Bagus HDD atau SSD: Kelebihan dan Kekurangannya

Bagus HDD atau SSD: Kelebihan dan Kekurangannya pembahasan Kita pada kesempatan kali ini mengenai Bagus HDD atau SSD: Kelebihan dan Kekurangannya. Sem
Bagus HDD atau SSD
Bagus HDD atau SSD: Kelebihan dan Kekurangannya

Bagus HDD atau SSD - Halo gaes! Di pagi yang cerah ini semoga Kalian semua sehat selalu yah. Kalau ngomongin soal Laptop, mungkin Kita ga akan lepas dari yang namanya ngebahas sistem penyimpanan. Apakah laptop tersebut menggunakan HDD atau SSD. Kedua hal ini sering menjadi perdebatan di kalangan penggunanya. Yang satu mendukung HDD karena memang dia make HDD, dan yang satu mendukung SSD, karena beberapa faktor.

Nah! untuk menyelesaikan pertikaian di atas, di sini Kami akan membahas sebenarnya mana yang lebih bagus antara HDD dan SSD. Mari Kita tinjau secara lebih ilmiah dan mendalam, sekaligus membuka pikiran Kita untuk lebih jujur menerima kenyataan.

Apa itu HDD?

Sebelum Kita membahas lebih lanjut perbedaan atau keunggulan masing-masing sistem penyimpanan, Kita tentu perlu lebih mengenal apa itu HDD? HDD adalah singkatan dari Hard Disk Drives yang merupakan sistem penyimpanan berbentuk cakram atau piringan keras. HDD juga merupakan perangkat keras pada laptop yang berfungsi media penyimpanan data.

Apa itu SSD?

Sama halnya dengan HDD, SSD merupakan bagian perangkat keras pada laptop yang berfungsi sebagai media penyimpanan data. SSD merupakan singkatan dari solid-state drive. Secara umum, SSD berfungsi sebagai media penyimpanan sekunder pada perangkat komputer/laptop yang dibuat menggunakan rakitan sirkuit terintegrasi. SSD pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991.

Bagus HDD atau SSD?

Oke! Setelah sekilas mengenal perbedaan antara HDD dan SSD, kali ini Kita akan coba menguraikan mana yang lebih bagus antara HDD dan SSD. Apakah HDD lebih bagus? atau justru SDD lebih unggul? Dan untuk lebih memudahkan pemahaman, Kami akan jelaskan dengan skema kelebihan dan kekurangan HDD dan SSD. Berikut selengkapnya.

Kelebihan HDD (Hard Disk Drive)

Meskipun kebanyakan perangkat laptop sekarang lebih mencitrakan SSD sebagai unggulan, namun tetap saja ada beberapa keunggulan atau kelebihan pada sistem penyimpanan HDD. Berikut di bawah ini adalah beberapa keuntungan atau kelebihan HDD yang masih bisa Kamu rasakan.

1. Harga yang Murah

Bila Kamu memiliki budget terbatas dan ingin menambah penyimpanan, maka tentu saja SSD bukan penyimpanan yang bisa Kamu pilih. Kenapa? Karena SSD terbukti jauh lebih mahal dibanding dengan HDD. Itu sebabnya, harga yang terjangkau pada HDD saat ini merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh penyimpanan sistem cakram tersebut. Bayangkan saja, dengan harga sekitar 1 juta, Kamu sudah bisa mengupgrade penyimpanan komputer Kamu ke nilai penyimpanan 1 TB dengan menggunakan HDD. Sedangkan bila Kamu ingin menggunakan penyimpanan SSD dengan nilai 1 TB, setidaknya Kamu harus merogoh kocek sekitar 2 juta.

2. Usia Lebih Tahan Lama

Bila ditinjau dari segi ketahanan, fakta lapangan membuktikan bahwa HDD jauh lebih tahan lama secara pemakaian, dibanding dengan SSD. Makanya, jangan heran bila sampai detik ini HDD masih tetap laku di pasaran, meski SSD tengah naik daun. Bila Kamu ingin laptop dengan sistem penyimpanan yang awet, mungkin HDD bisa jadi pilihan Kamu.

Kekurangan HDD

Agar dapat lebih bijak dalam menilai, tentu Kita juga perlu mengetahui apa saja kekurangan dari teknologi penyimpanan HDD. Nah! berikut di bawah ini telah Kami susun beberapa kekurangan yang mungkin akan Kita temui, bila perangkat laptop atau komputer Kita menggunakan sistem penyimpanan HDD.

1. Mengeluarkan Suara

Bila Kamu mengamati dengan seksama, perangkat komputer atau laptop yang menggunakan penyimpanan HDD pasti akan menyadari bahwa ada suara yang keluar saat perangkat beroperasi. Suara tersebut berasal dari gerakan piringan atau cakram yang merupakan bagian komponen dari HDD (Hard Disk Drive). Meskipun secara pribadi suaranya tidak keras, namun ada sebagian pengguna yang menganggap suara piringannya cukup mengganggu.

2. Rentan Rusak Akibat Guncangan

Meskipun HDD diperkirakan memiliki usia lebih panjang dibanding SSD, namun secara fisik HDD jauh lebih rentan mengalami kerusakan akibat guncangan. Artinya, bila pengguna laptop HDD tidak berhati-hati dalam pemakaian, maka kerusakan sistem penyimpanan bisa terjadi kapan saja.Guncangan atau goncangan pada perangkat dapat berakibat buruk pada piringan HDD. Itu sebabnya, penyimpanan model HDD sangat rentan terhadap guncangan, yang dapat merusak piringan di dalam HDD.

Kelebihan SSD

Banyak pengguna komputer masa kini mulai beralih ke sistem model penyimpanan SSD. Dan dibalik fenomen tersebut tentu ada fakta menarik tentang kelebihan SSD. Karena tidak mungkin banyak pengguna beralih hanya karena efek musiman. Nah! berikut di bawah ini Kami telah susun, apa saja kelebihan SSD ketimbang model penyimpanan HDD.

1. Komputer atau laptop yang menggunakan penyimpanan model SSD akan hidup lebih cepat. Artinya, proses loading dari nol sampai 100%, akan lebih cepat dari komputer yang menggunakan HDD.

2. Proses transfer file pada komputer yang menggunakan penyimpanan SSD jauh lebih cepat dibanding komputer yang menggunakan penyimpanan HDD. 

3. Dibanding dengan komputer HDD, perangkat komputer atau laptop yang menggunakan SSD jauh lebih hemat daya. SSD hanya membutuhkan sepuluh persen daya untuk beroperasi, dari 100% daya yang biasa digunakan HDD.

4. SSD memiliki bobot yang lebih ringan dari HDD. Maka wajar bila laptop yang menggunakan SSD jauh lebih ringan di bawa.

5. Kemampuan multitasking komputer SSD jauh lebih baik dibanding dengan komputer HDD. Ini dikarenakan SSD mampu memproses data lebih cepat dibanding dengan HDD.

Kekurangan SSD

Bagi sebagian orang, SSD tidaklah sesempurna yang dibayangkan. Karena tidak sedikit yang masih lebih memilih HDD ketimbang SSD, karena beberapa faktor. Faktor-faktor inilah yang merupakan sisi kelemahan atau kekurangan SSD bagi sebagian pengamat. Berikut di bawah ini Kami sebutkan beberapa kekurangan SSD, meskipun tidak banyak.

1. Harganya yang Jauh Lebih Mahal dari HDD

Bila dengan uang 1 juta Kita sudah bisa membeli HDD dengan kapasitas 1 TB, lain halnya bila uang tersebut kita pakai membeli SSD. Karena dengan uang 1 jutaan, mungkin kita hanya bisa membeli SSD dengan kapasitas hanya 500 GB. Jadi, buang jauh-jauh harapan Kamu, bila Kamu rasa SSD bisa dibeli dengan harga terjangkau.

2. Usia Lebih Singkat

Meskipun SSD mempunyai kinerja lebih baik dalam hal proses transfer file, dibanding dengan HDD. Namun fakta lainnya adalah SSD biasanya lebih cepat rusak ketimbang HDD, bila cara pemakaian keduanya sama. SSD memang terkenal lebih berumur singkat dibanding penyimpanan model cakram seperti HDD.

Masing-masing penyimpanan sebenarnya memiliki sisi kelebihan dan kekurangan. Sebagian memandang HDD lebih bagus ketimbang SSD karena memandang dari sisi yang menurutnya lebih urgen. Dan sebagian lagian memandang SSD lebih bagus juga karena beberapa alasan yang menurutnya lebih utama. Terlepas dari kedua hal tersebut, yang paling bijak adalah menyesuaikan kebutuhan Kita dengan kantong. Karena sekalipun SSD paling unggul, jika kantong Kita tidak mampu, maka jangan paksakan. Oke!

Mungkin demkian saja pembahasan Kita pada kesempatan kali ini mengenai Bagus HDD atau SSD: Kelebihan dan Kekurangannya. Semoga dengan penjelasan sederhana dari Kami dapat memberi pencerahan ke Kamu. Jangan lupa gaes! bantu share artikel ini ke sosial mediamu sebagai dukungan ke Kami agar lebih semangat update informasi bermanfaat. 

Lainnya: Bagusan Laptop Asus atau Acer?