Kenapa YouTube Tidak Bisa Digunakan? Begini Solusinya!

Kenapa Youtube Tidak Bisa Digunakan? Begini Solusinya! permasalahan kenapa YouTube tidak bisa digunakan. Semoga salah satu langkah di atas dapat menja

Kenapa YouTube Tidak Bisa Digunakan -  Mungkin bisa dibilang YouTube adalah salah satu platform sosial media yang paling banyak dibuka di aplikasi smarphone, baik itu Android atau pun Apple. Untuk situsnya sendiri, YouTube secara global menempati posisi kedua setelah Google dalam deret situs teratas versi Alexa. 

Kenapa Youtube Tidak Bisa Digunakan
Kenapa Youtube Tidak Bisa Digunakan

Setelah mengetahui fakta bahwa YouTube memiliki trafik terbesar di dunia, maka sudah sewajarnya permasalahan atau problem akan semakin banyak pula bermunculan. Nah! untuk versi aplikasi sendiri, salah satu permasalahan yang sering muncul adalah YouTube tidak bisa digunakan seperti sedia kala. Mengingat fungsi YouTube saat ini yang sangat penting, tentu permasalahan YouTube tidak bisa digunakan bisa menjadi problem serius bagi sebagian orang. Pasalnya, tidak sedikit badan usaha mulai terjun ke platform YouTube, untuk memasarkan produk yang dimilikinya.

Info tekno lain: Kenapa Instagram Tidak Bisa Login?

Kenapa YouTube Tidak Bisa Digunakan?

Untuk menjawab atau meringankan beban teman-teman pembaca, di sini kami akan berbagi mengenai permasalahan kenapa sih YouTube tidak bisa digunakan. Baik, langsung saja simak di bawah ini.

1. Memori Internal HP Penuh

Permasalahan ini sebenarnya tidak hanya mengganggu aplikasi YouTube, hampir seluruh aplikasi yang terinstal di smartphone, bila kapasitas memori telah mencapai limitnya, maka aplikasi di dalam smartphone tersebut tidak akan bisa berjalan. Oleh sebab itu, kondisi memori internal HP yang penuh, sering menjadi alasan penyebab, kenapa aplikasi YouTube tidak bisa digunakan. 

Solusi untuk permasalahan ini sebenarnya sangat mudah. Kamu cukup masuk ke manajemen aplikasi, periksa aplikasi satu persatu, dan silahkan hapus memori datanya. Penghapusan memori ini akan menyisakan ruang kosong untuk aplikasi bekerja. Namun jangan lupa, pastikan bahwa penghapusan memori tidak mengganggu data aplikasi kamu.

2. Data Aplikasi YouTube Over/Berlebihan

Dalam beberapa kondisi aplikasi YouTube tidak bisa berjalan bukan karena memori internal penuh. Namun karena data di dalam aplikasi terlampau besar dan memberatkan jalannya aplikasi. Solusi untuk permasalahan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan poin nomor satu di atas. Kita cukup masuk ke pengaturan aplikasi, pilih aplikasi YouTube, kemudian hapuslah data memorinya. Setelah itu, silahkan coba buka kembali aplikasi YouTube kamu, dan lihat apa yang terjadi.

3. Ada Crash atau Bug di Aplikasi YouTube

Sebuah aplikasi tentu tidak lepas dari yang namanya bug. Itu sebabnya, aplikasi di playstore selalu mengalami pembaruan untuk meminimalisir bug tersebut. Termasuk aplikasi sekelas YouTube, tentu juga memiliki bug yang harus diselesaikan. Nah! bila aplikasi YouTube yang kamu gunakan tidak bisa digunakan, boleh jadi ada beberapa bug di dalamnya. 

Solusi untuk permasalahan ini juga cukup mudah. Silahkan uninstall aplikasi YouTube kamu, kemudian masuklah ke playstore dan install ulang aplikasi YouTube. Cara seperti ini biasanya cukup ampuh untuk mengatasi aplikasi YouTube yang tidak mau jalan.

4. Jaringan Internet Lelet

Selain dari 3 permasalahan di atas, kemungkinan lainnya adalah gangguan jaringan internet. Coba periksa jaringan internet pada device kamu. Bila kamu menggunakan jaringan seluler, pastikan bahwa jaringan internet telah terhubung ke device kamu. Kalau device kamu menggunakan jaringan wifi, coba pastikan bahwa wifi kamu memang benar-benar hidup dan tidak mengalami gangguan. 

Bila 4 langkah di atas tidak memberi dampak apapun pada aplikasi YouTube kamu, coba lakukan restart pada smartphone kamu. Bisa jadi ada sampah yang bertumpuk pada hape kamu.

Mungkin demikian saja yang dapat kami paparkan terkait permasalahan kenapa YouTube tidak bisa digunakan. Semoga salah satu langkah di atas dapat menjadi solusi atas permasalahan yang kamu hadapi. Dan jangan lupa, bagikan konten ini ke sosial media kamu sebagai support untuk perkembangan kami. Tetap ikuti seokilat.com untuk perkembangan informasi. Sampai jumpa!

Info tekno lainnya: Kenapa YouTube Tidak Bisa Memutar Video