Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Secara Garis Besar Desain Grafis Terbagi Menjadi Dua Yaitu:

Secara Garis Besar Desain Grafis Terbagi Menjadi Dua Yaitu
Secara Garis Besar Desain Grafis Terbagi Menjadi Dua Yaitu:

Dalam lingkup keilmuan yang dibahas dalam artikel ini, desain grafis sendiri merupakan bagian dari seni terapan yang memiliki peranan fungsi. Desain grafis yang baik tidak hanya mempersembahkan karya visual yang indah dan ekspresif, namun juga karya tersebut menjadi solusi yang menjawab problem grafis yang ada. 

Untuk itu, seorang yang mampu memberikan solusi visual dalam lingkup grafis, dapat disebut dengan perancang grafis. Perancang grafis atau sering disebut dengan desainer grafis (bahasa Inggris: graphic designer) adalah profesi yang berhubungan dengan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau graphic motion/gambar bergerak/ animasi. 

Seorang desainer grafis menciptakan karya untuk (misalnya: penerbit, media cetak, elektronik, dan lain-lain), termasuk di dalamnya brosur dan iklan suatu produk. Mereka bertanggung jawab untuk sebuah tampilan agar tampak menarik, yang bisa diaplikasikan dalam berbagai bentuk materi promosi yang berkaitan dengan produk dan publik. Perancang grafis bertugas untuk menyampaikan sebuah informasi yang diinginkan oleh produk/klien dalam bentuk desain yang menarik.

Secara Garis Besar Desain Grafis Terbagi Menjadi Dua Yaitu:

Secara garis besar, desain grafis terbagi menjadi dua jenis ditinjau dari format file desainnya, yaitu: Desain Grafis Bitmap dan Desain Grafis Vektor.

Namun perlu pembaca ketahui juga, bahwa berdasarkan materi dari buku yang diterbitkan oleh Kemendikbud, secara garis besar, desain grafis bukan dibedakan menjadi dua bagian, melainkan terbagi menjadi lima kategori sebagai berikut. 

1. Printing (percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis. 

2. Web design (desain untuk halaman web) atau desain interaktif.

3. Film, termasuk TV komersial, animasi, dan multimedia interaktif. 

4. Identifikasi (logo), EGD (Environmental Graphic Design) merupakan desain profesional yang mencakup desain industri (iklan, branding, company profile, dan lain-lain).

5. Desain produk, pemaketan, kemasan, merchandise, dan sebagainya.


Itu saja yang bisa kami bagikan terkait materi desain yang membaca secara garis besar desain grafis terbagi menjadi dua yaitu desain grafis bitmap dan desain grafis vektor. Terima kasih atas perhatian dan waktunya, semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan membantu para pembaca khususnya para pelajar Indonesia. Jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media kalian agar teman kalian juga mendapatkan akses informasi bermanfaat ini.

Lainnya: Jenis-jenis format audio

Sumber: Buku Pengantar Desain Grafis dari Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Kursus Dan Pelatihan 2016.

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Secara Garis Besar Desain Grafis Terbagi Menjadi Dua Yaitu:"

Butuh Lowongan Kerja? Yuk! Gabung ke dalam Grup Lowongan Kerja IT dan Remote