Mouse Kabel Atau Wireless Bagusan Mana?

Mouse Kabel Atau Wireless Bagusan Mana? pembahasan Kita kali ini mengenai Mouse Kabel atau Wireless Bagusan Mana. Semoga dengan penjelasan singkat dar
Mouse Kabel Atau Wireless
Mouse Kabel Atau Wireless

Mouse Kabel Atau Wireless - Halo Gaes! Selamat pagi semua. Semoga Kalian semua dalam keadaan sehat selalu yah. Pada kesempatan sebelumnya Kita udah membahas tentang komparasi bagusan Biznet atau IndiHome. Nah! masih seputar teknologi, kali ini Kita akan membahas mengenai komparasi bagusan mana antara Mouse Kabel Atau Wireless. Yang mana Kita semua tahu kalau saat ini ada 2 jenis mouse secara garis besar. Seperti apa penjelasannya? Cek di bawah ini dan amati dengan seksama yah.

Mouse Kabel Atau Wireless

Agar lebih sempurna dalam mengkomparasikan antara mouse kabel dan wireless, tentunya Kita perlu memahami secara definisi apa itu masing-masing mouse dan apa saja kelebihan dan kekurangannya. Berikut selengkapnya.

Mouse Kabel

Sesuai dengan penamaannya, mouse kabel adalah jenis atau tipe mouse yang pengoperasiannya membutuhkan kabel sebagai media penghubung antara mouse dengan PC atau laptop. Secara umum, mouse jenis ini banyak disukai oleh siapapun. Karena sangat responsif dan tidak ada delay antara gerakan mouse dengan gerakan pointer. Terlebih lagi, harga mouse kabel cenderung lebih murah dibanding dengan mouse wireless.

Kelebihan Mouse Kabel

Meskipun terdapat kubu yang tidak suka terhadap mouse kabel, Kita tidak bisa menafikan bahwa mouse kabel memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan mouse wireless. Berikut di bawah ini adalah beberapa kelebihan yang dapat Kamu temukan dari mouse kabel.

1. Lebih Murah

Bisa Kami pastikan kalau harga dari mouse kabel jauh lebih murah dibanding dengan harga mouse wireless. Dengan harga yang murah ini, mouse kabel sering menjadi incaran orang-orang. Mulai dari anak sekolah, mahasiswa, hingga umum. Biasanya, harga mouse kabel dimulai dari harga sekitar 50 ribuan. Dan bisa Kamu beli di konter elektronik ataupun konter HP.

2. Responsif dan No Delay

Seperti yang sudah Kami jelaskan di muka. Secara umum, bila mouse kabel dalam keadaan sehat dan tidak bermasalah, respon pointer dari kabel mouse sangatlah bagus. Hal ini juga yang sering membuat gamer terkadang lebih memilih mouse kabel dibanding dari mouse wireless. 

3. Tidak Butuh Baterai

Salah satu kelebihan dari mouse kabel adalah tidak butuh baterai. Berbeda dengan menggunakan mouse wireless, penggunaan mouse kabel sama sekali tidak butuh dengan yang namanya baterai. Karena suplai energi bagi mouse diambil langsung dari laptop atau PC. Jadi, bagi Kamu yang tidak mau dipusingkan dengan masalah baterai, mouse kabel bisa jadi idola bagi Kamu.

Kekurangan Mouse Kabel

Meskipun mouse kabel memiliki 3 kelebihan utama di atas, tetap saja bagi sebagian orang mouse kabel memiliki sisi kekurangan yang mungkin tidak dapat termaafkan. Berikut di bawah ini adalah beberapa kekurangan yang dapat Kamu temui bila menggunakan mouse kabel.

1. Tidak Estetik

Namanya juga manusia, ada yang memiliki selera seni tinggi dan ada pula yang rendah. Nah! bagi sebagian orang yang mencintai keindahan, mouse kabel sangat tidak estetik dipandang mata. Kabel yang menjuntai sangat mengurangi sisi moderenisasi. Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang malas membeli mouse kabel saat ditawarkan di toko. Mereka ingin lebih simpel dan praktik.

2. Ribet

Salah satu kekurangan yang jelas dirasakan oleh pengguna mouse kabel adalah keribetan. Ribet sudah menjadi harga mati bila Kita menggunakan mouse kabel. Apalagi bila Kita harus bepergian membawa laptop dan mouse. Biasanya kabel akan melilit tidak jelas di dalam tas, sehingga cukup sulit dikeluarkan. Namun, hal ini hanya berlaku bagi orang yang tidak suka ribet. Bagi orang yang sudah terbiasa ribet, tentu hal ini tidak mengganggu sama sekali. 

3. Tidak Menarik

Diantara kekurangan yang biasa ditemui pada mouse kabel adalah desainnya yang terlalu sederhana dan monoton. Berbeda dengan mouse wireless yang kerap memiliki banyak desain, mouse kabel biasanya tidak mengutamakan desain. Maka jangan heran, bila banyak mouse kabel mempunyai desain yang sederhana sekali. 

4. Batas Jangkauan Pendek

Berbeda dengan mouse wireless yang bahkan bisa digunakan dengan jarak 3 meter lebih, mouse kabel memiliki batas jangkauan yang sangat terbatas oleh kabelnya. Oleh sebab itu, banyak orang-orang mulai meninggalkan mouse kabel karena hal ini. Biasanya, panjang kabel mouse hanya sekitar 1 meter saja tidak lebih.


Mouse Wireless

Mouse wireless adalah segala jenis atau tipe mouse yang pengoperasiannya tidak membutuhkan kabel. Baik itu mouse wireless dengan menggunakan pemancar yang dicolok ke USB atau mouse wireless dengan menggunakan sistem bluetooth. Mouse jenis wireless berjalan dengan sistem gelombang elektromagnetik.

Kelebihan Mouse Wireless

Tentunya mouse wireless mempunyai beberapa kelebihan dibanding dengan mouse kabel. Berikut di bawah ini beberapa kelebihan yang dapat Kita jumpai bila menggunakan mouse wireless.

1. Simpel

Salah satu kelebihan menggunakan mouse wireless adalah dari sisi praktis dan simpel. Kita tidak perlu pusing dengan kerumitan kabel yang melilit-lilit atau nyangkut di sisi meja. Dengan hal ini, tentu Kita dapat lebih leluasa menggerakan mouse di atas meja kerja Kita.

2. Menghemat Ruang Gerak

Dengan tidak adanya kabel yang menjuntai, hal ini akan lebih meminimalis ruang gerak Kita di atas meja. Kita tidak perlu khawatir kabel menyangkut pada benda-benda yang ada di atas meja. Sehingga hal ini lebih menghemat ruang gerak.

3. Jangkauannya Luas

Berbeda dengan mouse kabel yang memiliki jangkauan sangat pendek. Mouse dengan sistem wireless umumnya memiliki daya jangkau lebih luas dan bisa lebih dari 3 meter. Meskipun penggunaan jarak terlalu jauh hampir tidak pernah Kita gunakan, namun tetap saja hal ini sangat bermanfaat.

4. Desain Lebih Bervariasi

Bila Kita amati dengan seksama, umumnya mouse dengan sistem wireless lebih banyak memiliki pilihan desain dan warna. Sehingga hal ini jauh lebih menarik minat pengguna, yang sudah bosan dengan jenis mouse kabel yang desainnya itu-itu melulu.

Kekurangan Mouse Wireless

Sekalipun mouse wireless memiliki beberapa keunggulan seperti yang sudah Kita sebutkan di atas, tetap saja mouse jenis ini juga memiliki kekurangan yang mungkin membuat Kita berpikir dua kali untuk membelinya. Apa saja kekurangan pada mouse wireless? Berikut penjelasannya.

1. Sering Delay

Salah satu kekurangan yang biasa Kita temui bila menggunakan mouse wireless adalah terjadinya delay atau gap antara gerakan mouse dengan pointer. Hal ini tentunya sangat mengganggu bagi Kalian yang menuntut kesempurnaan kinerja sebuah mouse. Apalagi bagi Kalian yang menggunakannya untuk kegiatan desain grafis, hal ini pasti sangat mengganggu. 

2. Butuh Baterai

Bagi Kalian yang berencana membeli mouse wireless, Kalian harus menyediakan yang namanya baterai yah. Karena mouse wireless tidak disuplai energi dari PC/laptop, makanya Kita perlu baterai agar perangkat mouse Kita dapat bekerja. Kami sarankan Kalian membeli baterai yang bisa diisi ulang, agar tidak perlu mengeluarkan dana terus menerus.

3. Cenderung Lebih Mahal

Tidak seperti mouse kabel yang harganya cenderung murah, mouse wireless biasanya dibandrol dengan harga lebih mahal. Terlebih lagi bila mouse wireless tersebut sudah memiliki brand yang bagus. Biasanya akan dibandrol mulai dari 100 ribuan ke atas. Namun mouse wireless dengan harga 50 ribuan juga masih ada, tapi kualitasnya yah harap maklum.


Jadi, Pilih Mouse Kabel atau Wireless?

Kesimpulan kita pada pembahasan kali ini sebenarnya kembali pada diri Kalian masing-masing. Mouse Kabel atau Wireless sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bila Kamu adalah tipe orang yang lebih mengutamakan kinerja mouse tanpa peduli keribetan, maka memilih mouse kabel adalah yang terbaik. Namun, bila Kamu adalah orang yang menuntut estetika dan efektifitas di meja kerja, asal mouse bisa berfungsi normal, maka mouse jenis wireless adalah yang terbaik buat Kamu.

Demikian saja sepertinya pembahasan Kita kali ini mengenai Mouse Kabel atau Wireless Bagusan Mana. Semoga dengan penjelasan singkat dari Kami dapat membantu Kamu dalam menentukan pilihan. Seperti biasa, jangan lupa bagikan artikel Kami ke sosial media atau teman Kalian yah. Agar penulis lebih semangat lagi membagikan artikel yang bermanfaat. Bye!

Lainnya: Provider Internet Selain IndiHome