Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Cinta Pertama Sulit Dilupakan? Pencerahan Untuk Bucin

Cinta adalah salah satu anugerah terindah yang bisa dirasakan oleh setiap anak Adam. Dengan alasan cinta, tidak sedikit orang nekad mengambil sebuah tindakan, sekalipun hal tersebut membahayakan dirinya. Cinta juga merupakan kekuatan bagi seseorang yang dengannya ia semangat untuk memperjuangkan hal-hal yang ia cintai. 

Para pembaca di mana pun kalian berada, seperti judul yang telah teman-teman lihat di atas, kali ini kita akan membahas tentang cinta. Khususnya tentang cinta pertama yang entah kenapa sangat sulit dilupakan. Dengan tulisan singkat ini, kami harap dapat sedikit mencerahkan pembaca dalam memaknai cinta di kehidupan yang singkat ini.

Kenapa Cinta Pertama Sulit Dilupakan
Kenapa Cinta Pertama Sulit Dilupakan

Apa itu Cinta?

Sebelum membahas lebih lanjut kenapa cinta pertama sulit dilupakan, kita perlu mengetahui apa definisi cinta. Sebenarnya tidak ada kalimat yang sempurna untuk mendefinisikan cinta, karena keluasan maknanya. Setiap orang bisa saja memiliki pengertian cinta menurut versinya sendiri. Adapun cinta menurut saya pribadi adalah suatu rasa/perasaan, yang dengan rasa tersebut seseorang mampu melakukan sesuatu atau mengusahakan sesuatu yang terbaik.

Info umum lain: ِApa itu Bucin?


Jenis-jenis Cinta

Ketika kita membicarakan tentang cinta lebih dalam, itu berarti kita juga berbicara tentang jenis jenis cinta. Namun jenis cinta yang kami maksud bukan jenis cinta dalam pandangan psikologis. Tapi lebih kepada jenis cinta menurut hemat kami. Berikut di bawah ini jenis jenis cinta.

1. Cinta Sesaat

2. Cinta Sesat

3. Cinta Suci

4. Cinta Fitrah

5. Cinta Pertama

Dari semua jenis cinta di atas, yang akan kita bahas adalah cinta pertama. Seperti apa cinta pertama? Yuk ikuti penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Kenapa Cinta Pertama Sulit Dilupakan?

Alasan cinta pertama sulit dilupakan tentu ada banyak sebab, namun sebab paling utamanya adalah sesuatu hal yang disebut dengan "efek first love". Efek first love ini bisa diartikan seperti seseorang yang pertama kali belajar renang, kemudian ia melakukan kesalahan yang membuat ia hampir meninggal tenggelam. 

Kejadian atau momen tersebut pasti tidak akan pernah dilupakan oleh orang tersebut, yang di mana ia sedang belajar renang. Efek seperti inilah yang dirasakan oleh orang yang mengalami cinta pertama. Manisnya kejadian atau momen yang ditemuinya saat pertama kali, membuat ia sulit untuk melupakan cinta tersebut.

Karena sebagaimana kita ketahui bersama (bagi yang pernah jatuh cinta), perasaan kasmaran yang dirasakan oleh orang yang dimabuk asmara akan memberi efek psikologis luarbiasa, yang menimbulkan berjuta rasa di dalam hati. Jutaan rasa yang muncul di dalam hati di satu waktu inilah yang membuat kesan cinta pertama sangat sulit dilupakan.

Berbeda dengan cinta kedua, ketiga dan seterusnya, momen ini sangat mungkin dilupakan karena memang hati seseorang tersebut sudah pernah merasakan manis yang sama saat kasmaran sebelumnya. Kondisi ini dapat kita gambarkan seperti seseorang yang sudah pernah memakan es krim pedelpop, kemudian memakan es krim konelo beberapa saat kemudian. Seseorang tersebut tidak mengalami efek kejut saat mencoba es krim yang kedua. 

Tentu saja alasannya adalah orang tersebut sudah pernah mencicipi atau mengalami perasaan yang sama, seperti ia mencicipi es krim saat pertama kali. Perasaan berulang inilah yang membuat perbedaan, antara momen yang benar benar pertama dengan momen yang telah berulang.

Maka dari itu, sangatlah wajar bila cinta pertama sangat sulit dilupakan oleh mereka yang sudah pernah mengalami momen first love atau cinta pertama. 

Pelajaran Dari Cinta Pertama

Bagi seorang yang bijak, kejadian atau momen cinta sebenarnya adalah pelajaran yang sangat penting dalam kehidupan. Diantara pelajaran penting yang dapat diambil dari cinta pertama adalah 

1. Tidak semua yang kita cintai harus menjadi milik kita

2. Mencintai dalam arti yang mendalam adalah merelakan 

3. Kesan pertama adalah faktor penentu dalam menjalin komunikasi

4. Cinta ada yang baik dan ada yang salah

5. Jangan terlalu berlebihan dalam mencintai seseorang

6. Perbedaan pendapat adalah hal lumrah dalam sebuah hubungan

7. Mencintai diri sendiri harus lebih utama dari mencintai orang lain

8. Cinta yang kandas bukanlah akhir dari segala

Penutup

Mungkin ini saja pembahasan yang dapat kami sampaikan tentang pertanyaan, kenapa cinta pertama sulit dilupakan. Semoga uraian dari kami dapat memberikan pencerahan, khususnya para bucin yang sedang dilanda galau karena ditinggal oleh sosok yang dicintai. Terima kasih atas perhatian dan waktunya, sehat-sehat yah :)

Info umum lain: Pengertian Kasih Sayang

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Kenapa Cinta Pertama Sulit Dilupakan? Pencerahan Untuk Bucin"