smartphone. Maka terlebih dahulu mari kita siapkan kedua produk dengan level yang sama dari segi harga. Kemudian satu persatu kita kupas, kemampuan utama dari masing-masing semartphone. Karena ini pembahasan santai namun serius, sepertinya kita akan membagi fokus pembahasan ke dalam 4 garis besar. Apa saja itu? mereka ialah: kemampuan kamera, prosesor, Baterai, dan layar. Cek penjelasan Kami di bawah ini. Ohiya, untuk memudahkan komparasi, di sini kita akan membandingkan antara Xiaomi Redmi Note 10 dengan Realme 8 yah. 

Bagusan Kamera Xiaomi atau Realme?

Penilaian pertama kita mulai dari kamera. Bila kita lihat spesifikasi smartphone Xiaomi Redmi Note 10, kamera utama yang disematkan di dalamnya berkekuatan 48 MP. Sedangkan untuk smartphone Realme 8, tercatat bahwa kamera utamanya memiliki kemampuan shot dengan resolusi 64 MP. Dari data perbandingan ini secara umum telah dapat kita pastikan, bahwa kemampuan kamera dari Realme bisa dibilang lebih unggul dibanding dengan Xiaomi untuk HP selevelnya. Namun untuk kamera depan atau selfie, ternyata keduanya memiliki kemampuan yang setara yaitu 16 MP. Jadi keunggulan Realme dalam kategori kamera, bisa dibilang fokusnya adalah kamera belakang atau utama.


Bagusan Prosesor Xiaomi atau Realme?

Untuk soal kemampuan prosesor, gimana Kak? Oke! Kita cek datanya saja. Dari data yang kami temukan, Smartphone Xiaomi Redmi Note 10 menggunakan Qualcomm SDM678 Snapdragon 678 (11 nm). Sedangkan Realme 8 sudah menggunakan Mediatek Helio G95 (12 nm). Yang mana sepengetahuan penulis, level chipset Mediatek Helio G termasuk kelas paling bagus dan terbaik. Khususnya dalam hal performa gaming.  Sedangkan Snapdragon 678 masih berada di level menengah. Ntar kalau saya keliru bisa komen yah. Intinya, dalam hal keunggulan prosesor, Xiaomi dan Realme dengan harga sekitar 3 jutaan, masih unggul chipset dari Realme.


Bagusan Baterai Xiaomi atau Realme?

Mungkin sebagian diantara kalian pernah mengalami, di mana kondisi baterai sepertinya terlalu cepat habis. Dari segi spesifikasi prosesor dan kamera memang oke, tapi koq rasanya baterai hp terlalu cepat habis. Nah! di sini kita akan coba mengkomparasikan antara baterai Xiaomi dengan Realme di level smartphone yang sama. Pertama kita lihat Xiaomi. Dari data yang kami peroleh, Xiaomi Redmi Note 10 ditenagai baterai 5000 mAh. Sedangkan bila kita lihat Realme di kelas yang sama, ternyata juga ditenagai baterai atau power 5000 mAh. Itu artinya, kedua smartphone ini secara power supply memiliki sokongan energi yang sama. Hanya saja, biasanya masing-masing mesin memiliki daya serap baterai yang berbeda-beda. 


Bagusan Layar Xiaomi atau Realme?

Sekarang kita masuk ke pembahasan layar. Memiliki layar yang berkualitas tinggi tentu akan meningkatkan pengalaman pengguna. Nah! diantara Xiaomi dan Realme, kira-kira mana yang lebih bagus? Langsung saja kita lihat spesifikasi layar Xiaomi. Dari data yang Kami peroleh, layar Xiaomi dan Realme ternyata sudah sama-sama AMOLED. Hanya saja, jumlah nits layar pada Xiaomi ternyata lebih besar sekitar 100 nit dibanding dengan Realme. Xiaomi memiliki jumlah nits 1100 nits, sedangkan Realme masih 1000 nits. Sekedar informasi, nits ini merupakan indikator kecerahan layar saat di bawah sinar matahari. Semakin tinggi nits layar smartphone, biasanya keterlihatan layar akan semakin tinggi pula di bawah matahari.

Kesimpulannya, Xiaomi dan Realme dalam level smartphone yang sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun dalam hal ini, kami menggunakan seris Redmi Note 10 dan Realme 8 karena keduanya memiliki harga yang tidak jauh berbeda. Tanpa ada maksud menggeneralisasi, tulisan ini hanya berupa edukasi secara umum. Tentang perbandingan kedua brand ponsel. Untuk mengetahui lebih detail, tentu kamu harus berkunjung ke dealer resmi terdekat untuk mendapatkan insight yang lebih nyata.

______________

Demikian pembahasan Kami kali ini mengenai Xiaomi vs Realme Bagus Mana? Semoga dengan tulisan ini kalian sedikit mendapatkan gambaran terkait ponsel apa yang mungkin akan kalian beli. Intinya, cobalah untuk lebih detail memahami setiap produk. Dan perhatikan pula, aspek fitur apa yang ingin kalian prioritaskan. Jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media kalian yah.

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Xiaomi vs Realme Bagus Mana? Cek Di sini Jawabannya"

Butuh Lowongan Kerja? Yuk! Gabung ke dalam Grup Lowongan Kerja IT dan Remote