Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer dikenal Dengan Istilah

Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer dikenal Dengan Istilah
Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer dikenal Dengan Istilah

Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer dikenal Dengan Istilah?

Dalam ilmu TIK atau jaringan komputer, skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilah topologi jaringan. Untuk lebih jelasnya mengenai topologi jaringan, di sini kami akan mencoba menjelaskan kepada para pembaca agar lebih faham sedikit tentang bagaimana topologi jaringan. Namun sebelum itu, kamu bisa siapkan secangkir kopi agar membaca artikelnya lebih enak. Jangan lupa juga, setelah mendapatkan informasi yang kamu butuhkan, jangan lupa bagikan artikel ini ke akun sosmed kamu yah. Agar manfaat artikel ini lebih tersebar luas.

Kenali juga: Cara transfer uang dengan DANA

Apa itu Topologi Jaringan?

Topologi jaringan adalah sebuah istilah yang digunakan dalam ilmu TIK untuk menyebut skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer. Topologi jaringan ini setidaknya terdiri dari beberapa jenis, dan salah satu jenis topologi jaringan paling populer adalah topologi ring.

Apa sih topologi ring? Topologi ring adalah jenis topologi paling sederhana dan cenderung hemat dalam hal pembiayaan. Akan tetapi, dibalik biaya hemat topologi ring ada beberapa kekurangan, salah satunya yang paling khas adalah gangguan koneksi jaringan.

Selain topologi ring, terdapat jenis topologi lainnya seperti: topologi bus, topologi star, dan topologi mesh. Untuk penjelasan masing-masing topologi ini, silahkan baca keterangan di bawah:

1. Topologi Bus: Jenis topologi sederhana yang dibuat dengan menggunakan kabel coaxial sebagai media transmisi jaringan.

2. Topologi Star: Jenis topologi fleksibel dan paling populer. Topologi jaringan ini dikenal boros dalam penggunaan kabel dan membutuhkan biaya mahal dalam instalasinya.

3. Topologi Mesh: Mirip dengan topologi star yang boros dalam penggunaan kabel, namun topologi mesh dikenal sebagai teknologi jaringan komputer yang aman dengan ukuran bandwith yang besar. Topologi mesh dikenal dengan sistem jaringannya yang rumit.

4. Topologi Tree: Sesuai namanya {tree} yang berarti pohon, topologi jaringan ini memiliki tingkatan hirarki. Dalam hal jaringan, bila terjadi kendala pada topologi ini, maka jaringan di bawahnya juga akan mengalami gangguan. Topologi tree juga dikenal sebagai teknologi jaringan dengan kecepatan transmisi data yang lambat.

Info tekno lain: Apakah yang dimaksud dengan VPN?

Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan Geografi

Setelah mengenal skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer, ada juga yang namanya jenis-jenis jaringan komputer. Jenis jaringan komputer ini setidaknya ada sejumlah 7 bagian. Mulai dari LAN, MAN, WAN, PAN, CAN, Internet, dan VPN. Bagaimana masing-masing penjelasannya? Berikut selengkapnya.

1. Jaringan LAN

Jaringan komputer yang pertama adalah LAN atau biasa disebut dengan Local Area Network. LAN merupakan sebuah alat yang secara umum berfungsi sebagai media transmisi data yang bersifat jarak pendek. Biasanya jaringan LAN ini juga digunakan sebagai wireless untuk jaringan koneksi saluran WiFi.

2. Jaringan MAN

Jaringan MAN sedikit berbeda dengan jaringan LAN. Jaringan ini dapat dikoneksikan dengan lebih dari 2 komputer dalam satu wilayah. MAN atau Metropolitan Area Network adalah tipe jaringan komputer berkecepatan tinggi yang juga dapat berfungsi sebagai ISP/penyedia layanan internet.

3. Jaringan WAN

Jaringan Wide Area Network atau yang biasa dikenal dengan WAN adalah jenis jaringan router yang menghubungkan antara jaringan, misal dari LAN ke WAN. Dalam jaringan WAN ini IP Address biasanya tersimpan di dalam router.

4. Jaringan PAN

Pearson Area Network atau biasa disingkat PAN adalah jenis jaringan komputer yang dapat dibilang wilayah cakupannya tidak meluas. Sebagai contoh, jaringan ini biasanya hanya sebatas antar rumah saja. Adapun contoh sistem jaringan ini seperti: koneksi printer ataupun internet.

5. Jaringan CAN

Bila jaringan LAN sedikit mirip dengan PAN, kali ini giliran jaringan CAN yang sedikit mirip dengan jaringan MAN. Karena dalam hal ini jaringan CAN sering dikhususkan untuk koneksi ruang komputer, seperti ruang praktik komputer, atau jenis ruang komputer lainnya.

Sepertinya demikian saja yah yang dapat kami jelaskan terkait materi TIK kali ini. Jadi kalau muncul pertanyaan “skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilah” apa kamu sudah bisa donk menjawabnya. Karena jawabannya sangat sederhana, yaitu topologi jaringan. Terima kasih sudah mengikuti materi ini hingga selesai, jangan lupa ikuti terus informasi seputar teknologi di kanal informasi seokilat.com. Bagikan juga artikel ini ke sosial media dan teman-temanmu, agar manfaat yang kami susun ini dapat tersebar dengan luas.

Kenali juga: Cara menghubungkan Facebook ke Instagram

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer dikenal Dengan Istilah"