Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laptop ASUS vs Lenovo Bagus Mana? Silahkan Dipilih!

Laptop ASUS vs Lenovo Bagus Mana
Laptop ASUS vs Lenovo Bagus Mana

Laptop ASUS vs Lenovo Bagus Mana - Halo gaes! Selamat Sore! Semoga Sore ini kita semua senantiasa diberi kesehatan dan kelapangan rezeki yah. Sesuai judul Kita kali ini, kita akan ngebahas komparasi antara laptop ASUS dengan Lenovo gaes. Setelah sebelumnya kita ngebandingin antara ASUS dan ACER, kali ini Kita akan coba bandingkan antara keunggulan ASUS dibanding Lenovo. Atau justru sebaliknya, justru Lenovo yang akan membungkam ASUS.

Laptop ASUS vs Lenovo Bagus Mana?

Sebenarnya masing-masing brand pasti memiliki keunggulannya tersendiri. Maka dari itu terkadang kita butuh memberi penilaian yang objektif agar semua terasa berimbang. Baik! langsung saja yah Kita Komparasikan antara ASUS dan Lenovo. Simak baik-baik di bawah ini.

Dari Segi Konsumsi Baterai

Berbicara soal konsumsi baterai, berdasarkan analisa penulis, laptops ASUS cenderung lebih haus dalam penggunaan baterai dibanding dengan Lenovo. Jadi, bila kamu dihadapkan dengan dua pilihan brand ini, dan ingin baterai yang hemat, sebaiknya pilih ASUS. 

Dari Segi Kerangka Fisik

Sebagian orang berpendapat bahwa laptop Lenovo cenderung lebih ringkih dibanding dengan kerangka ASUS. Alasan mereka yaitu laptop ASUS tetap kokoh meskipun dengan mobilitas tinggi. Alias sering dibuka tutup. Berbeda dengan Lenovo yang bila terlalu sering digunakan, casingnya tidak lagi solid dan kokoh. Biasanya kerangka fisik yang bagus dari sebuah laptop dapat berdampak pada saat pemutaran audio. Laptop yang kerangkanya bagus tetap tidak akan bergetar, sekalipun menggunakan volume tinggi. Berbeda dengan kerangka yang kurang bagus. Biasanya akan muncul suara getar saat volume audio laptop disetting tinggi.

Dari Segi Kualitas Audio

Dari beberapa referensi menyebutkan, katanya sih audio yang dihasilkan laptop Lenovo jauh lebih jernih dibanding dengan ASUS. Alasannya sih karena di Lenovo ada yang namanya Dolby Digital. Tapi berdasarkan pengalaman pribadi penulis yang pernah make kedua brand. Perbedaan kualitas audio ini tidak terlalu kontras. Artinya, hampir tidak ada perbedaan antara keduanya. Jadi, yah mau itu ASUS atau Lenovo, kualitas audionya hampir sama saja. Hanya saja suara kipas yang hasilkan ASUS biasanya jauh lebih berisik dibanding dengan Lenovo.

Dari Segi Performa Gaming

Sebenarnya kedua brand ini masing-masing memiliki seri gaming. ASUS dengan ROG-nya. Sedangkan Lenovo dengan Legion. Kalau penulis secara pribadi disuruh memilih, sepertinya cenderung lebih memihak kepada ROG. Karena sepertinya, berdasarkan pengetahuan penulis, grafis yang ditawarkan oleh ASUS cenderung lebih baik dibanding dengan Lenovo. Tapi ini bukan hal yang mutlak loh.

Informasi Tambahan

Sekedar informasi saja yah. Berdasarkan data yang Kami himpun dari idc.com penjualan laptop terbaik untuk Indonesia di tahun 2020 yang lalu dipegang oleh ASUS dengan penjualan sekitar 30 persen. Kemudian disusul oleh ACER dengan angka penjualan sekitar 21 persen dan kemudian Lenovo dengan raihan penjualan sekitar 20 persen.

Dari data ini bisa kita lihat bahwa ASUS berhasil merebut mayoritas hati penduduk Indonesia. Apakah angka penjualan di atas berbanding lurus dengan kualitas yang diberikan oleh masing-masing brand? Entahlah. Namun penulis sendiri jika disuruh memilih. Masih tetap pilih ASUS bila di kelas yang sama.


Kesimpulan

Sebenarnya semua laptop pada dasarnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semua kembali tentang bagaimana kita merawat atau menggunakan laptop tersebut. Meski tidak kita nafikan bahwa terkadang brand memang mampu berbicara. Makanya jangan heran, banyak orang lebih mengedepankan brand saat membeli sebuah produk. Karena mereka telah yakin akan kualitasnya.

__________________

Mungkin demikian saja pembahasan kita kali ini mengenai laptop asus vs lenovo bagus mana. Semoga tulisan ini memberi pencerahan. Atau setidaknya dapat memberikan informasi tambahan kepada pembaca, sehingga dapat lebih bijak dalam memilih laptop. Apakah ASUS atau Lenovo. Jangan lupa juga, bagikan artikel ini ke sosial media kalian yah. 

Lainnya: Bagusan Laptop ASUS atau ACER?

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Laptop ASUS vs Lenovo Bagus Mana? Silahkan Dipilih!"

Butuh Lowongan Kerja? Yuk! Gabung ke dalam Grup Lowongan Kerja IT dan Remote