Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mesin Kantor: Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan dan Kerugian

Mesin Kantor
Mesin Kantor, pengertian dan jenisnya

Mesin Kantor

Dalam artikel kali ini kita akan membahas beberapa hal terkait mesin kantor. Mulai dari pengertian mesin kantor, jenis-jenis mesin kantor, contoh mesin kantor, serta keuntungan dan kerugian menggunakan mesin kantor. Baik! untuk mempersingkat waktu langsung saja simak penjelasan kami selengkapnya.

Pengertian Mesin Kantor

Mesin kantor merupakan salah satu alat penunjang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan lebih efesien. Mesin kantor adalah suatu alat yang dipergunakan untuk menghimpun, mencatat dan mengolah bahan-bahan, data ataupun keterangan dalam suatu pekerjaan tata usaha, yang cara kerjanya bersifat mekanik, elektrik dan magnetik. 

Dewasa ini, di kalangan dunia usaha, banyak perusahaan, baik perusahaan, baik pemerintahan maupun swasta yang dalam usahanya, semakin mengandalkan mesin kantor guna memungkinkan didapatkan hasil yang optimal. 

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, menuntut manusia untuk bertindak semakin cepat dengan memperhatikan efesiensi disegala bidang. Menghadapi perkembangan tersebut, tentu saja diperlukan usaha untuk memiliki keterampilan menggunakan mesin-mesin kantor akan mendapat keuntungan serta manfaat yang banyak.

Hal penting dalam rangka memilih sarana perkantoran yang akan dipakai adalah fungsi alat termaksud beserta jaminan dari pihak penjual terutama yang menyangkut masalah pembelian, pengadaan suku cadang, bahan yang dipakai serta pelayanan perbaikan kerusakan yang cepat dan tidak membuat banyak kesibukan. 

Untuk memutuskan perlu atau tidak diadakannya mesin kantor, hendaknya perlu diperhatikan hal-hal berikut:

1. Mesin-mesin yang akan dipakai harus benar-benar diperlukan.

2. Jenis mesin hendaknya praktis.

3. Mesin tersebut dapat mengurangi biaya pelaksanaan pekerjaan.

4. Mesin dapat mempercepat selesainya pekerjaan.

5. Mutu mesin harus baik.

6. Mesin tersebut dapat dipergunakan untuk berbagai macam pekerjaan.

7. Pemeliharaan mesin dapat dilakukan dengan mudah.

8. Mesin tersebut dapat disesuaikan dengan kemampuan pegawai.

9. Mesin harus sesuai dengan pekerjaan yang akan dilakukan.

10. Perlu tersedianya ruangan yang memungkinkan untuk meletakkan mesin tersebut.

Tidak bisa disangkal lagi bahwa mesin dan perlengkapan kantor (office machine and equipment) sangat diperlukan dalam rangka membina kelancaran prosedur dan tata kerja setiap instansi baik pemerintah maupun swasta.

Oleh sebab itu, masalah penggunaan mesin-mesin dan perlengkapan dalam usaha memperlancar prosedur dan metode kerja itupun harus mendapat perhatian pula. Dipergunakannya mesin dalam suatu proses pekerjaan adalah untuk menghemat secara fisik tenaga dan pikiran manusia dalam melakukan tugas-tugasnya baik yang bersifat rutin maupun yang bersifat insidental, baik untuk pekerjaan-pekerjaan yang bersifat industrial (engineering) maupun yang bersifat teknis catat mencatat atau paperwork.

Dan ini tidak lain adalah dalam rangka menyadari arti pentingnya manusia dalam organisasi. Penggunaan mesin-mesin dan perlengkapan dalam suatu instansi hanya dapat dibenarkan terhadap jenis pekerjaan yang mempunyai ciri sebagai berikut :

1. Harus dikerjakan berulang-ulang dalam jumlah yang cukup banyak dan dalam bentuk serta ukuran yang sama, sehingga tampaknya (seolah-olah) membosankan orang yang mengerjakannya. Misalnya saja pembuatan formulir-formulir dengan mesin stensil.

2. Sifat dan jenis pekerjaan terlalu berat bagi tenaga manusia, misalnya alat-alat besar sebagai mesin-mesin penarik atau pengangkut barang berat.

3. Akan terlalu lambat apabila dikerjakan dengan tangan. Misalnya pembuatan surat-surat rangkap (dengan tembusan) bisa mempergunakan mesin tik, juga pencetakan buku dan brosur dalam jumlah yang banyak, perlu dipergunakan mesin cetak.

4. Harus ada formalitas misalnya surat-surat dinas harus diketik.

5. Memerlukan ketelitian yang sempurna sehingga jika dikerjakan dengan otak manusia bisa terjadi kesalahan. Dengan demikian, maka perlu ada mesin-mesin untuk otomatisasi pekerjaan rutin. Misalnya saja mesin hitung ataupun komputer untuk menghitung, menjumlahkan, mengumpulkan ataupun menggolong-golongkan dan menyortir data.

Jenis-jenis Pekerjaan yang Membutuhkan Mesin

Singkatnya jenis pekerjaan yang membutuhkan penggunaan mesin adalah :

  • Pekerjaan berulang-ulang dalam jumlah banyak
  • Pekerjaan yang berat bagi manusia
  • Pekerjaan yang lambat bila dengan tangan
  • Hasil pekerjaan yang berformat rapi
  • Pekerjaan yang harus teliti


Jenis Jenis Mesin

Berdasarkan kelima pokok alasan untuk penggunaan mesin maka dapatlah dibedakan pula adanya tiga jenis mesin dan perlengkapan, yaitu :

1. Mesin untuk menghemat fisik, tenaga, dan pikiran manusia disebut sebagai Labour Saving Machine, misal alat-alat besar : fork-lift pada unit-unit pergudangan dan depo-depo peralatan atau bangunan sedangkan komputer, kalkulator dan sebagainya pada pekerjaan-pekerjaan administratif (paperwork).

2. Mesin untuk menghemat pengeluaran uang, disebut Money Saving Machine, yakni mesin-mesin untuk mass-production. Jadi disamping mesin-mesin yang bersifat teknis engineering seperti mesin pintal, mesin-mesin komputer (dalam jangka panjang), mesin-mesin penggandaan dan sebagainya.

3. Mesin untuk memanfaatkan penggunaan waktu, disebut Time Saving Machine, misalnya komputer, mesin photocopy, mesin penggandaan, mesin atau alat komunikasi dan transportasi dan sebagainya. 


Contoh Mesin Kantor

Pada dasarnya mesin-mesin kantor yang banyak diperlukan, dan banyak dipergunakan dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas-tugas perkantoran adalah:

1. Komputer

2. Mesin Tik

3. Mesin Tik Elektronik

4. Mesin Fotokopi

5. Faksimil

6. Mesin penghancur kertas

7. Printer

8. Mesin Stensil

9. OHP

10. Proyektor LCD dan lain-lain

  

Keuntungan Menggunakan Mesin Kantor

Pada umumnya, bila menggunakan mesin-mesin kantor walaupun melalui tahap perencanaan terlebih dahulu, ditemukan beberapa keuntungan dan kerugian. Keuntungan penggunaan mesin kantor:

1. Dapat menghemat biaya, bila dipergunakan secara maksimal dan sesuai kebutuhan.

2. Dapat menghemat tenaga dan waktu.

3. Pengendalian atas ketelitian dan ketepatan lebih mudah dilaksanakan. 

4. Memudahkan pengawasan.

5. Dapat menghasilkan sesuatu yang lebih baik dan rapi.

6. Keterangan yang dimuat dapat lebih banyak.

7. Dapat mengurangi rasa bosan dibandingkan dengan penggunaan tulisan tangan.

8. Dapat mengurangi kelelahan pegawai sehingga dapat menambah mutu pekerjaan.

Dengan adanya mesin komunikasi dalam kantor, dapat diperoleh keuntungan, diantaranya : Penyampaian komunikasi dapat dilakukan secara cepat dan efesien, menghemat tenaga dalam pelaksanaan tata hubungan dilingkungan kantor, meningkatkan produktivitas kerja, dan mempercepat proses pekerjaan.


Kerugian Menggunakan Mesin Kantor

1. Tingkat penyusutan dari beberapa jenis mesin tertentu adalah tinggi

2. Mesin-mesin tertentu memerlukan biaya yang tinggi untuk pengadaan dan pemeliharaannya.

3. Sulit mendapatkan operator mesin yang cakap dan perlu adanya biaya untuk melatih mereka.

4. Kadang-kadang fleksibilitas daei beberapa metode mesin sulit didapatkan dan diterapkan.

5. Sulit dalam pemeliharaan dan perbaikan pada mesin-mesin tertentu bila terjadi kerusakan.

Peralatan atau mesin-mesin kantor, lazim disebut juga pesawat kantor, yaitu semua mesin komunikasi yang berfungsi sebagai alat untuk mengadakan komunikasi, baik dilingkungan sendiri (intern) maupun dengan lingkungan luar (ekstern) kantor. 

________________

Demikian pembahasan kita kali ini seputar mesin kantor. Mulai dari pengertian mesin kantor, jenis mesin kantor, contoh mesin kantor, keuntungan dan kerugian penggunaan mesin kantor. Jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media kalian agar manfaat dari artikel ini lebih besar lagi. Berbagi itu adalah peduli. 

Lainnya: Pengertian Perlengkapan Kantor

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Mesin Kantor: Pengertian, Contoh, Jenis, Keuntungan dan Kerugian"

Butuh Lowongan Kerja? Yuk! Gabung ke dalam Grup Lowongan Kerja IT dan Remote