Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Harga Laptop Sekarang Mahal?

Kenapa Harga Laptop Sekarang Mahal?
Kenapa Harga Laptop Sekarang Mahal?

Halo gaes! Selamat sore, karena artikel ini aku ketik di waktu sore hari. Langsung aja yah. Ngomongin soal laptop nih, banyak yang bertanya-tanya, kenapa harga laptop sekarang mahal? Padahal beberapa tahun sebelumnya harga laptop tidak separah saat ini. Nah! tentu para pembaca penasarankan? apa sebabnya harga laptop koq pada naik. In syaa Allah di sini kita akan coba angkat dan jelaskan. Kenapa fenomena ini bisa terjadi.

Kenapa Harga Laptop Sekarang Mahal?

Untuk menjawab pertanyaan para sobat, kenapa harga laptop sekarang mahal. Kita perlu menguraikan satu persatu kemungkin yang menjadi faktor penyebab laptop ini bisa meroket harganya. Simak baik-baik yah penjelasan di bawah ini.

1. Persediaan Chipset Menipis

Kalau teman-teman mengikuti perkembangan berita teknologi, khususnya di bulan April kemarin. Teman akan temui sebuah berita informasi yang menyebutkan bahwa persediaan chipset mengalami penurunan stok. Meskipun berita menipisnya persediaan chipset ini naik di bulan April yang lalu, namun sebenarnya penurunan produksi chipset telah dimulai sejak terjadinya pandemi di seluruh dunia.

Lalu apa hubungannya dengan harga laptop yang semakin mahal? Jadi begini bray! Perlu teman ketahui semuanya. Segala bentuk perangkat elektronik yang menggunakan sistem kecerdasan atau teknologi pintar, pasti membutuhkan yang namanya chipset. Seperti TV Pintar, Smartphone, Laptop dan segala bentuk perangkat yang membutuhkan program komputer membutuhkan yang namanya komponen ini. 

Maka terang saja, dengan menipisnya cadangan chipset atau menurunnya jumlah produksi chipset. Hal ini akan membuat produksi segala perangkat pintar, termasuk laptop akan menjadi semakin terbatas. Itu sebabnya, hal ini menjadi salah satu faktor, kenapa laptop sekarang harganya semakin mahal. Ibarat cabai di pasar menipis, yah tentu aja harganya semakin naik.

2. Meningkatnya Kebutuhan

Sejak terjadinya pandemi wabah penyakit, tentu kita telah menyadari bahwa hampir seluruh lini kehidupan kita telah banyak beralih ke sistem digital atau elektronik. Salah satunya adalah sistem pembelajaran. Di Indonesia sendiri pembelajaran secara umum masih banyak yang menerapkan pembelajaran online dari rumah. Meskipun beberapa sekolah sudah ada yang menerapkan sekolah offline. Namun yang menerapkan sistem belajar online masih sangat tinggi.

Nah! Dengan angka belajar online yang semakin tinggi ini, secara tidak langsung telah menuntut perubahan kebutuhan dalam kehidupan kita. Dari yang sebelumnya perangkat laptop dipandang sebagai sesuatu yang bersifat sekunder, kini laptop beralih status menjadi kebutuhan yang bisa dibilang hampir primer. Itu artinya, menjalani aktifitas sehari-hari tanpa laptop akan mengganggu produktivitas kita.

Sampai sini paham? Loh koq belum. Begini loh! Kan kebutuhan manusia terhadap laptop mengalami peningkatan. Itu artinya, bila jumlah laptop dipasaran tidak berimbang dengan jumlah permintaan konsumen. Maka akan mengakibatkan kelangkaan barang. Kelangkaan barang inilah yang dapat membuat harga laptop merangkak naik, namun pasti. 

Kesimpulan

Dari dua kemungkinan yang dapat menyebabkan harga laptop sekarang mahal, saya cenderung kuat terhadap alasan yang pertama. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa alasan kedua bisa menjadi penyebabnya. Sebenarnya sih kenaikan harga laptop menurut saya pribadi adalah sesuatu yang sangat wajar.

Seperti yang sudah saya sampaikan. Kan sekarang kebutuhan orang terhadap laptop semakin meningkat, jadi wajar saja bila para pengusaha memanfaatkan momen ini untuk meraup keuntungan. Yah namanya saja pengusaha, mana mungkin mereka tidak mencari keuntungan. 

_______________

Oke! mungkin demikian saja pembahasan singkat kita kali ini, tentang kenapa harga laptop sekarang mahal. Semoga saja apa yang sudah kami sampaikan dapat bermanfaat dan memberi pencerahan atas kebingungan teman-teman. Ohiya! bila kamu rasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa yah untuk share ke sosial media. Masa ngeshare aja pelit banget. Terima kasih sudah mengikuti sampai akhir. Bye!

Lainnya: Xiaomi vs Realme Bagus Mana?

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Kenapa Harga Laptop Sekarang Mahal?"

Butuh Lowongan Kerja? Yuk! Gabung ke dalam Grup Lowongan Kerja IT dan Remote