Kelebihan Google Meeting Sebagai Platform Konferensi Online

Kelebihan Google Meeting Sebagai Platform konferensi Video sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai Kelebihan Google Meeting Sebagai Platform Konve
Kelebihan Google Meeting
Kelebihan Google Meeting dan Kekurangannya

Kelebihan Google Meeting - Halo gaes! apakabar semuanya? Aku harap semua selalu diberi kesehatan yah. Jangan lupa juga bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan ke Kita. Oke! Mungkin semua udah pada tahu yah, kalau beberapa sekolah dan universitas sudah mulai mengadakan kegiatan belajar mengajar secara offline. Meskipun begitu, di beberapa kawasan yang masih tetap menerapkan pembelajar dan kerja secara online atau work from home.

Nah! ketika Kita belajar atau kerja secara online, terkadang ada momen di mana Kita harus melakukan rapat online. Baik itu rapat untuk kerja, rapat sekolah, maupun kegiatan pertemuan/konferensi online lainnya. Dan tidak sedikit diantara mereka yang melakukan rapat online, lebih memilih Google Meet sebagai platform konferensi mereka. Emang kenapa sih orang-orang memilih Google Meet? Baik! di sini Aku akan jelasin ke Kalian, apa saja kelebihan google meeting buat yang ingin melakukan pertemuan secara online dalam skala besar. Cek di bawah ini.

Apa itu Google Meet?

Sebelum lebih jauh mengenal kelebihan Google Meet, Aku akan jelasin ke Kalian apa itu Google Meet. Biar Kalian paham secara umum, kegunaan Google Meet, Oke?. Google Meet adalah sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh Google, untuk mewadahi para penggunanya yang ingin melakukan konferensi atau rapat pertemuan secara online. Komunikasi di dalam aplikasi Google Meet berlangsung secara live audio dan video. Siapa saja yang bisa menggunakan Google Meet? Seluruh pengguna Google bisa menikmati aplikasi Google Meet, dengan durasi maksimal 60 menit setiap pertemuannya.

Kelebihan Google Meeting

Dari sekian banyak platform media konferensi atau pertemuan online, Google Meeting adalah salah satu yang paling diminati dan banyak dipilih. Tentu saja, hal ini dikarenakan Google Meet mempunyai banyak kelebihan. Berikut di bawah ini Aku akan jelasin satu persatu apa saja kelebihan Google Meet sebagai platform rapat online.

1. Gratis Alias Free

Salah satu kelebihan aplikasi Google Meet adalah gratis alias free. Kamu bisa menggunakan layanan aplikasi Google Meet secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Serius? Dua rius bos! Kamu hanya perlu mendowload aplikasi Google Meet Google Playstore dan menginstall di perangkat Kamu. Namun Kamu harus ingat, layanan ini bisa Kamu nikmati secara gratis, bila Kamu adalah pengguna atau memiliki akun Google. Bila belum memiliki akun Google, silahkan buat dulu yah Akunnya.

2. Jumlah Partisipan Hingga 100

Anggap saja bila murid di kelas Kamu ada sekitar 50 orang, maka tentu kapasitas partisipan di Google Meet sangat mencukupi untuk melakukan konferensi online. Kenapa? Karena Google Meet memberikan kemudahan bagi penggunanya, untuk melakukan rapat/pertemuan online secara gratis. Tidak tanggung-tanggung, Google Meet versi gratis bisa melakukan rapat online hingga 100 partisipan dengan durasi 60 menit setiap pertemuannya. Ini juga merupakan salah satu kelebihan Google Meeting, di mana aplikasi sejenisnya, yaitu Zoom yang versi gratis hanya bisa melakukan rapat online sekitar 40 menit dalam setiap pertemuan.

3. Mendukung Tampilan HD

Melakukan komunikasi secara online video tentu menitik beratkan pada kualitas video dan audio yang dihasilkan. Bayangkan saja bila Kamu harus berkomunikasi via video, namun tampilan video yang live di hadapan Kamu sangat burik. Tentunya hal ini akan sangat membuat Kita tidak nyaman. Nah! Salah satu kelebihan Google Meeting yang dapat Kita temui adalah pilihan resolusi video. Kita dapat memilih resolusi HD, agar tampilan video tampak lebih nyaman dan enak dilihat oleh mata. 

4. Video Terenkripsi

Dalam dunia digital seperti saat ini, sistem keamanan adalah hal yang paling utama. Google Meet sebagai platform konferensi online, juga sangat memperhatikan sisi keamanan bagi para penggunanya. Setiap video pertemuan yang terjadi di aplikasi Google Meet, telah terenkripsi untuk menjamin keamanan informasi. Jadi, setiap percakapan atau komunikasi yang terjadi di dalam konferensi, akan dijamin keamanannya agar tidak bocor kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

5. Dukungan Fitur Presentasi

Salah satu kelebihan aplikasi Google Meet sebagai platform konferensi adalah dukungan fitur untuk melakukan presentasi. Di dalam Google Meet, pembicara bisa menggunakan tools untuk presentasi, agar dapat menampilkan informasi kepada para peserta konferensi. Seperti tools share screen, pembicara bisa mempresentasikan dokumen, spreadsheet, atau berbagi tab browser kepada peserta konferensi.

6. Tampilan Tata Muka yang Friendly

Keuntungan lainnya yang bisa dirasakan saat menggunakan Google Meeting adalah tampilan user interface (tata muka) yang mudah dipahami. Bagi sebagian orang, terkadang menggunakan sebuah aplikasi terasa sulit dipahami cara pengoperasiannya. Nah! hal ini tidak akan Kita rasakan saat menggunakan aplikasi Google Meet. Tampilan UI Google Meet sudah sangat friendly dan mudah dimengerti. 

Kekurangan Aplikasi Google Meet

Tak ada yang sempurna. Itulah pepatah yang sering Kita dengar. Meskipun Google Meet mempunyai banyak kelebihan atau keuntungan. Kita pasti akan tetap menemukan sisi kelemahan atau kekurangan Google Meet. Agar lebih jelas, di bawah ini akan Kami paparkan beberapa alasan yang mungkin menghentikan niat Kamu menggunakan Google Meet.

1. Tidak Tersedia Fitur Hemat Data

Tidak Kita pungkiri, salah satu kelemahan atau kekurangan dari aplikasi Google Meet adalah belum tersedianya fitur hemat data. Yang di mana adanya fitur hemat data akan sangat berguna bagi pengguna yang memiliki kuota terbatas, alias bukan Wifi. Mungkin ini PR besar buat pengembang Google Meet agar lebih mengoptimalkan fitur hemat data, untuk memperhatikan pengguna dengan kuota terbatas.

2. Butuh Jaringan yang Stabil

Sebagaimana aplikasi video konferensi pada umumnya, agar komunikasi tidak terganggu dan berjalan lancar Kita membutuhkan jaringan internet yang stabil. Buruknya jaringan internet saat konferensi berlangsung akan mengakibatkan rendahnya kualitas video dan seringnya terjadi delay dengan kondisi secara livenya.

3. Batasan Fitur

Sebenarnya hal ini wajar, karena Google Meet tersedia dalam dua versi: gratis dan berbayar. Bilamana yang Kita gunakan versi gratisan, maka ada batasan fitur yang mungkin belum terbuka. Jika Kamu ingin menikmati fitu full akses, caranya sangat mudah. Kamu cukup membeli atau berlangganan paket Google Suite dari perusahaan Google. Tersedia banyak paket sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Sebenarnya setiap aplikasi konferensi video online pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu pula aplikasi Google Meeting. Semuanya kembali pada bagaimana Kita memanfaatkan yang ada sebaik-baiknya. Mau itu aplikasi Google Meet atau Zoom semua sama saja. Karena yang terpenting dari itu semua adalah aplikasi ini dapat Kita nikmati secara gratis

Mungkin demikian saja yang dapat Kami sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai Kelebihan Google Meeting Sebagai Platform konferensi Video serta beberapa kekurangan aplikasi Google Meet. Semoga apa yang sudah Kami sampaikan dapat bermanfaat dan bisa dipahami. Jangan lupa bagikan artikel Kami ke sosial media Kalian yah.

Lainnya: Aplikasi Pelacak HP Paling Lengkap