Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Vanila dan Vanili? Biar Paham Aja!

Perbedaan Vanila dan Vanili - Bagi kamu yang biasa nyemil, entah itu makan wafer, ice cream, roti, cake, kopi, dan lain-lain, pasti sudah tidak asing dengan citarasa vanila. Penulis pribadi termasuk cukup senang dengan citarasa vanila, karena ga asik dan gak cepet bikin eneq.

Perbedaan Vanila dan Vanili
Perbedaan Vanila dan Vanili

Vanila Berasal dari Mana?

Dari segi nama, kata vanila mirip dengan pelafalan bahasa asing yah. Tapi kamu tahu gak? ternyata vanila berasal dari nama daun, yang biasa disebut juga dengan nama vanili. Nah! salah satu negara yang memiliki perkebunan vanili besar adalah Indonesia. Jadi, kita tidak bisa mengatakan kalau vanila berasal dari luar negeri, karena vanila atau vanili itu sendiri juga ada di negara Indonesia. 

Dan bukan hanya satu tempat, perkebunan vanili berada dan tersebar di banyak wilayah Indonesia. Menariknya, kualitas vanilla yang dihasilkan Indonesia katanya juga sangat berkualitas, bahkan memiliki kualitas lebih baik dari negara asal tanaman vanilla ini, yaitu Meksiko. Lihat aja apa julukan buat vanilla asal Indonesia? yaitu Java Vanilla Beans. Keren ga tuh?

Daftar Wilayah Penghasil Vanilla di Indonesia 

Ngomongin soal vanilla, kita udah sampaikan kalau Indonesia memiliki perkebunan vanilla yang tersebar di seluruh Indonesia. Nah! berikut di bawah ini beberapa wilayah di Indonesia yang mempunyai perkebunan vanilla.

1. Banyuwangi - Jatim

Banyuwangi merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang menghasilkan atau memiliki perkebunan vanili terbesar di Indonesia. Bahkan katanya nih, warga memiliki tanaman vanili di pekarangan rumahnya adalah hal yang biasa.

2. Gunung Pelindung - Lampung

Diurut kedua, ada Gunung Pelindung Lampung. Di Lampung secara umum, bisa memproduksi Vanilla sebanyak sekitar 6,4 ton dengan petani sebanyak 119 petani. Tanah di Lampung boleh dibilang cukup baik untuk budidaya vanili. Hanya saja petani sering bermasalah dalam menghadapi hama yang sulit dibasmi.

3. Pati - Jawa Tengah

Wilayah Indonesia yang menghasilkan vanili lainnya Pati Jawa Tengah. Iklim yang seimbang di Pati sangat baik untuk mengembangkan perkebunan vanili. Maka tak heran bila kabupaten ini dikenal sebagai ikonik daerah penghasil vanili.

4. Sumedang - Jawa Barat

Coba kamu bayangin, di Sumedang para petani bisa menggarap 80 ribu polybag bibit vanili yang siap dikirim ke seluruh Indonesia. Menariknya, bibit vanili yang berasal dari Sumedang terkenal akan kualitas dan telah disertifikasi sebagai bibit vanili yang unggul.

5. Dairi - Sumatera Utara

Dilihat dari sejarahnya, budidaya vanili di Sumatera Utara bermula di Dairi pada tahun 1980. Ketika itu Dairi mendapatkan pasokan bibit vanili dari pemerintah Indonesia yang dikirim dari pula Jawa.

Sekedar tahu aja buat para pembaca, usia vanila terbaik biasanya berkisar antara 8 sampai 9 bulan. Di usia terbaik ini, klasifikasi vanila kering per kilogram bisa dihargai sekitar 5 juta rupiah. Fantastis kan?!

Sedangkan untuk jenis vanilla basah, perkilogramnya bisa sekitar 300 ribuan. Kenapa harga vanila kering dan basah berbeda? Karena untuk menghasilkan 1 kg vanila kering, dibutuhkan sekitar 4 sampai 8 kg vanila basah. Maka jangan heran bila harga vanila kering sangat mahal.

Info menarik lain: Klasifikasi Buah Putsa

Apa Perbedaan Vanila dan Vanili?

Nah! kembali ke topik utama kita. Apa perbedaan vanila dan vanili. Sebenarnya ga ada perbedaan khusus antara vanila dengan vanili. Karena pada dasarnya kedua penyebutan tersebut mengandung makna yang sama, yaitu: tanaman vanili. 

Hanya saja, penggunaan kata vanili mungkin lebih umum di kalangan orang yang bergerak di bidang pertanian untuk menyebutkan tanaman. Sedangkan istilah vanilla biasanya lebih akrab dikaitkan dengan ragam jenis makanan dan minuman, seperti ice cream, wafer, roti, susu, cake dan lain-lain. Makanya jangan heran bila makanan atau minuman yang mengandung vanili lebih sering menampilkan kemasan dengan teks "rasa vanilla".

Gimana? Sekarang udah paham kan perbedaan antara vanila dan vanili? semoga ga ada kebingungan lagi yah diantara kita. Oke! sepertinya itu saja pembahasan singkat kita kali ini terkait perbedaan vanila dan vanili. Semoga membantu, dan jangan lupa ikuti terus informasi bermanfaat dari kami. Jangan lupa! bagikan artikel ini bila kamu rasa bermanfaat bagi orang banyak.

Info menarik lain: Cara Budidaya Terong Pondoh

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Perbedaan Vanila dan Vanili? Biar Paham Aja!"