Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pekerjaan Kantor: Pengertian dan Jenis-jenisnya

Pengertian Pekerjaan Kantor
Pengertian Pekerjaan Kantor

Pengertian Pekerjaan Kantor Menurut Para Ahli

Menurut Prajudi Atmosudirdjo, kerja (pekerjaan kantor - red) adalah pengarahan tenaga (mental, skills, kekuatan, dan jasmaniah) yang bisa menciptakan atau mewujudkan sesuatu yang sebelumnya sudah direncanakan dan merupakan suatu objective.

Menurut George R. Terry, pekerjaan kantor adalah meliputi penyampaian keterangan secara lisan dan pembuatan warkat-warkat tertulis dan laporan-laporan sebagai cara untuk meringkaskan banyak hal dengan cepat, guna menyediakan suatu landasan fakta bagi tindakan pengawasan pimpinan.

Menurut William Leffingwell dan Edwin Robinson, bahwa “pekerjaan kantor digambarkan oleh daftar-daftar perhitungan, surat-menyurat, surat perjanjian, surat pesanan, laporan, dan segala macam nota yang tertulis dan tercetak”. Dimana mereka menerangkan pekerjaan kantor berkaitan dengan warkat-warkat dari badan usaha pembuat warkat-warkat, dan pemeliharaannya untuk digunakan mencari keterangan di kemudian hari. 

Mungkin warkat yang dimaksud merupakan sejarah dari organisasi tersebut atau merupakan seluruh pelaksanaan yang berhubungan dengan urusan organisasi yang mana digambarkan dalam daftar perhitungan, surat-menyurat, surat perjanjian, surat pesanan, laporan-laporan dan segala macam nota yang tertulis dan tercetak.

Geoffrey Mills dan Oliver Standing Ford, menyebutkan: pekerjaan kantor adalah pekerjaan yang lebih menekankan kepada fungsi kantor yaitu melindungi harta kekayaan, memberikan, mengolah, mencatat, menerima keterangan, dan memberikan pelayanan dalam menyediakan suatu komunikasi dan warkat.


Jenis-jenis Pekerjaan Kantor

Arti pekerjaan kantor adalah mengatur dan mencatat kejadian-kejadian yang dijalankan sehingga menjadi keterangan yang berguna. Melaksanakannya dilakukan dengan menggunakan alat baik mesin-mesin maupun maual, sehingga membantu mutu pekerjaan, memudahkan pengawasan dan menghemat biaya, tenaga, dan waktu. Apabila diteliti lebih lanjut tentang kegiatan yang dapat dilakukan, maka pekerjaan kantor dapat dibagi dalam kelompok sebagai berikut:

a. Mengumpulkan atau Menghimpun

Mengumpulkan / menghimpun , yaitu kegiatan mencari dan mengusahakan tersedianya segala keterangan yang tadinya belum ada atau berserakan di mana-mana, menjadi siap dipergunakan bila mana diperlukan.

b. Mencatat

Mencatat yaitu kegiatan membubuhkan dengan berbagai macam peralatan sesuai dengan perkembangan teknologi modern dan kebutuhan keterangan yang diperlukan, sehingga wujudnya langsung siap pakai.

c. Mengolah

Mengolah, yaitu macam-macam kegiatan mengerjakan keterangan dengan maksud menyajikan dalam bentuk yang lebih berguna.

d. Menggandakan

Menggandakan, yaitu kegiatan memperbanyak dengan berbagai cara dan alat, sebanyak jumlah yang diperlukan.

e. Menyimpan

Menyimpan, yaitu kegiatan menaruh atau melekatkan dengan berbagai cara dan alat tempat tertentu sehingga sistematis dan aman. 

Pengelompokan pekerjaan Kantor di atas merupakan tugas-tugas rutin dan bekesinambungan serta dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan kebutuhan, antara lain berupa pekerjaa tulis-menulis, mengetik, menghitung, membuat jadwal, grafik, dan chard.

Dari penjelasan singkat di atas kita dapat memahami bahwa pekerjaan kantor tidak memiliki definisi yang baku. Sebab setiap pakar atau ahli memiliki pengertian tersendiri dalam memaknai pengertian pekerjaan kantor. Di samping itu kita juga telah memahami bahwa setidaknya ada 5 jenis pekerjaan kantor, seperti: mengumpulkan, mencatat, mengolah, menggandakan, dan menyimpan.

Demikian penjelasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai pengertian pekerjaan kantor dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat dan menjawab kebutuhan informasi kamu. Jangan lupa bagikan artikel ini ke grup belajar kamu, atau sosial media yah. Bisa jadi ada teman kamu yang membutuhkan informasi yang sama.

Lainnya: Manajemen Perkantoran

Daftar Pustaka:

  • MEMAHAMI PENGERTIAN DAN FUNGSI KANTOR BESERTA EFISIENSI PEKERJAAN KANTOR by Rina Handayani (165211022)
  • Kesekretarisan Jilid 1 untuk SMK /oleh Sheddy N. Tjandra, May Yulianingsih, Dear Liana ---- Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008. word

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Pekerjaan Kantor: Pengertian dan Jenis-jenisnya"

Butuh Lowongan Kerja? Yuk! Gabung ke dalam Grup Lowongan Kerja IT dan Remote