Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Marketplace Online Paling Bagus di Indonesia Buat Belanja

marketplace online paling bagus
marketplace online paling bagus

Daftar Marketplace Online Paling Bagus

Marketplace Online Paling Bagus - Seiring perkembang zaman, mobilitas orang-orang untuk berbelanja secara offline kian menurun. Banyak dari kalangan milenial lebih memilih berbelanja secara online karena beberapa alasan. Salah satunya adalah efisiensi dana yang dikeluarkan jauh lebih hemat. Melihat fenomena ini, tidak sedikit yang memanfaatkan situasi dan melihat celah dalam berbisnis. Salah satu langkah tersebut adalah dengan menciptakan marketplace online. 

Seperti yang bisa kita lihat saat ini, berapa banyak marketplace online melakukan perang harga untuk mendatangkan pelanggan. Mulai dari diskon 10% bahkan hingga 99%. Semua marketplace kian berlomba untuk menjadi yang paling baik dan paling bagus. Dengan ketatnya persaingan tersebut, sampai-sampai pengguna kebingungan dalam menentukan, sebenarnya marketplace mana yang paling bagus. Baik dari segi harga hingga pelayanannya. Nah! kali ini kami akan coba untuk mengulas, daftar marketplace online terbaik dan paling bagus untuk kamu. Seperti apa? cek di bawah ini.

1. Shopee

marketplace online paling bagus
Marketplace online paling bagus

Buat kamu yang penasaran siapa di posisi pertama, tentu sudah jelaskan. Benar sekali! bila ditinjau secara trafik dan aktifitas secara umum, dapat kita katakan bahwa Shopee menempati posisi pertama sebagai marketplace online paling bagus. Alasannya cukup sederhana, berdasarkan lalu lintas trafik, shopee setidaknya dikunjungi sebanyak 93 juta pengunjung dalam kurun waktu satu bulan, yang mana itu berarti ada sekitar 3 juta pengguna perhari. 

Untuk aplikasinya sendiri, Shopee juga menduduki posisi pertama untuk kategori online shop dengan jumlah download lebih dari 100 juta hingga artikel ini terbit. Berdasarkan sejarahnya, marketplace online dengan ciri warna orange ini berasal dari negara Singapura dengan naungan dari SEA Group. Shopee diluncurkan pertama kali pada tahun 2015, lalu melebarkan pasarnya hingga Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietnam dan Indonesia. Kamu make Shopee ga?

2. Tokopedia

marketplace online paling bagus
Marketplace online paling bagus

Tak heran bila Tokopedia menempati posisi kedua sebagai marketplace online paling bagus, khususnya di Indonesia. Sebab dilansir dari halaman aplikasi Playstore, aplikasi online shop ini ternyata telah diunduh lebih dari 50 juta kali. Dan diperkirakan sekitar 86 juta pengunjung masuk ke dalam situs Tokopedi setiap bulannya.

Menariknya, tahukah kamu? Ternyata website Unicorn yang satu ini dibuat oleh anak negeri pada tahun 2009, yaitu William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Berkat kehadiran Tokopedia ini, sudah sangat banyak para UMKM yang terbantu dalam mengembangkan bisnisnya. Karena sekalipun tanpa toko fisik, kita tetap dapat memasarkan apa yang kita miliki. Tanpa perlu menganggarkan dana untuk toko fisik.

3. Bukalapak

marketplace online paling bagus
Marketplace online paling bagus

Indonesia memang gudangnya anak muda berbakat. Bukan hanya Tokopedia, ternyata Indonesia masih punya marketplace online besar lainnya, yang dapat kita katakan salah satu paling bagus. Berdasarkan data dari pengguna aplikasi playstore, Bukalapak telah didownload sebanyak lebih dari 50 juta kali unduhan. Menariknya bukan hanya itu, websitenya sendiri ternyata setelah kami analisa, dikunjungi sekitar 47 juta visitor setiap bulannya. Dengan trafik yang tinggi tersebut, tentu dapat kita bayangkan berapa banyak transaksi yang terjadi di Bukalapak setiap bulannya. Nah! hal inilah salah satu alasan, mengapa dapat kami katakan, Bukalapak adalah salah satu marketplace online paling bagus, khususnya di negeri ibu kita pertiwi. Ohiya hampir kelupaan, marketplace ini dirintis oleh pemuda nusantara bernama Ahmad Zacky pada tahun 2010.

Gimana? Sudah pernah transaksi di Bukalapak?

4. Lazada

marketplace online paling bagus

Sebenarnya secara data yang kita ukur dari playstore, Lazada Online Shop sama dengan Shopee yang telah diunduh lebih dari 100 juta kali. Namun bila kita lihat secara rating, penilaian positif terhadap Shopee jauh lebih banyak ketimbang Lazada. Sama dengan Shopee juga, perusahaan marketplace ini berpusat di Singapura dan berdiri pertama kali pada tahun 2012. Saat ini Lazada dimiliki oleh Alibaba Group dari China, maka jangan heran bila dalam aplikasi ini banyak ditemui para penjual yang berasal dari negara China. Adapun website officialnya, dalam sebulan mendapatkan lebih dari 22 juta kunjungan. Ada yang menarik dari online shop yang satu ini, yaitu jumlah pengikutnya merupakan yang terbanyak diantara marketplace populer lainnya di Indonesia. Jumlah pengikutnya di Facebook saat ini sekitar 31 juta follower. Yang mana ini sangatlah besar bila kita bandingkan dengan Tokopedia, Shopee, dan lain-lain. Dengan jumlah pengikut tersebut, maka wajar bila Lazada Online Shop ini mendapatkan predikat sebagai salah satu marketplace paling bagus di jagad nusantara.

5. Blibli

marketplace online paling bagus
Marketplace online paling bagus

Salah satu ecommerce atau marketplace online terbaik, khususnya di Indonesia adalah Blibli. Website online shop yang didominasi warna biru dan putih ini setidaknya menadapati lebih dari 18 juta kunjungan dalam sebulan. Aplikasinya sendiri telah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali. Bila kita amati lebih lanjut, kita akan dapati bahwa marketplace ini cenderung didominasi oleh barang-barang elektronik, gadget, home living, fashion, event, ticketing dan barang semisalnya. Siapa sangka? Ternyata marketplace yang satu ini merupakan salah satu produk digital dari anak perusahaan Djarum Group. Berdasarkan analisa sementara, situs jual beli ini termasuk sering membagikan promo kepada para pelanggan setianya.

Secara umum, kelima online shop di atas merupakan marketplace paling bagus dan terbaik di Indonesia dalam hal pelayanan dan produk. Namun diluar itu masih terdapat beberapa marketplace lain yang juga mempunyai reputasi baik, seperti: JD.ID, Zalora, Orami, Bhinneka, dan Matahari. 

Mungki demikian saja kali ini pembahasan kita terkait daftar marketplace online paling bagus dan terbaik khususnya di Indonesia. Buat kamu yang bingung ingin belanja online di mana, mungkin bisa mempertimbangkan daftar online shop yang sudah kami sebutkan di atas. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Lainnya: Ternak Modal 1 Juta

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Daftar Marketplace Online Paling Bagus di Indonesia Buat Belanja"

Butuh Lowongan Kerja? Yuk! Gabung ke dalam Grup Lowongan Kerja IT dan Remote