Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa HP Oppo Lemot? Berikut Solusi Biar Lancar Jaya

Kenapa HP Oppo Lemot - Halo gaes! kembali lagi di kanal informasi terkini seokilat. Gimana kabar kalian? Kami harap baik-baik saja yah. Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas komparasi antara Samsung dan Oppo mana yang lebih bagus. Nah! pada kesempatan kali ini seperti judul yang sudah kita lihat bersama, kita akan membahas apa saja yang menyebabkan Kenapa HP Oppo Lemot? Dan apa solusinya agar HP Oppo kita kembali lancar jaya.

Info gadget lain: Samsung Vs Xiaomi

Kenapa HP Oppo Lemot
Kenapa HP Oppo Lemot

Kenapa HP Oppo Lemot?

Untuk menegaskan kembali, pada artikel ini kita akan menguraikan beberapa poin yang paling sering menyebabkan HP lemot secara umum, termasuk di dalamnya HP Oppo. Selain itu kami juga akan menguraikan beberapa solusi yang mungkin bisa kamu coba satu persatu.

1. RAM (Random Access Memory) Penuh Sesak

Salah satu biang kerok atau penyebab utama HP Oppo kamu lemot adalah RAM yang sudah terlalu penuh. Kenapa alasannya adalah RAM. Sebab RAM pada sebuah perangkat khususnya Android, berfungsi sebagai media penyimpanan data, yang dibutuhkan CPU secara realtime, agar fungsi aplikasi sebuah smartphone dapat berjalan.

Kondisi RAM yang terlalu penuh akan mengakibatkan aplikasi berhenti berjalan, atau bahkan dapat seketika force close. Intinya adalah, semakin besar ruang kosong pada RAM sebuah HP (termasuk Oppo), maka kinerja prosesor juga akan semakin lancar jaya. Itu sebabnya banyak orang yang tertarik dengan HP RAM besar agar device miliknya dapat berjalan dengan lancar.

Solusi untuk permasalahan ini, jika menurutmu kapasitas RAM HP Oppo kamu sudah mulai penuh, coba lakukan restart terlebih dahulu, Kemudian masuklah ke pengaturan atau manajemen aplikasi, dan hapuslah data aplikasi yang menurut kamu sudah tidak penting lagi.

2. Cache HP Oppo Penuh

Salah satu alasan yang membuat kenapa hp Oppo kamu lemot adalah cache hp yangsudah bertumpuk. Sebuah HP yang menyimpan banyak cache umumnya akan mengalami kemunduran kinerja prosesor. Itu sebabnya, kita memerlukan aplikasi penghapus sampah, untuk mempermudah proses pembuangan cache ponsel. Cache bertumpuk biasanya akan mengganggu kinerja prosesor dalam memproses data. 

Solusi untuk permasalahan ini cukup mudah. Silahkan download aplikasi penghapus cache di playstore agar proses penghapusan cache da[at lebih ringkas, ketimbang masuk ke aplikasi satu persatu.

3. Sistem Android Belum Diperbarui

Penyebab lainnya yang membuat HP Oppo kamu menjadi lemot, bisa jadi sistem Android kamu belum diperbarui. Perlu teman-teman ketahui, ketika sebuah sistem menerbitkan pembaruan, itu pertanda bahwa sistem yang lama memiliki bug yang harus dihilangkan. Maka dari itu, wajar bila sebuah perangkat smartphone menjadi lemot, karena sistem yang digunakan sudah terlalu lawas.

Solusi untuk permasalahan ini cukup mudah, karena kamu hanya membutuhkan kuota besar untuk mendownload pembaruan sistem Android. Silahkan periksa pembaruan sistem Android kamu di menu pengaturan - tentang ponsel.

4. Aplikasi Berjalan Terlalu Banyak

Seiring meningkatnya pertumbuhan pengguna gadget, semakin meningkat pula jumlah orang-orang yang belum mengenal bagaimana sebuah device Android bekerja. Perlu teman-teman ketahui, bahwa semakin banyak aplikasi yang berjalan atau bekerja pada satu waktu di sebuah device, maka akan semakin berat pula beban kerja sebuah prosesor. Dalam hal ini termasuk device atau smartphone Oppo. Maka jangan heran bila HP Oppo kamu menjadi lemot, padahal kamu tahu bahwa ada banyak aplikasi yang berjalan bersamaan di waktu yang sama pula.

Solusinya agar HP Oppo kamu tidak lemot, coba buka pengaturan aplikasi. Pilihlah beberapa aplikasi untuk kamu hentikan, agar meringankan beban prosesor HP Oppo kamu. Atau untuk lebih ringkas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi di playstore untuk menghentikan seluruh aplikasi yang berjalan secara bersamaan.

Sebenarnya masalah kenapa HP Oppo kamu menjadi lemot adalah sebuah problem yang klasik. Itu artinya permasalahan tersebut memang sangat umum terjadi, dan memiliki indikitor umum seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Mulai dari RAM kepenuhan, Cache bertumpuk, sistem Android lawas, hingga aplikasi yang berjalan terlampau banyak. Oleh sebab itu di sini kami ingin menghimbau, silahkan coba langkah di atas satu persatu dengan seksama. Bila HP Oppo kamu masih belum lancar juga, coba lihat kapasitas memori internal kamu, bisa jadi sudah full. 

Mungkin demikian saja yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait kenapa HP Oppo lemot? serta solusi agar kembali lancar jaya. Terima kasih karena sudah mengikuti tulisan ini hingga akhir, semoga masalah kamu terselesaikan, dan jangan lupa bagikan tulisan ini ke sosial media atau teman kamu. Siapa tahu temen kamu yang pakai HP Oppo juga mengalami lemot yang sama. Bye!

Info gadget lain: Samsung Vs Oppo Bagusan Mana

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Kenapa HP Oppo Lemot? Berikut Solusi Biar Lancar Jaya"