Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa YouTube Tidak Bisa Memutar Video dan Solusinya

Kenapa YouTube Tidak Bisa Memutar Video - Berbicara soal sosial media, mungkin YouTube salah satu yang paling populer di seluruh dunia. Meski sebagian mengatakan YouTube adalah platform distribusi video (bukan sosmed), tetap saja YouTube merupakan aplikasi atau situs yang paling banyak dikunjungi. Nah! sehubungan dengan banyaknya pengguna YouTube, tentu trouble yang dihadapi akan semakin banyak dan bervariasi pula. Mulai dari permasalahan sederhana, sampai permasalahan rumit.

Kenapa YouTube Tidak Bisa Memutar Video
Kenapa YouTube Tidak Bisa Memutar Video

Kenapa YouTube Tidak Bisa Memutar Video

Nah! salah satu permasalahan yang kerap muncul adalah kenapa YouTube tidak bisa memutar video. Tentu ada banyak faktor dan sebab mengapa muncul masalah dalam memutar video YouTube. Apalagi kita perlu tahu, pengguna yang mengalami masalah YouTube  memutar video di situs atau aplikasi. Oke! untuk solusi permasalahan kamu, silahkan amati artikel di bawah ini selengkapnya.

1. Cache dan Data Aplikasi YouTube Terlalu Over

Kalau kamu mengalami masalah dalam memutar video YouTube aplikasi, biasanya hal ini disebabkan cache aplikasi sudah terlalu banyak menumpuk. Saran dari kami agar video YouTube bisa kembali normal, coba hapus data cache dan data pada aplikasi YouTube kamu. Kalau kamu tidak tahu cara menghapusnya, silahkan masuk ke menu pengaturan/setting, lalu masuk ke manajemen aplikasi, pilih aplikasi YouTube dan pilih hapus cache dan data.

Biasanya masalah ini muncul karena kita terlalu banyak mendownload video YouTube secara offline. Tapi sebelum menghapus data cache, pastikan tidak ada video yang penting yang terhapus dari daftar video offline.

Info tekno lain: Apa yang dimaksud dengan modem?

2. Aplikasi YouTube Belum diupdate

Masih kendala YouTube tidak bisa memutar pada aplikasi, biasanya hal ini berkaitan dengan aplikasi YouTube kita. Mereka yang sering mengalami masalah dalam memutar video, biasanya belum memperbarui aplikasi mereka di playstore. Untuk soal pembaruan, coba ingat lagi apakah aplikasi kita memakai mode pembaruan otomatis atau tidak. Biasanya, kebanyakan orang memilih setingan pembaruan otomatis saat terhubung dengan wifi.

Nah! kamu bisa cek ke halaman playstore, apakah aplikasi YouTube kamu sudah diupdate atau belum. Kalau ternyata aplikasi YouTube kamu belum diupdate, besar kemungkinan YouTube tidak mau memutar video karena aplikasi terlalu lawas. Silahkan diupdate dulu yah.

3. Cadangan Memori Internal Habis

Masih permasalahan pada aplikasi YouTube yah. Kalau aplikasi sudah diupdate, dan data cache juga sudah dihapus, namun YouTube masih belum bisa memutar video, coba cek cadangan memori internal HP kamu. Ada kalanya YouTube tidak bisa diputar karena simpanan memori internal hp sudah habis terpakai oleh aplikasi, entah itu aplikasi YouTube atau aplikasi pengguna memori besar lainnya.

4. Terkena Serangan Virus

Bila setelah melalui 3 tahap di atas, ternyata video YouTube masih juga tidak mau berputar, maka ada kemungkinan perangkat yang sedang kamu gunakan terkena serangan virus. Ketika kami katakan virus, jangan bayangkan virus ini dalam bentuk organisme makhluk hidup. Tapi virus yang kami maksud di sini adalah suatu sistem yang dapat merusak software dan hardware dari sebuah perangkat elektronik. Kerusakan disebabkan virus ini dapat mengakibatkan beberapa aplikasi tidak berjalan sebagaimana mestinya. Termasuk di sini adalah aplikasi YouTube. Maka dari itu adalah sangat wajar bila sebuah perangkat telah diserang virus tidak bisa memutar video YouTube. 

5. Data dan Cache yang Menumpuk Pada Browser

Kalau kendala 1-4 di atas berkaitan langsung dengan aplikasi YouTube, yang ini kita berbicara kenapa YouTube tidak bisa memutar video di browser, baik pada komputer ataupun browser apps mobie. Permasalahan ini biasanya terjadi karena data dan cache pada browser tersebut sudah menumpuk terlalu banyak. Akibat penumpukan data tersebut kinerja broswer menjadi terhambat. Ibarat kondisi lalu lintas yang terlalu padat, tentu kendaraan akan sulit bergerak bebas. 

Nah! solusi untuk permasalahan seperti ini sebenarnya mirip dengan poin nomor 1 di atas. Kita cukup melakukan penghapusan cache dan data browser agar lebih lega. Hanya saja perlu beberapa hal diingat sebelum melakukan pengosongan cache dan data, yaitu terkait data login. Pastikan kalau kamu sudah menyimpan data login atau mengingatnya. Sehingga tidak ada kendala bagi kamu yang ingin masuk ke situs yang sudah biasa kamu kunjungi. Hal ini penting diingat, khususnya data login untuk akun google. 

6. Gangguan Koneksi Internet

Seperti yang sudah kami paparkan sebelumnya, bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi kenapa YouTube tidak bisa memutar video. Salah satunya adalah gangguan koneksi internet. Sebelum kamu marah-marah di komen review aplikasi YouTube karena video tidak mau mutar. Pastikan bahwa jaringan koneksi internet kamu lancar. Hal ini penting untuk diingat, karena seupdate apapun aplikasi kamu, sebanyak apa sisa memori internal kamu, kalau jaringan internet kamu buruk, maka video YouTube tidak akan bisa berputar. 

7. Akun Google Anda diblokir

Salah satu penyebab atau kemungkinan yang membuat anda tidak bisa memutar video YouTube adalah akun Anda telah diblokir karena melanggar pedoman komunitas. Sebagaimana kita ketahui YouTube memiliki beberapa aturan bagi penggunanya. Maka bila pengguna melanggar pedoman tersebut, wajar saja pengguna tersebut tidak dapat menikmati layanan Google, salah satunya YouTube. Coba pastikan, bila Anda tidak bisa mengakses produk Google lainnya, selain YouTube. Bisa jadi akun Anda memang telah diblokir. 

Solusi Saat YouTube Tidak Bisa Memutar Video

Oke! gaes, untuk mempersingkat waktu langsung saja yah, aku susun beberapa solusi atau tindakan yang bisa kamu ambil saat video YouTube tidak bisa diputar. 

1. Hapus data dan cache aplikasi YouTube (Kalau kamu pakai aplikasi)

2. Hapus data dan cache browser yang kamu gunakan (Kalau kamu pakai browser)

3. Kosongkan memori internal kamu, bisa jadi memori kamu penuh dan aplikasi tidak bisa berjalan.

4. Hapus aplikasi dan instal ulang

5. Bersihkan atau kosongkan RAM. Bisa jadi ram terlalu penuh.

6. Lakukan update aplikasi

7. Pakai browser. Menggunakan browser saat menonton YouTube bisa jadi solusi buat kamu yang tidak ingin pakai aplikasi.

Mungkin ini saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait kendala kenapa YouTube tidak bisa memutar video dan solusi. Semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat dan menyelesaikan masalah kamu. Sehingga kamu bisa kembali melihat YouTube dan menyaksikan konten yang bermanfaat. Terima kasih atas perhatian dan waktunya, dan jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media kamu.

Info tekno lain: Apa yang dimaksud dengan VPN?

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Kenapa YouTube Tidak Bisa Memutar Video dan Solusinya"