Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Sinyal Indosat Lemot Padahal Sudah 4G? Ada solusinya?

Kenapa Sinyal Indosat Lemot? - Hallo gaes, teman dan pembaca di mana pun kalian berada. Biasanya saat sudah nyaman dengan satu povider seluler, kita akan susah untuk berpaling hati karena sudah nyaman. Nah! berbicara soal provider seluler, salah satu provider paling kesohor adalah Indosat. 

Anggap kita sudah nyaman dengan provider Indosat, namun permasalahan tiba-tiba muncul dan sinyal Indosat menjadi sangat lemot, padahal jika kita lihat keterangan sinyal, jaringan sudah 4G. Lalu apa yang salah?

Info Tekno Lain: Top-Up Saldo Dana Minimal Berapa?

Nah! pada kesempatan yang singkat ini kami ingin mengulas sebuah topik yang sering dihadapi para pengguna smartphone, khususnya ketika menggunakan provider Indosat.

Kenapa Sinyal Indosat Lemot
Kenapa Sinyal Indosat Lemot

Kenapa Sinyal Indosat Lemot?

Bila kita cermati secara seksama, kita akan temui beberapa faktor yang membuat sinyal dari provider Indosat menjadi sangat lemot. Dengan menemukan faktor-faktor penyebab Indosat lemot, harapannya kita bisa mengatasi faktor tersebut dan menyelesaikannya. Oke! berikut di bawah ini beberapa alasan atau faktor yang membuat sinyal Indosat lemot padahal sudah 4G.

1. APN Belum Diatur

Salah satu kemungkinan yang menyebabkan kenapa sinyal Indosat kamu lemot adalah APN provider yang belum disetting. Untuk solusinya, kamu bisa lakukan setting ulang APN nya. Ikuti langkah di bawah ini.

  • Masuklah ke menu pengaturan jaringan APN Indosat
  • Kemudian tulis Indosatgprs
  • Selesai

2. Jaringan Masih Perlu Disetting

Salah satu faktor yang membuat kenapa sinyal Indosat kamu lemot adalah pengaturan jaringan masih memerlukan pengaturan. Sebagaimana kita ketahui bersama, hampir semua provider saat ini mulai melakukan migrasi dari yang sebelumnya aktif pada jaringan 3G, sekarang berubah menjadi 4G. Nah! pada bagian menu setting, kita bisa mengatur aktivasi mode. Bila saat ini jaringan device kamu masih berada di 3G, coba ganti ke mode 4G. Ikuti langkah di bawah ini kalau kamu masih bingung setting jaringan dari 3G ke 4G.

  • Masuklah ke Pengaturan di HP kalian.
  • Pilih menu pengaturan Koneksi
  • Kemudian pilih Jaringan seluler
  • Lalu pilih Mode jaringan SIM
  • Kemudian pilih LTE/3G/2G (sambung otomatis)
  • Selesai

3. Ada Sampah Bertumpuk Di Dalam Sistem

Menurut analisa saya pribadi, terkadang sinyal provider bisa menjadi lelet akibat faktor sampah sistem yang terlalu banyak. Nah! untuk menyelesaikan permasalahan ini, kita cukup melakukan restart device. Hal ini perlu dilakukan, karena terkadang koneksi jaringan memerlukan restart agar dapat memberikan efek system. Biasanya dengan melakukan restrat, sinyal Indosat akan kembali lagi.

4. Jaringan Sibuk

Menggunakan jaringan seluler sangat erat kaitannya dengan waktu sibuk. Semakin tinggi lalu lintas sebuah jaringan seluler, umumnya gangguan akan semakin sering dihadapi. Oleh sebab itu, salah satu penyebab kenapa sinyal Indosat lemot, meski sudah 4G adalah kita menggunakannya pada waktu sibuk.  

Solusi untuk permasalahan ini adalah coba bandingkan dengan menggunakan di waktu-waktu senggang. Waktu sibuk antara lain seperti pukul 20:30-23:00. 

Sebenarnya ada banyak faktor yang membuat kenapa sinyal Indosat lemot walau sudah 4G. Mulai dari APN belum diatur, sampah yang bertumpuk di sistem, masalah setting jaringan, jaringan sibuk, dan lain-lain.

Mungkin demikian saja yang dapat kami sampaikan terkait kenapa sinyal Indosat lemot padahal sudah 4G. Terima kasih atas perhatian dan waktunya, karena sudah mengikuti pembahasan ini hingga selesai. Jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media kamu, jika kamu rasa apa yang sudah kami sampaikan bermanfaat. 

Info Tekno Lain: Kenapa Gopay Tidak Bisa Transfer?

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Kenapa Sinyal Indosat Lemot Padahal Sudah 4G? Ada solusinya?"