Cara Memotong Gambar di Photoshop Paling Mudah

Cara Memotong Gambar di Photoshop Paling Mudah kesempatan kali ini mengenai cara memotong gambar di photoshop yang paling mudah. Bila terdapat kesalah

Cara Memotong Gambar di Photoshop - Halo bro! kembali lagi di kanal informasi seokilat.com. Kali ini aku ingin berbagi tutorial bermanfaat tentang photoshop. Jadi buat kalian yang lagi belajar editing foto, kami yakin artikel sederhana ini akan bermanfaat, khususnya bagi para pemula pengguna photoshop. Tapi sebelum itu, aku ingin ingatkan kepada kalian gaes, kalian bisa update informasi bermanfaat seputar teknologi, pendidikan, dan lain-lain di seokilat.com. Jangan lupa juga! bantu kami berkembang menjadi lebih baik lagi dengan membagikan artikel ini ke sosial media kalian yah! Oke! untuk mempersingkat waktu, langsung saja kita masuk ke pembahasan utama.

Cara Memotong Gambar di Photoshop
Cara Memotong Gambar di Photoshop

Cara Memotong Gambar di Photoshop

Cara memotong gambar dalam photoshop memang sangat diperlukan ketika kalian ingin membuat objek yang diincar supaya terpisah secara utuh dan rapih, terutama ketika ingin memisahkan foto bersama dengan mantan (loh?) bukan maksudnya ketika ingin memisahkan bagian terpilih untuk digabungkan dengan objek yang lain.

Info multimedia lain: Prinsip desain grafis

Cara yang paling mudah untuk crop/memotong foto adalah dengan menghapus objek yang ingin di hilangkan dengan tools eraser/penghapus, hanya saja bagian yang kalian potong akan kelihatan tidak rapi, tentu saja yang ingin kita lakukan di sini adalah cara memisahkan/memotong objek utama pada sebuah gambar, dari latar belakang gambar yang sudah ada. Bahasa sederhananya bisa dibilang, kita mengambil objek utama sebuah pada sebuah gambar, dan menghapus seluruh backgroundnya.

Nah! di sini saya akan memberikan step by step tutorial sederhana seputar permasalahan tersebut, mulai dari cara crop objek gambar lewat lasso tool, selection tool dan pen tool dengan menggunakan aplikasi Adobe Photoshop.

Langkah Memotong Gambar di Photoshop

1. Kalau kamu sudah menyiapkan objek yang akan dipotong, sobat klik kanan+ pilih dari ketiga opsi yang ada, oh iya setiap opsi mempunyai kelebihan masing-masing. Diantaranya:

Lasso Tool: Cara crop dengan lasso tool adalah cara manual layaknya menggunakan pulpen, (untuk membuat garis pixel) sobat tinggal membuat garis potong sesuai dengan gerakan mouse sobat dengan cara klik kanan lalu buat garis membentuk pola yang akan di potong lalu lepas. Kekurangan menggunakan tools ini adalah foto yang terpotong terkesan kurang rapih terutama beberapa lekukan yang tidak terpotong sepenuhnya.

Polygonal Lasso Tool: Cara crop gambar dengan teknik ini adalah dengan cara menentukan garis-garis sesuai kehendak kita, (untuk membuat garis pixel) sobat tinggal membuat garis yang dapat diatur panjang pendeknya, tentunya bisa membuat potongan lebih rapih dan detail dengan cara klik kiri lalu buat beberapa garis sampai membentuk pola yang akan dipotong lalu double click kanan mouse. Kekurangan dari teknik atau cara ini adalah cukup lumayan menyita waktu apabila hendak memisahkan gambar dengan banyaknya detail bentuk dan lekukan dan juga ukuran yang cukup besar. 

Magnetic Lasso Tool: Cara crop dengan cara menggerakan garis potong yang otomatis akan mengikutinya, (untuk membuat garis pixel) sobat hanya tinggal menggerakan pointer mouse sobat kearah garis yang akan dipotong karena garis potong lasso tool ini otomatis akan mengikuti gerakan pointer sobat dengan cara klik kiri pada titik awal pemotongan kemudian geser mouse sobat sambai membentuk foto yang akan dipotong lalu dobuble click/klik di titik awal. Kekurangan cara ini adalah terkadang garis otomatis suka kurang beraturan terutama terhadap objek foto dengan kualitas yang kurang, misalnya burem, pudar dan semisalnya.

2. Berhubung kita sudah jelaskan ketiga opsi tools diatas, maka kamu bisa milih lasso tool type mana yang akan digunakan, untuk contohnya admin menggunakan Magnetic Lasso tool. Pertama-tama sobat buat garis pixel dengan cara klik kiri lalu ikuti jalur yang ingin sobat potong lalu double click atau pertemukan kedua ujung garis, lalu klik kanan+Layer Via Copy.

Cara Memotong Gambar di Photoshop
Cara Memotong Gambar di Photoshop Dengan Magnetic Lasso Tool

Cara Memotong Gambar di Photoshop
Cara Memotong Gambar di Photoshop

Setelah tahapan tersebut, maka hasilnya akan seperti di bawah ini.

Cara Memotong Gambar di Photoshop
Cara Memotong Gambar di Photoshop

3. Kemudian untuk menghilangkan tampilan background atau bagian yang dibuang, sobat tinggal checklist logo mata (Indicates Layer Visibility) atau klik kanan pada logo mata+Hide This Layer. Note: bukan pada layer hasil potong gambar ya. Maka gambar akan terpotong dan tampilan akan berubah seperti gambar di bawah ini.

Cara Memotong Gambar di Photoshop
Cara Memotong Gambar di Photoshop

Sebenarnya ada beberapa cara lain untuk memotong gambar di Photoshop, seperti menggunakan Quick Selection Tool W, dan Peen Tool P. 

Oke! Dengan tutorial atau cara di atas, seharusnya kamu sudah bisa memotong gambar di photoshop untuk kebutuhan edit fotomu. Mungkin cara ini terdengar remeh dan sepele, tapi perlu teman ketahui bahwa cara sederhana ini merupakan tahap yang sangat bermanfaat dalam dunia editing foto. Kenapa? Karena teknik croping gambar adalah salah satu ilmu dasar dalam dunia foto editing. 

Mungkin demikian saja yang bisa kami susun pada kesempatan kali ini mengenai cara memotong gambar di photoshop yang paling mudah. Bila terdapat kesalahan atau kekurangan dalam penyampaian kami, kami sangat berterima kasih bila ada yang memberikan masukan di kolom komentar. Terima kasih atas perhatian dan waktunya, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan tutorial ini ke teman terdekat kalian. See You!

Info multimedia lain: Font Gratis Untuk Komersial

Konten adalah hasil rewrite dari http://tutorimaru.blogspot.com/