Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah yang dimaksud dengan Protokol? Apa sama dengan Protokol Kesehatan?

Pengertian Protokol - Dalam satu tahun terakhir ini kita dihebohkan dengan yang namanya virus Covid-19. Yang mana dengan perantara virus tersebut banyak aspek dalam kenegaraan terpengaruh dan mengalami kemerosotan. Mulai dari aspek ekonomi, aspek sosial, dan aspek-aspek lainnya yang tidak mungkin kita sebutkan satu persatu. Kemudian, untuk menekan laju penyebaran virus, pemerintah pun sempat memberhentikan beberapa kegiatan, khususnya yang tidak bersifat urgensi. Melarang adanya aktivitas yang dilakukan secara massal dan berkumpul, hingga menetapkan aturan baru yang disebut dengan protokol kesehatan.

Apakah yang dimaksud dengan Protokol
Apakah yang dimaksud dengan Protokol

Istilah protokol ini bisa dibilang semakin populer, semenjak terjadinya wabah yang kita sebutkan di atas. Lalu, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan protokol? Seperti apa saja contoh penerapan aturan protokol? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apakah yang dimaksud dengan Protokol?

Kalau kita merujuk pada kamus besar bahasa Indonesia, maka pengertian protokol dapat dibagi menjadi beberapa macam, tergantung konteks kalimat. Protokol bisa bermakna surat-surat resmi yang memuat hasil perundingan (persetujuan dan sebagainya). Protokol juga bisa berarti peraturan upacara di istana kepala negara atau berkenaan dengan penyambutan tamu-tamu negara. Atau protokol juga bisa diartikan tata cara (upacara dan sebagainya) yang secara internasional berlaku dalam hubungan diplomatik. Protokol juga bisa bermakna orang yang bertugas mengatur jalannya upacara. Dalam dunia teknik jaringan protokol bisa lain lagi maknanya.

Info keren lain: Cara Menjadi Tampan

Apa itu Protokol Kesehatan?

Sederhananya, protokol kesehatan adalah aturan atau tata cara yang disusun secara khusus, untuk tercapainya sasaran kesehatan. Baik itu mencegah penyebaran penyakit, atau meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat secara umum. Protokol kesehatan belakangan ini heboh, disebabkan terjadinya wabah penyakit yang kita ketahui bersama. 

Pemerintah menerapkan aturan protokol kesehatan, karena melihat penyebaran virus yang semakin tak terbendung. Dalam kegiatan arus mudik persatu tahun terakhir, pemerintah kita bahkan sangat ketat. Sehingga mewajibkan setiap individu yang melakukan kegiatan mudik untuk melakukan test rapid antigen, untuk menutup kemungkinan terjadinya penyebaran virus yang lebih luas.

Contoh Penerapan Protokol Kesehatan

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan protokol, tentunya kita juga perlu mengenal secara langsung, bagaimana contoh penerapan protokol. Nah! di sini kami akan memberikan contoh penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus C-19. Berhubung penerapan protokol ini sangat dibutuhkan saat ini.

1. Mencuci tangan sebelum memasak, makan, menggunakan kamar mandi, menutup mulut saat batuk, dan sesudah bersin.

2. Menggunakan masker saat bepergian dan berada di tempat umum.

3. Menjaga jarak minimal 1 meter ketika berada di keramaian.

4. Menjauhi kerumunan bila tidak terdapat kepentingan yang mendesak.

5. Meminimalisir mobilitas atau bepergian ke luar rumah tanpa keperluan penting.

Kesimpulan

Pengertian protokol sebenarnya sangat luas. Sehingga untuk mendefinisikannya dibutuhkan kehatian-hatian, tergantung konteks kalimatnya. Seperti yang sudah kami sampaikan di atas, secara umum protokol bermakna tata cara atau aturan persetujuan, sedangkan dalam bahasa teknik jaringan komputer, protokol bermakna aturan di dalam sebuah jaringan komputer yang wajib ditaati oleh pihak pengirim dan penerima. Tujuannya adalah agar dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi meskipun memiliki sistem yang berbeda.

Mungkin sampai di sini yang dapat kami jelaskan terkait pengertian protokol. Semoga dengan tulisan singkat ini, kamu bisa memahami dengan baik apakah yang dimaksud dengan protokol. Minimal kamu mengerti salah satu contoh penerapan protokol kesehatan. Terima kasih atas perhatian dan waktunya, semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini bila kamu rasa bermanfaat.

Info menarik lain: Apa itu Hanko?

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Apakah yang dimaksud dengan Protokol? Apa sama dengan Protokol Kesehatan?"