Pipa Baja: Fungsi, Jenis, dan Merk Terbaik

Pipa Baja: Fungsi, Jenis, dan Merk Terbaik Mungkin demikian saja pembahasan kita kali ini mengenai pipa baja yah. Jadi, kita sudah mengenal jenis pipa
Pipa Baja
Pipa baja

Pipa Baja: Fungsi, Jenis, dan Merk Terbaik

Pipa Baja - Halo gaes! kembali lagi dengan saya Akhbar Sanusi. Satu-satu manusia (saat ini) yang mengelola kanal informasi seokilat.com. Hari ini Aku ingin berbagi informasi berkaitan dengan pipa baja gaes! Sejauh mana sih pengetahuan Kamu tentang pipa baja? Nah! artikel ini akan mengupgrade wawasan Kamu tentang pipa baja. Mulai dari fungsi pipa baja, jenis, sampai merk pipa baja yang terbaik dan bisa Kami rekomendasikan. Untuk mempersingkat waktu, langsung saja yah simak di bawah ini.

Fungsi Pipa Baja

Bagi orang umum seperti Kita, tentu banyak yang belum mengerti apa sebenarnya kegunaan pipa baja dalam dunia industri. Sebenarnya tidak ada yang rumit. Sebagaimana kita ketahui, pipa adalah benda berbentuk silinder dengan lubang pada bagian tengahnya. Tentunya ada banyak jenis bahan dasar pembuatan pipa. Salah satunya adalah baja. Dalam dunia industri, pipa baja sama dengan jenis pipa lainnya. Sebagaimana fungsi pipa pada umumnya, pipa baja berfungsi sebagai media distribusi untuk mengalirkan beragam jenis cairan atau fluida ke tempat/arah yang telah ditentukan. Karena pipa baja terbuat dari bahan yang kuat, maka pipa baja dapat mengalirkan beragam fluida dengan suhu dan tekanan yang lebih beragam pula. Dibanding dengan pipa non baja. Baik zat cair, gas, bahkan benda padat bisa disalurkan melalui pipa baja.

Jenis-Jenis Pipa Baja

Bila ditinjau dari klasifikasi komposisi kimianya, pipa baja dapat dibagi menjadi dua jenis. Kedua jenis pipa baja tersebut adalah pipa baja carbon steel dan pipa baja paduan/low alloy steel. Bagaimana penjelasannya? Cek di bawah ini.

1. Pipa Baja Carbon Steel

Apa itu pipa baja carbon steel? Pipa baja carbon steel adalah jenis pipa baja yang secara komposisi tersusun atas perpaduan besi dan karbon. Kandungan karbon pada pipa baja karbon biasanya kurang dari 1,7%. Selain kandungan karbon, pipa baja jenis ini juga mengadung mangan kurang dari 1,65%,  aluminium, serta silikon. Pipa baja jenis ini juga mengandung kontaminan seperti oksigen (O), belerang (S), nitrogen (N), dan tidak ada batas minimal yang ditentukan untuk elemen seperti Cr, Ni, Al, Co, Mo, Ni.

Pipa baja jenis carbon steel ternyata terbagi lagi menjadi 3 jenis. 

  • LCS (low carbon steel). Pipa baja ini memiliki kadar karbon di bawah 0,25%
  • MCS (medium carbon steel). Pipa baja ini mengandung kadar karbon 0,25%-0,6%
  • HCS (high carbon steel). Pipa baja ini mengandung kadar karbon 0,6%-1,4%.

Perbedaan kadar kandungan karbon dalam pipa baja dapat menyebabkan perbedaan sifat ketangguhan dan kekerasan pipa baja. Biasanya, pipa baja carbon steel digunakan pada industri-industri pembangkit listrik atau pembangkit energi. Selain industri listrik, pipa jenis ini juga biasa dipakai di industri hidrokarbon, industri kimia, dan berbagai industri lainnya yang menggunakan fluida dengan suhu dan tekanan yang tinggi.

2. Pipa baja paduan (allow steel)

Jenis pipa baja lainnya adalah baja campuran/paduan (alloy steel). Pipa baja jenis ini terbuat dari berbagai elemen material. Tentunya material tersebut memiliki beragam fungsi yang sangat bervariasi. Seperti sebagai berikut.

  • Bahan karbon sebagai penambah kekuatan (yield dan ultimate) dan daya kaku pipa.
  • Bahan silikon sebagai deoxidizer yang mampu menangkap oksigen terlarut, menghindari porositas, dan meningkatkan castability.
  • Mangan berfungsi sebagai campuran untuk meningkatkan daya tahan pipa.
  • Material krom berfungsi untuk meningkatkan daya tahan pipa terhadap abrasi. Serta memberi ketahanan terhadap aus dan suhu yang tinggi. Biasanya, campuran kromium di atas 11,5% dapat menghasilkan lapisan oksida yang lebih stabil.
  • Molibdenum. Meningkatkan daya tahan baja terhadap suhu yang ekstrem.
  • Nikel. Berfungsi meningkatkan sifat getas pada pipa baja. Campuran nikel di atas 7% dapat menghasilkan struktur atom pada baja menjadi austenit pada suhu kamar.
  • Aluminium. Material ini berfungsi meningkatkan proses deoksidasi setelah dicampur dengan material silikon.
  • Tembaga. Material ini berfungsi sebagai bahan antikarat pada pipa. 
  • Vanadium. Dalam pipa baja, material vanadium biasanya digunakan untuk meningkatkan sifat mekanik pipa. Selain itu, vanadium juga dapat meningkatkan ketahanan pipa terhadap hidrogenisasi di suhu tinggi.

Pipa baja campuran biasa digunakan dalam industri yang melibatkan suhu cukup tinggi. Seperti penukar panas, tabung tungku, pembangkit listrik, sampai jenis industri rektor kimia. Disamping itu, penggunaan pipa baja campuran juga sering dipakai dalam industri dengan sifat fluida yang cenderung mirip.


Merk Pipa Baja yang Bagus

Bagi Anda yang membutuhkan referensi atau rekomendasi merk pipa baja yang bagus dan terbaik. Berikut di bawah ini Kami susun beberapa daftar rekomendasi merk pipa baja terbaik.

  • APL Apollo Tubes Ltd.
  • JSW Steel Ltd.
  • Maharashtra Seamless Ltd.
  • MSP Steel & Power Ltd.
  • Mukand Ltd.
  • Steel Authority of India Ltd.
  • Tata Steel Ltd.
  • Usha Martin Ltd.

Sekedar informasi, daftar merk pipa baja di atas Kami ambil dari merk luar negeri. Jadi untuk memesannya mungkin Kalian bisa melalui marketplace luar negeri, seperti amazon, dan lain-lain.

Mungkin demikian saja pembahasan kita kali ini mengenai pipa baja yah. Jadi, kita sudah mengenal jenis pipa baja, fungsi pipa baja untuk apa, dan merk pipa baja terbaik rekomendasi. Jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media kalian agar lebih bermanfaat lagi.

Lainnya: Jenis jenis mesin las