Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa PC lebih cepat dari laptop? Akhirnya Paham Juga

kenapa pc lebih cepat dari laptop
kenapa pc lebih cepat dari laptop

Halo gaes! Balik lagi di kanal informasi SEO Kilat. Bila kita flashback ke tahun 2000 awal, keberadaan PC bisa dibilang masih sangat langka. Kalau pun yang punya pasti mereka berasal dari kalangan orang kaya saja. Begitu pula dengan laptop, bila PC saja langka apalagi laptop ya? Oke gaes! ngomongin soal laptop dan PC, ada yang sadar ga kalau PC ternyata cenderung lebih cepat dari laptop?

Jadi geas, di sini aku mau ngebahas lebih dalam kenapa PC lebih cepat laptop (secara umum. Aku rasa ini perlu untuk aku jelasin ke kalian biar kalian mengerti dan tidak salah ambil keputusan antara mau beli PC atau laptop. Untuk mempersingkat waktu, mari langsung saja kita masuk ke pembahasan kita yah. Simak di bawah ini.

Kenapa PC lebih cepat dari laptop?

Tentunya ada banyak faktor yang dapat menyebabkan PC lebih cepat kinerjanya dibandingkan dengan laptop. Berdasarkan analisa kami, faktor yang sering membuat PC lebih cepat dibanding dengan laptop adalah berkaitan dengan suhu.

Apa maksudnya? Maksudnya adalah perlu teman ketahui bahwa kemampuan komputasi laptop secara bertahap akan melambat/dibatasi, seiring pertambahan suhu pada CPU dan VGA nya. Maka apabila suhu pada CPU dan VGA telah melebihi batas normal, sistem komputasi pada laptop secara otomatis akan melambat dengan sendirinya.

Pertanyaannya, kenapa suhu CPU dan VGA laptop lebih cepat meningkat?

Jawabannya sederhana. Kita pasti sudah sama-sama menyadari bahwa laptop adalah perangkat komputer yang memang didesain untuk kebutuhan dengan mobilitas tinggi. Sehingga laptop mudah untuk dibawa kemanapun. Nah! berdasarkan hal ini pula, tidak mungkin sebuah laptop memiliki ukuran yang besar sehingga sulit dibawa kemana-mana. 

Udah paham? Jadi begini, akibat ukuran laptop yang tidak sebesar PC, hal ini mengakibat secara struktur kostruksi laptop, memiliki ruang kosong untuk pendingin yang lebih sedikit pula. Karena ruang untuk pendingin lebih sedikit, tentu saja suhu di dalam laptop akan lebih cepat panas, dibanding dengan PC yang memiliki ruang pendingin lebih besar. Lihat ruang kosong pendingin laptop di bawah ini betapa sempitnya.

kenapa pc lebih cepat dari laptop
image by: id.quora.com

Itu sebabnya, mengapa laptop lebih ngelag dibanding dengan PC atau PC lebih cepat dari laptop. Semuanya sebenarnya kembali kepada permasalahan suhu CPU dan VGA. Jadi, sekiranya kita memiliki teknologi yang memungkinkan suhu pada PC dan laptop sama sebanding, mungkin PC bisa jadi akan ditinggalkan. Kenapa? Yah karena memang yang menjadi permasalahan adalah suhu di laptop yang jauh lebih cepat panas, akibat kecilnya ruang pendingin. Coba lihat pendingin PC di bawah ini, guede cuy dibandingkan laptop.

kenapa pc lebih cepat dari laptop
image by: id.quora.com

Kesimpulannya adalah faktor yang membuat kenapa PC lebih cepat daripada laptop adalah persoalan ruang pendingin. PC bisa lebih cepat dari laptop karena memiliki ruang pendingin lebih besar dibanding dengan laptop. Dengan ruang yang besar, PC bisa memuat lebih besar atau banyak pendingin untuk menurunkan suhu pada CPU dan VGA nya.

Oke! mungkin demikian saja pembahasan kita kali ini mengenai pertanyaan Kenapa PC lebih cepat dari laptop? Kami harap setelah membaca tulisan ini, kamu sedikit lebih tercerahkan. Kenapa PC lebih cepat dari laptop padahal spesifikasinya sama. Ohiya! seperti biasa, jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media kalian yah, agar manfaat di dalam tulisan ini semakin besar pula. Jangan lupa untuk ikuti artikel terbaru kami. Karena ada banyak bacaan berfaedah di sini.

Lainnya: Bagusan Oppo atau Vivo?

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Kenapa PC lebih cepat dari laptop? Akhirnya Paham Juga"

Butuh Lowongan Kerja? Yuk! Gabung ke dalam Grup Lowongan Kerja IT dan Remote