Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pupuk Kompos Organik Sederhana

 

cara membuat pupuk organik
cara membuat pupuk organik - sc: membangunperkebunankelapasawit.blogspot.com

Cara Membuat Pupuk Kompos Organik - Banyak diantara kita yang mungkin belum sadar, bahwa pertumbuhan sebuah tanaman terkadang tidak dapat berkembang pesat tanpa adanya nutrisi dari pupuk. Dan banyak pula juga, diantara kita yang tidak mengetahui jenis jenis pupuk yang umum digunakan sebagai nutrisi tanaman. Sebut saja salah satunya yaitu pupuk kompos. Tahukah kamu? bahwa pupuk kompos ternyata sangat mudah untuk dibuat. Nah! pada kesempatan yang singkat ini, kami akan coba paparkan kepada teman-teman, tentang cara sederhana dalam membuat pupuk. Khususnya pupuk kompos organik.

Wawasan lain: Tanaman tradisional untuk obat asam urat

Pupuk Kompos Organik

Sebelum masuk ke cara membuat, teman-teman perlu tahu apa itu pupuk kompos organik. Pupuk Kompos merupakan pupuk organik yang terbuat dari bahan-bahan organik seperti jerami, dedaunan, dan kotoran hewan yang mengalami proses dekomposisi atau pelapukan terlebih dahulu. Cara Pembuatan pupuk organik sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri dirumah. langsung aja siapkan bahan bahannya.

Bahan-bahan Pupuk Organik

Harap untuk dicatat, berikut di bawah ini adalah beberapa bahan yang perlu kamu siapkan untuk membuat pupuk kompos organik sederhana. 

  • Kotoran ternak. Sapi, kerbau, kambing dan domba (2 ton / 2000kg)
  • Jerami yang dicacah terlebih dahulu kurang lebih 5-10 cm. (secukupnya)
  • Arang Sekam (secukupnya), Sekam yang sudah dibakar namun tidak samapi menjadi abu. lihat proses pembuatan arang sekam
  • Air (20 liter)
  • EM4 (5 sendok makan)
  • Gula pasir (5 sendok makan)
  • Bubuk gergaji atau bisa juga dengan dedaunan dan bahan-bahan organik lainnya.

Alat-alat yang diperlukan

Setelah bahan disiapkan, tentunya kita membutuhkan peralatan agar dapat mengolah bahan pupuk menjadi pupuk kompos organik. Persiapkan alat-alat berikut.

  • Sekop
  • Cangkul
  • Sarung tangan
  • karung goni

Cara Membuat Pupuk Kompos Organik

  1. Siapkan media pembuatan pupuk, ditempat yang sejuk tidak terkena matahari langsung dan tidak kena hujan jika terjadi hujan.
  2. Larutkan EM4 dan gula kedalam air. 
  3. Lapisan pertama, Campurkan Kotoran ternak dengan arang sekam kemudian aduk hingga merata, setelah itu taburkan dekomposer (EM4 dan gula yang sudah dilarutkan dalam air) tadi secukupnya aduk hingga merata.
  4. Lapisan Kedua Taburkan jerami, dedak, bubuk gergaji dan bahan-bahan organik lainnya hingga merata kemudian siramkan dekomoser tadi.
  5. Setelah itu tutup rapat tumpukan bahan-bahan tadi dengan rapih dengan menggunakan karung goni dan jerami.
  6. Hari Kedua aduk adonan tersebut hingga merata dan tutup kembali rapat-rapat.
  7. Lakukan monitoring setiap pagi dan sore, dengan cara memasukan tangan (dengan sarung tangan) jika tangan kita tidak kuat menahan panas adonan maka adonan belum siap dipakai. aduk setiap melakukan monitoring.
  8. Biasanya hari ke empat adonan sudah siap, cara menceknya masukan tangan anda jika bisa menahan panas adonan maka pupuk kompos organik siap dipakai. 
Gimana? cukup sederhana bukan? Rentetan bahan dan cara di atas kami himpun dari http://jurnalorganik.blogspot.com/2013/05/cara-membuat-pupuk-kompos-organik.html Tentang cara membuat pupuk kompos organik. Semoga materi sederhana ini dapat bermanfaat, khususnya bagi kamu yang ingin membuat pupuk. Terima kasih.

Wawasan lain: Mengenal Bunga Viola

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Pupuk Kompos Organik Sederhana"