Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Bisnis Tetap Eksis di Masa Pandemi

Tips Agar Bisnis Tetap Eksis
Tips Agar Bisnis Tetap Eksis di Masa Pandemi

Tips Agar Bisnis Tetap Eksis di Masa Pandemi

Hallo para para pembaca di mana pun kalian berada, Alhamdulillah kali ini seokilat.com yang dikelola oleh seorang individu masih dapat bertahan untuk tetap update informasi, di tengah-tengah kesibukan mempelajari DKV di Jogja. Saking sibuknya posisi saya saat ini, saya sampai bingung harus membuat konten bermanfaat apa. Tapi setelah saya pikir-pikir, sepertinya pada kesempatan kali ini saya kita akan membahas sesuatu yang tidak jauh-jauh dari yang namanya bisnis, apa itu? Kita akan membahas bagaimana caranya agar bisnis kita tetap dapat bertahan dalam segala kondisi, termasuk di dalamnya di tengah kondisi pandemi saat ini. Apa saja tipsnya? Yuk! Simak di bawah ini.

1. Ubah Gaya Pemasaran

Yah namanya lagi masa pandemi, kita tahu kondisi perekonomian bangsa saat ini sangat kacau balau. Banyak terjadi PHK, omset menurun, dan masalah perekonomian lainnya. Ada yang perlu kamu ketahui saat menjalankan sebuah bisnis, bahwa tatkala kondisi umum telah mengalami perubahan, maka kita selaku pemilik unit usaha harus melakukan perubahan pola marketing. Bila yang sebelumnya kita lebih banyak fokus menggunakan metode konvensial, yuk! Mari kita coba jajal metode pemasaran digital. Karena sebagaimana kita tahu, saat kondisi pandemi ini orang-orang lebih banyak seliwuran di dunia maya ketimbang dunia nyata. Maka dari itu, peluang untuk mendapatkan konsumen melalui media-media digital bisa jadi lebih efektif untuk saat ini. Adapun jenis pemasaran digital yang mungkin bisa kamu coba, seperti: Google Ads, FB Ads, SEO dan lain-lain.

Ide Bisnis Lainnya? Ternak Modal 1 Juta

2. Ubah Metode Servis ata Pelayanan

Anggap saja kamu membuka usaha pecel lele, biasanya kamu melayani 100 orang tamu setiap hari secara offline. Nah! Karena sekarang kita masih dalam kondisi pandemi, coba ubah metode pelayanan kamu. Dari yang sebelumnya lebih banyak fokus di offline, coba ubah fokus ke metode pelayanan online. Daftarkan bisnis kamu ke platform yang bersedia berkerjasama untuk menawarkan produk yang kamu jual, seperti: Grab Food, Go Food, dan lain-lain. Atau kamu bisa langsung saja membuat website bisnismu, sehingga orang-orang dapat berkomunikasi langsung melalui layanan chat, atau sejenisnya.

Ide Bisnis: Langkah-langkah Membangun Studio Desain Grafis

3. Terapkan Protokol Kesehatan

Bahaya virus saat pandemic tidak bisa diremehkan. Banyak orang yang was-was saat belanja dan khawatir, jangan-jangan orang di sekitar kita membawa virus. Nah! Untuk meminimalisir kondisi was-was ini, kita bisa menerapkan protocol kesehatan di tempat unit bisnis kita. Semisal, setiap orang yang hendak masuk ke tempat usaha kita, maka wajib memakai masker, menggunakan handsanitizer dan melewati tahap cek suhu tubuh. Nah! Bagi mereka yang tidak memenuhi protokol ini diharap untuk tidak masuk.

4. Tawarkan Kupon Diskon

Bagi kamu yang menjalankan unit usaha, ada baiknya kamu melakukan penawaran diskon untuk pembelian tertentu. Metode ini biasanya cukup ampuh memancing pembeli, mengingat kondisi keuangan anak bangsa sangat butuh yang namanya diskon-diskon. Namun perhatikan juga, atur penetapan nilai diskon agar tidak sampai merugikan unit bisnis yang kamu jalankan.

Mungkin ini saja yah yang bisa kami sampaikan kali ini, maaf bila saat ini kami belum bisa menghadirkan informasi secara panjang, berhubung posisi saya saat ini sedang masa pembelajaran desain. Tapi meskipun sibuk, kami akan tetap komitmen menghadirkan konten-konten bermanfaat in syaa Allah. Jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial mediamu. Kamu juga boleh mengcopy tulisan ini, namun ingat agar memberikan link atribusi, dan hidupkan link aktif bila kamu mengcopy tulisan ini di blog atau website. See You.

Ide Bisnis Lainnya: Bisnis modal sedikit untung melimpah

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Tips Agar Bisnis Tetap Eksis di Masa Pandemi"