Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar HP Tidak Ngelag

Cara Agar HP Tidak Ngelag
Cara Agar HP Tidak Ngelag

Cara Agar HP Tidak Ngelag - Sore Gaes! Di mana pun Kalian berada semoga sehat selalu yah. Dan jangan lupa tunaikan segala kewajiban Kita selama itu dalam bentuk kebaikan. Hari ini Aku akan paparkan sebuah tutorial atau cara agar hp kita tidak ngelag-ngelag amat gaes. Sebagai seseorang yang mengalami hp ngelag jadi Aku cukup mengerti bagaimana rasanya penderitaan Kalian. Tapi sebelum Aku jelasin lebih lanjut, Aku mau bilang kalau di seokilat.com Kamu bisa dapatkan banyak informasi bermanfaat. Jadi jangan lupa untuk selalu kunjungi website ini yah.

Cara Agar HP Tidak Ngelag

Sebenarnya ada banyak faktor gaes yang membuat device atau perangkat kita mendadak menjadi ngelag. Nah! Aku akan jelaskan satu persatu, coba Kamu amati kira-kira poin ke berapa yang Kamu rasa cocok dengan kondisi HP Kamu saat ini.

1. Bersihkan RAM yang Penuh

Di dalam smartphone Kita ada yang namanya Random Access Memory atau yang biasa disingkat dengan RAM. Nah! fungsi RAM ini tentu ada banyak yah. Namun salah satu fungsi utama dari RAM ini yaitu sebagai media penyimpanan beragam file sistem atau aplikasi yang sedang dijalankan oleh sistem perangkat "untuk sementara waktu". Nah! dengan disimpannya file aplikasi di dalam RAM, hal inilah yang membuat perangkat Kita otomatis akan membaca, menjalankan, atau meluncurkan suatu aplikasi dengan sangat cepat. Begitulah seharusnya. Yang menjadi permasalahan adalah apabila RAM pada suatu device penuh, hal ini akan mengakibatkan HP Kita menjadi ngelag. Kalau hp sudah ngelag, pasti bawaannya akan emosi banget kan. 

Solusi: Agar HP tidak ngelag karena RAM penuh, solusinya adalah masuk ke pengaturan dan manajemen aplikasi. Pilah dan pilih aplikasi mana yang menurut Kamu file atau cachenya bisa atau perlu dihapus. Semakin banyak cache yang Kamu hapus, maka Hp kamu akan semakin lancar jaya.

2. Hapus Aplikasi Tidak Penting

Seperti yang telah Aku jelaskan di atas. RAM sebagai media penyimpanan tentu memiliki kapasitas atau batasan sejauh mana ia dapat menampung. Semakin penuh ia maka akan semakin ngelag atau melambatlah sebuah perangkat berjalan. Nah! perlu Kamu ketahui, diantara penyebab penuhnya RAM pada sebuah perangkat adalah banyaknya aplikasi yang terinstall di dalam perangkat tersebut. Apabila Kamu ingin agar HP kamu tidak ngelag lagi. Silahkan ikuti arahan berikut.

Solusi: Masuklah ke pengaturan HP kamu. Pilih manajemen aplikasi. Kemudian pilihlah beberapa aplikasi yang benar-benar tidak penting. Kemudian hapus cache pada aplikasi tersebut. Lalu pilih bongkar atau hapus aplikasi. Semakin banyak aplikasi yang Kamu hapus, maka akan semakin baik performa hp kamu. Selamat tinggal hp ngelag. 

3. Batasi Penggunaan Widget

Salah satu hal yang ga penting menurut penulis dan nyatanya membuat hp semakin ngelag adalah penggunaan widget berlebihan. Kamu harus tau bahwa semakin banyak Kamu menggunakan widget, maka hal tersebut akan semakin membebani kinerja RAM pada perangkat Kamu. Yang ujung-ujungnya hal tersebut akan membuat HP kamu menjadi ngelag banget. 

Solusi: Bila Kamu ingin hp yang lancar jaya alias tidak ngelag, maka batasilah penggunaan widget. Ingat tujuan penggunaan Smartphone Kamu apa. Lebih baik Kita fokus kepada fungsi bukan kebanyakan gaya. Jangan gara-gara kebanyakan gaya akhirnya hal tersebut memberatkan kinerja hp Kamu.

4. Hentikan Paksa Aplikasi

Bila Kamu tipe orang yang merasa tidak perlu menghapus aplikasi. Tapi Kamu tetap ingin agar HP Kamu tidak ngelag. Maka coba lakukanlah paksa henti aplikasi yang sedang berjalan. Terkadang beberapa perangkat sudah memiliki RAM yang cukup dan aplikasi tidak terlalu banyak. Tapi karena memang aplikasi yang berjalan terlalu banyak, maka jadilah Hp tersebut ngelag.

Solusi: Maka solusi agar hp Kamu tidak ngelag tanpa menghapus aplikasi, cobalah untuk menghentikan beberapa aplikasi. Hal ini terkadang manjur bagi beberapa hp. Namun jika memang RAM kamu yang memang sudah terlanjur penuh. Terpaksa kembali ke poin nomor 2.

5. Gunakan Memori Eksternal Untuk Penyimpanan Aplikasi

Akar dari permasalahan HP yang ngelag selalu berujung pada kapasitas RAM. Maka dari itu jangan heran bila banyak smartphone terbaru menawarkan kapasitas RAM yang tinggi sebagai iming-iming hp tidak akan ngelag. Perlu teman ketahui, bahwa secara default perangkat smartphone umumnya melakukan penyimpanan aplikasi pada memori internal. Maka hal ini bisa kita siasati untuk mengurangi beban memori internal. Caranya yaitu mengubah penyimpanan aplikasi dari yang sebelumnya di memori internal ke memori eksternal.

6. Lakukan Restart

Bukan hanya laptop. Terkadang sebuah smartphone atau hp butuh yang namanya restar agar beberapa sampah dapat dihapus dengan paksa. Dan juga menghentikan aplikasi yang berjalan secara paksa. Sebagaimana yang kita tahu, terkadang dalam sebuah perangkat elektornik berbasis sistem komputer sering terjadi yang namanya crash. Di mana crash ini biasanya juga bisa menyebabkan hp menjadi lemot atau ngelag. 

Solusi: Agar hp Kamu tidak ngelag, adakalanya Kamu perlu melakukan restart device. Bagi sebagian smartphone cara ini cukup efektif. Terlebih bila hp tersebut memang tidak memiliki permasalahan dengan kapasitas RAM.

Catatan

Menurut penulis pribadi, terkadang permasalahan HP ngelag ini karena salah kita sendiri yang terlalu over dalam membebani smartphone. Udahlah spek kentang, tapi aplikasi yang dijalankan terlalu banyak. Maaf kata, aiih.. sadar dirilah Kita bung. Maksudnya, marilah kita gunakan smartphone kita dengan bijak. Ibarat kata berat badan 200Kg terus naik sepeda anak SD yang kecil. Itukan namanya zhalim bro.

Oke! mulai detik ini yuk mari Kita gunakan smartphone kita sesuai kemampuannya. Instal aplikasi sesuai kapasitas RAM Kita. Mari lebih bijak dan tidak berlebihan menggunakan HP.

___________________

Mungkin demikian saja pembahasan Kita sore ini. Semoga artikel tentang Cara Agar HP Tidak Ngelag ini bisa bermanfaat dan barokah. Jangan lupa bila Kamu rasa tulisan ini bermanfaat, bagikan yah ke sosial media Kalian. Ingat! berbagi itu tanda peduli. Terima kasih sudah mengikuti sampai akhir. Sampai jumpa di artikel Kami lainnya.

Lainnya: Kenapa HP Oppo Lemot?

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Cara Agar HP Tidak Ngelag"

Butuh Lowongan Kerja? Yuk! Gabung ke dalam Grup Lowongan Kerja IT dan Remote