Biznet vs IndiHome Bagus Mana? Begini Penjelasannya

Biznet vs IndiHome Bagus Mana? Begini Penjelasannya pembahasan Kita kali ini mengenai Biznet vs IndiHome Bagus Mana? Semoga penjelasan Kami dapat berm
Biznet vs IndiHome
Biznet vs IndiHome Bagusan Mana?

Biznet vs IndiHome - Belakangan ini Kita lihat warganet ramai mengeluhkan tentang gangguan IndiHome. Dan sebagaimana Kita ketahui bersama, ketika jaringan internet mengalami gangguan, rasanya benar-benar mengganggu. Nah! bayangkan bila kerjaan Kamu sangat bergantung dengan yang namanya jaringan internet? Tentu kesalnya bukan main yah. 

Sebenarnya IndiHome mengalami gangguan bukan kali ini saja yah. Tapi kebetulan gangguan kemarin durasinya sangat lama, sehingga warganet pun heboh mengungkapkan kekesalannya di sosial media. Buntut dari kekesalan ini pun membuat banyak pengguna IndiHome berniat berpaling dari IndiHome ke Provider internet lain. Nah! sehubungan dengan hal itu, di sini Kami ingin membahas atau mengkomparasikan keunggulan dan kekurangan dari Biznet vs IndiHome. Kenapa yang kita bawa adalah Biznet? Karena sementara ini Biznet menempati posisi pertama sebagai provider internet tercepat di Indonesia versi SpeedTest.

Biznet vs IndiHome

Sebelum kita mengkomparasikan Biznet dan IndiHome, mari sekilas kita kenali tentang Biznet dan IndiHome. Kenapa? Ingat! semakin banyak Kita memiliki informasi terhadap sesuatu, hal itu akan semakin baik pula untuk menganalisa kinerja sesuatu tersebut. Oke langsung aja, cek selengkapnya di bawah ini.

Biznet

Biznet adalah salah satu provider jaringan internet terkemuka di Indonesia. Perusahaan infrastruktur digital terintegrasi ini memiliki banyak jenis layanan. Mulai dari layanan internet, Cloud Computing, Data Center dan IPTV. Biznet didirikan oleh Adi Kusma pada 1 Oktober tahun 2000 silam. Diantara catatan rekor yang dimiliki oleh Biznet di Indonesia adalah Perusahaan Jaringan Fiber Optic Tercanggih dan Data Center terbesar di Indonesia, Layanan provider internet tercepat di Indonesia.

IndiHome

IndiHome adalah singkatan dari Indonesia Digital Home. Ini adalah salah satu provider layanan internet di Indonesia yang merupakan produk dari PT Telekomunikasi Indonesia. Secara umum IndiHome menyediakan beberapa layanan komunikasi, seperti: voice komunikasi/telepon rumah, jaringan internet fiber, serta layanan Tv interaktif semisal UseeTVCable dan IPTV. IndiHome pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 dan merupakan salah satu proyek utama milik PT Tekomunikasi Indonesia.

Bagusan Biznet atau IndiHome?

Berbicara mengenai kelebihan dan kekurangan, tentunya setiap provider layanan internet memiliki kelebihan dan kekurangan. Tinggal bagaimana Kita memiliki mana yang lebih bisa Kita manfaatkan dan Kita tinggalkan. 

1. Dari Segi Cakupan Area

Dari sekilas profil Biznet dan IndiHome di atas Kita dapat melihat, sebenarnya Biznet lebih berumur dibanding dengan IndiHome secara brand. Biznet berdiri tahun 2000, sedangkan IndiHome diluncurkan tahun 2015. Akan tetapi, jika Kita membahas dari segi cakupan area ternyata IndiHome memiliki wilayah cakupan yang jauh lebih luas dibanding dengan Biznet. 

Secara umum, IndiHome memiliki wilayah cakupan area hampir di seluruh wilayah Indonesia. Terlebih khusus di wilayah kota besar di seluruh Indonesia biasanya sudah tercover oleh jaringan IndiHome. Sedangkan untuk Biznet, sejauh info yang Kami dapat hanya mencakup 16 wilayah provinsi saja untuk saat ini. Loh, koq bisa yah? Tentu saja bisa, ingat kalau IndiHome itu adalah proyek dari PT Telkom. Tentunya hal itu jauh lebih mudah menyebarluaskan jaringan. Karena PT Telkom sudah berdiri sejak 1965.

2. Dari Segi Jaringan

Berbicara mengenai layanan internet, tentu kualitas jaringan adalah faktor terpenting. Karena untuk apa membayar sebuah layanan provider internet, bila yang Kita dapat hanya rasa kesal karena jaringan yang buruk dan sering gangguan. Nah! untuk soal jaringan Biznet dan IndiHome mungkin secara umum sama saja yah. Karena sebagaimana Kita ketahui, kecepatan umum internet itu juga tergantung paket apa yang Kita beli. Namun perlu diingat, diantara Biznet dan IndiHome yang paling sering ramai di sosial media tentang masalah gangguan siapa coba? Nah! makanya itu, menurut penulis pribadi, dan memang secara data membuktikan, jaringan internet Biznet masih jauh lebih stabil dan lebih cepat, dibanding dengan IndiHome. Terlebih lagi, melalui situs detektor kecepatan SpeedTest, Biznet menempati posisi pertama sebagai provider internet tercepat di Indonesia.

3. Dari Segi Harga

Meskipun jaringan adalah hal terpenting dalam sebuah layanan internet, namun terkadang banyak konsumen yang akhirnya mengurungkan niatnya membeli layanan internet, lantaran harga yang tidak terjangkau. Untuk soal harga antara Biznet vs IndiHome, Kami rasa Biznet masih jauh lebih unggul. Sebab, dari hasil pencarian Kami harga paket IndiHome dengan kecepatan 100 Mbps dibandrol dengan harga Rp 920.000 perbulan. Sedangkan bila kita merujuk pada harga paket Biznet dengan spek yang semisal, hanya dibandrol Rp. 550.000 perbulan.

Memang sih, secara kasat mata harga IndiHome jauh lebih mahal. Namun harga tersebut sudah mencakup layanan telepon rumah dan tv kabel. Akan tetapi! banyak koq yang tidak butuh layanan Tv kabel dan murni hanya butuh layanan internet.

Kesimpulan Perbandingan Biznet vs IndiHome

Dari apa yang sudah Kami kemukakan di atas, pasti banyak diantara pembaca yang sudah menarik kesimpulan yah. Mungkin ada yang lebih pro kepada IndiHome, pasti ada juga yang pro kepada Biznet. Apa pun itu semua kembali pada pilihan kalian masing-masing. Kalian bisa langsung cek ke situs biznet di biznethome.net buat yang mau kepoin paket Biznet, atau Kalian bisa kunjungi indihome.co.id untuk informasi paket IndiHome lebih detail.

Tapi kalau penulis pribadi sepertinya lebih tertarik dengan layanan dari Biznet. 

Mungkin demikian saja pembahasan Kita kali ini mengenai Biznet vs IndiHome Bagus Mana? Semoga penjelasan Kami dapat bermanfaat dan dimengerti. Jangan lupa! bila Kamu rasa apa yang Kami sampaikan telah membantu. Jangan pelit bagikan artikel ini ke sosial media kamu yah. Ingat! sharing itu gratis gan. Bye!

Lainnya: Provider Internet Selain IndiHome