Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efek Samping Makan Sayur Sawi Hijau dan Manfaatnya

Efek Samping - Kalau ngomongin soal makanan, mungkin sebagian diantara kita ada doyan makan sayur, ada juga yang paling males kalau disuruh makan sayur. Padahal kita semua tahu, yang namanya sayur itu menyehatkan dan mampu meningkatkan vitalitas tubuh. Akan tetapi, kamu percaya tidak kalau memakan sayur ternyata juga bisa berbahaya. Nah! kali ini aku mau ngasih informasi buat kamu, tentang efek samping makan sayur sawi hijau. Jadi buat kamu yang doyan makan sayur sawi hijau, wajib baca nih artikel kami kali ini. Jangan sampai karena kurangnya informasi sampai ke kamu, terjadi sesuatu yang berbahaya. Oke, daripada kelamaan, mending langsung baca informasi berikut ini.

Efek Samping Makan Sayur Sawi Hijau
Efek Samping Makan Sayur Sawi Hijau

Efek Samping Makan Sayur Sawi Hijau

Seperti anggota lain dari keluarga Brassica, sayuran sawi secara umum mungkin berisi goitrogens yang dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar tiroid. Oleh sebab itu, makan sayur mentah harus dihindari pada individu dengan masalah disfungsi tiroid, karena dapat menimbulkan terjadinya efek samping. Namun, dapat digunakan secara bebas bagi orang yang sehat. Disamping itu, sayur sawi juga harus dikonsumsi dengan hati-hati bagi orang-orang yang menderita batu ginjal oksalat. Seitap 100 g sawi hijau mentah menyediakan lebih dari 500 mg vitamin K, yakni di atas nilai harian yang direkomendasikan. Oleh karena itu, harus dikonsumsi secara tidak berlebihan pada orang yang memakai antikoagulan seperti warfarin.

Manfaat Sayur Sawi

Dibalik efek samping sayur sawi di atas, yang namanya sayur tentu menyimpang segudang manfaat, termasuk dalam hal ini sayur sawi. Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh orang normal dari sayur sawi.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Tahukah kamu bahwa asupan rendah vitamin K telah dikaitkan dengan resiko yang lebih tinggi karena patah tulang. mengkonsumsi vitamin K adalah hal penting untuk kesehatan yang baik, karena bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium. Dengan satu cangkir rebus sawi hijau memberikan 770 mikrogram vitamin K, yaitu lebih dari 100% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. 

Info sehat lain: Manfaat Strawberry Bagi Kesehatan

2. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Selain baik untuk kesehatan tulang, ternyata sawi hijau juga bagus untuk kulit karena dikemas dengan manfaat vitamin A, nutrisi yang diperlukan untuk produksi sebum yang membuat rambut lembab. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Asupan manfaat vitamin C (satu cangkir rebus sawi hijau menyediakan lebih dari 50% dari kebutuhan harian) yang dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen dan memberikan struktur pada kulit dan rambut.

Dalam hal ini, kekurangan zat besi ternyata merupakan penyebab umum rambut rambut, namun hal ini dapat dicegah dengan asupan makanan yang mengandung zat besi seperti hijau hijau. Kurang mendapatkan asupan zat besi yang cukup dalam makanan, juga dapat mempengaruhi seberapa efisien tubuh menggunakan energi. Nah! menariknya sawi hijau ini merupakan sumber zat besi yang besar, seperti yang terdapat pada manfaat bayam, manfaat ikan tuna dan telur.

3. Memberi Efek Tenang dan Membantu Tidur

Kandungan kolin dalam sawi hijau merupakan nutrisi penting untuk membantu tidur, gerakan otot, belajar dan memori. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu dalam transmisi impuls saraf, membantu dalam penyerapan lemak dan mengurangi inflamasi. Folat juga ditemukan dalam kolin, yang dapat membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh. Kelebihan homosistein, akan mengganggu produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine yang mengatur suasana hati, tetapi juga tidur dan nafsu makan.

4. Mencegah Kanker

Diantara manfaat sawi hijau lainnya adalah terbukti sejak tahun 1980-an, sawi mampu menjaga asupan tinggi sayuran secara konsisten, sehingga dapat dikaitkan dengan risiko lebih rendah menderita kolorektal dan kanker paru-paru. Sayuran ini memiliki senyawa yang mengandung sulfur yang dikenal sebagai glucosinolates, yang telah dipelajari memiliki kemampuan untuk menghambat proses kanker pada tahap perkembangan yang berbeda untuk kanker paru-paru, kolorektal, payudara, dan prostat. Studi awal baru telah menemukan bahwa glucosinolates mungkin juga efektif terhadap melanoma, kanker kerongkongan, dan kanker pankreas

Sayur sawi hijau dan sayuran hijau lainnya, yang mengandung klorofil dalam jumlah yang tinggi, telah terbukti efektif mampu memblokir efek karsinogenik amina heterosiklik. Yang mana kita tahu bahwa zat karsinogen tersebut biasa dihasilkan saat memanggang makanan. Dan zat inilah yang memicu terjadinya kanker dalam tubuh. Jika kita cenderung menyukai makanan yang dipanggang sampai gosong, maka pastikan untuk memasangkan sayuran hijau untuk membantu menetralisir efek karsinogen ini.

5. Mampu Mengontrol Diabetes

Manfaat sayur sawi hijau lainnya adalah mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Sehingga, konsumsi sawi yang tepat sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan individu yang mengalami diabetes. Menariknya, dengan satu cangkir rebus sawi hijau saja, ini mampu menyuplai kebutuhan sekitar 8 gram serat. The Dietary Guidelines for Americans bahkan merekomendasikan 21-25 g perhari untuk wanita dan 30-38 g perhari untuk pria. 

Disamping itu, sawi hijau terbukti mengandung manfaat antioksidan yang dikenal sebagai alpha-lipoic acid, yang di mana alpha-lipoic acid ini telah terbukti mampu membuat kadar glukosa yang lebih rendah, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif stres yang disebabkan perubahan pada pasien dengan diabetes. Studi asam alpha-lipoic juga menunjukkan penurunan neuropati perifer dan atau neuropati otonom di diabetes. Dari catatan, kebanyakan studi telah menggunakan asam alpha-lipoic intravena dan tidak yakin apakah suplementasi lisan akan menimbulkan manfaat yang sama.

Selain itu, sayur sawi hijau juga memiliki kandungan serat dan kadar air yang tinggi, sehingga mampu membantu mencegah sembelit, menjaga keteraturan buang air besar dan mempertahankan saluran pencernaan yang sehat.

Gimana? Udah punya gambaran tentang sayur sawi ini? Mungkin hanya ini saja yang bisa kami susun. Mulai dari efek samping makan sayur sawi hijau, sampai beberapa manfaat yang terkandung di dalam sayur sawi hijau. Pada dasarnya sayur sawi dapat dikonsumsi secara normal bagi orang-orang yang tidak memiliki masalah dengan kelenjar tiroid. Sekian dari kami, semoga bermanfaat. 

Info sehat lainnya: Efek samping begadang

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Efek Samping Makan Sayur Sawi Hijau dan Manfaatnya"