Lazada vs Shopee Bagusan Mana?

Lazada vs Shopee Bagusan Mana? saja mungkin artikel Kami kali ini membahas mengenai Lazada vs Shopee Bagusan Mana? Semoga dengan tulisan ini bisa mena
Lazada vs Shopee
Lazada vs Shopee Bagusan Mana?

Lazada vs Shopee Bagusan Mana?

Berbicara soal marketplace, pasti Kamu sudah tidak asing dengan yang namanya Lazada atau Shopee. Betul! kedua marketplace ini termasuk salah satu terbesar dan terbanyak penggunanya di Indonesia. Karena memiliki pengguna yang banyak, maka wajar saja bila banyak yang membandingkan antara Lazada dan Shopee. Khususnya mereka yang sering belanja secara online, pasti sering bertanya-tanya. Lazada dan Shopee bagusan mana sih?

Nah! Untuk mendapatkan jawaban yang berimbang, di sini Kami akan coba mengulas. Kira-kira manakah yang terbaik diantara keduanya. Dan untuk mengawali pembahasan ini, agar cara pandang kita lebih luas, Kita akan mulai dengan membahas kelebihan dari Lazada dan Shopee satu persatu. Cek di Bawah ini.

Kelebihan Lazada

1. Diskonnya Mantap

Salah satu kelebihan dari Lazada adalah marketplace ini sangat sering memberikan diskon kepada para penggunanya. Tentu saja dibalik diskon ini ada niat terselubung, yakni apalagi kalau bukan "mengikat" pengguna agar setia dengan platform mereka. Hal ini sudah sangat lumrah di kalangan pebisnis. Di mana mereka memberikan gebyar diskon dengan memberikan potongan harga secara besar-besaran. Hal ini pula yang menjadi salah satu realisasi dari praktek bakar uang di dalam sebuah perusahaan. Salah satu hal yang luar biasa dari diskon Lazada adalah mereka berani memberikan potongan harga hingga 90% pada momen yang mereka tentukan.

2. Proses Pengiriman

Salah satu kelebihan dari marketplace Lazada adalah proses pengiriman barang yang dipesan termasuk sangat cepat. Banyak dari para seller yang bermain di Lazada cepat tanggap alias profesional dalam memasarkan produknya. Hal inilah salah satu yang menjadi daya tarik Lazada di mata pengguna marketplace. Apalagi kita mengetahui, siapa sih yang tidak ingin barang pesanannya dikirim cepat?.

3. Gratis Ongkir

Salah satu yang menjadi pemikat Lazada di mata emak-emak adalah layanan gratis ongkir. Nah! layanan atau servis gratis ongkir Lazada bisa Kita nikmati bila transaksi belanja yang kita lakukan di antara Rp. 50 Ribu sampai Rp. 100 Ribu. Layanan gratis ongkir ini juga termasuk salah satu strategi marketing marketplace saat ini. Tujuannya, agar para pengguna semakin banyak menghabis uangnya di platform mereka.

Kekurangan Lazada

Setiap marketplace pasti memiliki sisi kelebihan dan kekurangan. Nah! Salah satu kekurangan dari Lazada yang menurut penulis bisa Kita lihat di kolom ulasan aplikasi Lazada itu sendiri. Dan dari banyaknya keluhan tersebut salah satunya adalah proses konfirmasi konfirmasi pembayaran yang cenderung lambat. Dan ini merupakan kekurangan yang menurut Kami pribadi adalah sangat fatal. Karena menambah atau memberi keresahan kepada para konsumen. Bukan hanya telat dalam hitungan jam. Telat atau lambatnya konfirmasi ini bisa berhari hari.


Kelebihan Shopee

1. Mudah Digunakan

Salah satu kelebihan yang dimiliki aplikasi Shopee menurut penulis adalah Shopee mudah digunakan. Terlebih lagi bila Kita sudah terbiasa belanja di toko online atau sudah familiar dengan smartphone. Tampilan Tata Muka yang ditawarkan terbilang simpel. Kita dapat melihat produk dengan jelas, mulai dari harga, jenis, kategori, dan lainnya.

2. Banjir Diskon

Entah memang lagi bakar uang habis habisan atau memang sudah menjadi aturan baku mereka. Shopee sangat banyak sekali menghabiskan dana memberikan diskon kepada setiap penggunanya. Terlebih lagi kepada para pengguna baru Shopee. Bukan hanya diskon ongkir, mereka juga memberikan diskon kepada harga produknya. Ini juga yang sering menjadi alasan para ibu muda, mengapa mereka lebih senang belanja di Shopee ketimbang marketplace lain.

3. Ada Shopee Food

Salah satu layanan yang paling sering penulis pakai dari aplikasi Shopee adalah Shopeefood. Maklum aja gan, masih sendiri belum ada yang masakin. Satu hal yang saya suka di sini adalah kita diberikan potongan ongkir sebesar Rp. 8000 setiap pembelian di semua merchant. Jadi, kalau Kamu memesan di toko yang dekat lokasi Kamu, ini sangat menguntungkan. Sejauh ini diskon ongkir tetap bisa Kamu gunakan meskipun pembayaran melalui sistem COD.

Kekurangan Shopee

Sejauh ini kekurangan Shopee yang penulis alami sendiri adalah aplikasi Shopee cenderung lemot dan berat. Sehingga untuk memproses layar terkadang sedikit lama. Mungkin ini adalah hal sepele bagian sebagian orang. Namun bagi sebagian lainnya, hal ini cukup merugikan waktu. Khususnya bagi orang seperti Saya yang memang disiplin waktu, eaa.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, pasti dari masing-masing kita sudah memiliki kesimpulan tersendiri mana yang lebih bagus antara Lazada dan Shopee. Setiap orang pasti memiliki pendapatnya masing-masing. Bagi saya bisa saja Shopee lebih bagus dibanding dengan Lazada. Setelah membaca penjelasan di atas. Namun bagi sebagian lain bisa saja Lazada lebih bagus dibanding Shopee, pun juga setelah membaca penjelasan di atas. 

Demikian saja mungkin artikel Kami kali ini membahas mengenai Lazada vs Shopee Bagusan Mana? Semoga dengan tulisan ini bisa menambah sedikit insight buat Kamu tentang dunia marketplace. Bila artikel ini dirasa bermanfaat, jangan lupa yah bagikan ke sosial media atau ke teman Kamu. Yuk berbagi hal bermanfaat. Karena berbagi itu tanda peduli.

Lainnya: Marketplace Online Paling Bagus