Kenapa Kucing Tidak Mau Makan? Berikut Solusinya

Kenapa Kucing Tidak Mau Makan? Berikut Solusinya terkait alasan kenapa kucing tidak mau makan. Semoga dengan beberapa tips dari kami, pecinta kucing

Kenapa Kucing Tidak Mau Makan - Halo gan/sis di mana pun kalian berada, semoga sehat selalu yah. Kami yakin kalian yang membaca tulisan ini adalah para cat lovers, atau minimal memiliki ketertarikan terhadap dunia kucing. Oke! seperti judul kita di atas, kali ini kita akan ngomongin soal kesehatan kucing yah.

Kenapa Kucing Tidak Mau Makan
Kenapa Kucing Tidak Mau Makan

Hal ini kami rasa penting untuk dibahas, karena semakin hari permasalahan kesehatan kucing semakin kompleks dan rumit. Salah satunya yaitu terkait selera makan kucing. Banyak para cat lovers mengalami kondisi, di mana kucing kesayangannya tidak mau makan. Padahal, makanan yang ditawarkan adalah makanan favorite si kucing. 

Kenapa Kucing Tidak Mau Makan?

Menjaga kesehatan kucing tidak jauh berbeda dengan kesehatan manusia. Ada kalanya kucing males dan tidak makan, meskipun makanan tersebut adalah makanan favoritenya. Di sini kami akan coba ungkap beberapa alasan, kenapa kucing tidak mau makan?

1. Luka di Mulut

Siapapun kita, ketika mulut kita sariawan tentu kita akan malas untuk yang namanya makan. Kecuali sudah lapar banget dan memang harus makan, barulah kita akan makan. Nah! hal ini berlaku juga untuk segala jenis hewan, termasuk kucing. Salah satu kemungkinan atau alasan kenapa kucing tidak makan adalah terdapat luka di bagian mulutnya. Baik itu terluka akibat sayatan saat makan, tertusuk duri, tulang, atau sariawan. Rasa sakit yang dialami kucing ini membuat kebanyakan dari mereka malas untuk makan.

Info hewan lain: Cara Merawat Kucing

2. Gangguan Pencernaan

Mungkin diantara kita pernah mengalami gangguan perncernaan, sehingga harus berkali-kali ke toilet. Tentu kondisi seperti ini tidak mengenakan. Hal yang sama ternyata juga bisa dialami oleh bangsa kucing. Ada kalanya mereka mengalami gangguan pencernaan atau sakit perut, sehingga memberatkan mereka untuk makan atau hal tersebut menghilangkan selera makan si kucing. 

3. Stress

Kucing juga makhluk hidup. Permasalahan yang dihadapi pun sedikit banyak pasti mirip dengan kita manusia. Salah satu alasan kenapa kucing tidak mau makan antara lain adalah stress atau beban fikiran si kucing. Perlu teman-teman ketahui, kondisi stress atau beban pikiran ini biasanya dialami kucing, saat ia harus memulai kehidupan yang baru, adaposi misalnya. Kucing yang diadopsi pertama kali, biasanya akan kehilangan selera makan untuk beberapa waktu. Namun, saat ia mulai terbiasa dengan lingkungannya, ia akan kembali berselera untuk makan seperti sedia kala.

4. Kondisi Cuaca

Bagi teman-teman yang sudah lama terlibat dengan kucing pasti menyadari bahwa perilaku kucing sangat erat kaitannya dengan kondisi cuaca. Bagi sebagian kucing, cuaca panas kadang menghilangkan selera mereka untuk ngemil atau makan. Saat cuaca panas seperti siang hari, banyak diantara kucing lebih memilih untuk berteduh dan mencari tempat untuk tidur siang. Jadi jangan heran kenapa sebagian kucing kita tidak mau makan di siang hari terik.

5. Birahi tidak tersalurkan

Beberapa pendapat menyebutkan bahwa kucing yang birahinya tidak tersalurkan akan kehilangan nafsu makan akibat stress. Kucing stress akibat gagal menyalurkan birahi berdampak pada selera makannya. Jadi, coba ingat-ingat kembali kapan terakhir kucing kita melakukan hubungan biologis? kalau sudah terlalu lama sampai tidak ingat, bisa jadi hal tersebut adalah penyebab kenapa kucing kita tidak mau makan.

Solusi Agar Kucing Mau Makan

Para pecinta kucing di mana pun kalian berada, pertama-tama kami ingin mengatakan terima kasih karena telah memiliki kepedulian terhadap kucing dan kawan-kawannya. Oke! kami memiliki beberapa ide atau masukan terkait solusi agar kucing mau makan. Semoga salah satu masukan berikut dapat bermanfaat. 

1. Arahkan Makanan Ke Hidung si Kucing

Dalam beberapa keadaan, kita perlu mendekatkan makanan ke hidung kucing. Hal ini biasanya perlu kita lakukan saat makan tersebut asing bagi penglihatan kucing. Kita perlu memperkenalkan aroma makanan tersebut kepada kucing agar dia kembali berselera. Atau bisa jadi hal ini perlu kita lakukan karena hidung si kucing mampet, sehingga ia tidak mengenali makanan melalui baunya. Jadi, kalau kucing kamu tidak mau makan, coba dekatkan makanannya ke arah hidungnya. Moga aja berhasil.

2. Coba Suapi

Beneran, beberapa kucing kadang sangat manja sekali seperti anak balita. Tidak sedikit kucing mengalami kondisi malas makan, dan hanya mau makan saat disuapi oleh majikannya. Penulis sendiri cukup sering mendapati kucing rumah yang hanya mau makan saat disuapi. 

Maka dari itu, ketika kucing tidak mau makan, coba suapi ia dengan beberapa potong makanan kesukaannya. Bisa jadi saat itu ia hanya mau makan saat kamu suapi.

3. Bawa Ke Dokter Hewan

Bila keadaan si kucing menurut kamu cukup serius, kamu bisa membawa si kucing ke dokter hewan agar ditangani lebih lanjut. Hal ini perlu kita antisipasi kalau-kalau kucing kita terkena virus atau sejenisnya. Ingat! pencegahan lebih baik daripada mengobati. Harapannya dengan diagnosa dari dokter, kita lebih cepat menemukan titik permasalahan kenapa kucing tidak mau makan.

Mungkin ini saja yang bisa kami uraiakan pada kesempatan kali ini terkait alasan kenapa kucing tidak mau makan. Semoga dengan beberapa tips dari kami, teman pecinta kucing dapat mengambil tindakan tepat agar mereka kembali nafsu makan. Terima kasih atas perhatian dan waktunya karena sudah mengikuti tulisan ini hingga selesai. Jangan lupa bagikan artikel ini sebagai support kamu kepada kami. Salam pecinta kucing.

Info hewan lain: Fakta Menarik Tentang Kucing