Daftar Usaha yang Menjanjikan di Desa | Ide Bisnis

Daftar Usaha yang Menjanjikan di Desa | Ide Bisnis Semoga dengan 10 inspirasi ini dapat menjadi solusi bagi kamu yang hendak merintis sebuah usaha di
Usaha yang menjanjikan di Desa
Usaha yang menjanjikan di Desa

Usaha yang Menjanjikan di Desa

Dunia bisnis selalu menarik untuk dibahas, dunia bisnis selalu berubah ubah dan dinamis mengikuti perkembangan bangsa. Bila kita berbicara tentang bisnis, salah satu market yang sering menjadi pembahasan adalah desa. Dapat kita katakan bahwa desa adalah market potensial yang belum banyak tersentuh oleh produk-produk yang sudah banyak tersebar di kota. Sehingga, kondisi ini sering dimanfaatkan oleh para wirausaha untuk merintis sebuah bisnis di desa. Nah! Sesuai tema kita di atas, kali ini kita akan fokus membahas, jenis usaha apa yang menjanjikan dan memiliki potensi besar untuk berkembangan di wilayah pedesaan.  Mulai dari bisnis yang membutuhkan modal kecil, hingga jenis bisnis yang membutuhkan modal besar. Apa saja bisnis-bisnisnya?

1. Usaha Isi Ulang Air Minum

Kita mulai dari jenis usaha yang membutuhkan modal cukup besar. Untuk membuka usaha gallon air, kita membutuhkan dana sekitar 35-40 juta rupiah. Usaha isi ulang air ini memiliki potensi yang cukup besar di wilayah pedesaan. Sebab sebagaimana kita ketahui, pihak yang menjalankan jenis bisnis ini masih sangat sedikit atau bahkan bisa dibilang belum ada yangmenjalankannya di wilayah desa. Terkait peralatan usaha galon ini, kamu tidak perlu khawatir. Saat ini sudah banyak penyedia alat isi ulang air, baik penjualan melalui toko offline ataupun online. Prospek bisnis galon ini juga cukup menjanjikan bila ditinjau dari sisi perkembangan produksi alat dispenser. Sebagaimana kita ketahui, dispenser adalah sebuah alat yang secara umum dapat bekerja seperti layaknya lemari es dan juga alat pemanas air. Kemudahaan  untuk mendapatkan air dingin dan panas secara bersamaan inilah, yang membuat orang-orang tertarik untuk menggunakan alat ini.

Ide Bisnis Lainnya: Ternak Modal 1 Juta

2. Usaha Ternak Ayam Petelur dan Pedaging

Salah satu usaha yang menjanjikan di desa adalah bisnis peternakan ayam. Baik itu ternak ayam petelur ataupun ternak ayam pedaging. Adapun aspek yang melandasi alasan ini yaitu wilayah pedesaan umumnya masih memiliki kondisi iklim yang baik. Bahkan bukan hanya kondisi iklimnya, harga tanah di wilayah desa umumnya masih cenderung murah. Sehingga kita bisa membeli beberapa lahan tanah, yang dapat kita jadikan sebagai tempat untuk budidaya ternak ayam. Nantinya, setiap kita memanen telur atau daging dari hasil ternak kita, kita dapat langsung mendistribusikan hasil panen kita ke para penadah atau kita dapat memasarkannya secara langsung. Baik itu di pasar pagi atau pasar sore di wilayah desa yang padat penduduk.

3. Usaha Penyewaan Alat Pertanian

Masih dengan usaha yang membutuhkan modal besar. Bila kamu memiliki modal besar dan ingin merintis usaha yang menjanjikan di desa, membuka jasa penyewaan alat pertanian, mungkin bisa menjadi pilihan bagi kamu. Karena sebagaimana kita ketahui, mayoritas wilayah desa umumnya di dominasi oleh area pertanian. Di mana kondisi ini dapat kita manfaatkan untuk membuka jasa yang dibutuhkan oleh para petani desa. Dalam hal ini kita juga perlu mengedukasi calon pelanggan, bahwa dengan menggunakan peralatan pertanian yang kita tawarkan, petani akan mendapatkan efisiensi kerja yang mampu meningkatkan produktifitas area pertanian menjadi lebih baik. 

4. Usaha Pulsa Elektrik

Kalau jenis usaha sebelumnya kita membutuhkan modal yang cenderung besar, kali ini modal yang kita butuhkan bisa dibilang cukup terjangkau di semua kalangan. Apa itu? Yap! Usaha pulsa elektrik. Jenis usaha ini bisa dibilang cukup menjanjikan di desa. Karena sebagaimana kita ketahui, tower provider kartu seluler telah tersebar hampir ke setiap pelosok desa. Itu artinya, kebutuhan orang-orang terhadap jaringan telepon dan internet bukan hanya milik orang perkotaan saja. Orang-orang di desa juga memiliki kebutuhan yang sama terhadap jaringan provider. Jadi, bila kamu berencana merintis usaha pulsa elektrik, bisnis ini bisa dibilang memiliki prospek yang sangat baik.

Ide Bisnis Lainnya: Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

5. Usaha Token Listrik

Mungkin saat ini sebagian besar rumah di wilayah desa masih menggunakan meteran listrik pasca bayar. Namun tahukah kamu? Pelan tapi pasti rumah-rumah di wilayah desa niscaya akan beralih ke meteran listrik pra-bayar, mengingat bahwa sistem digitalisasi akan terus berkembang. Oleh sebab itu, kondisi ini dapat kita fahami bahwa peluang usaha token listrik bisa menjadi sangat potensial kedepannya. Selain peluang tersebut, kami juga melihat tidak ada persyaratan berat bagi pemula untuk merintis jens usaha ini. Sederhananya, bagi kamu yang ingin memulai usaha ini, kamu hanya butuh distributor token PLN yang berada di wilayah desa tempat kamu akan merintis usaha.

6. Usaha Bibit Tanaman

Kondisi desa yang masih di dominasi oleh tanah kosong bila dilihat dari kacamata bisnis merupakan peluang bisnis yang cukup baik untuk memasarkan bibit tanaman. Usaha ini cukup menjanjikan sebab didukung oleh lingkungan yang masih asri, cadangan air melimpah, jauh dari polusi dan tentunya baik untuk budidaya tanaman. Menariknya, usaha jenis ini tidak hanya menyasar para penduduk desa saja, lebih daripada itu kita juga dapat melebarkan peluang bisnis kita hingga ke pasar online / marketplace. Untuk jenis bibit yang dapat dipasarkan tentu sangat bervariasi. Mulai dari bibit sayur mayor, buah buahan, hingga bibit tanaman hias.

7. Usaha SPBU Mini

Kalau di kota-kota besar mungkin kita tidak kesusahan untuk mencari SPBU, namun lain halnya bila kita berada di wilayah pedesaan. Untuk mencari SPBU butuh perjuangan keras ke area kota. Salah satu alasan tidak adanya pengusaha yang berniat mendirikan SPBU di desa antara lain yaitu rendahnya tingkat pengendara bermotor di wilayah pedesaan. Calon pengusahaan khawatir kalau-kalau membuka SPBU besar di desa tidak menjadi efisien.

Nah! Berhubung tidak ada SPBU yang berdiri, kondisi ini dapat kita manfaatkan untuk membuka SPBU kecil-kecilan. Dengan SPBU skala kecil ini, peluang bagi kita untuk jatuh rugi pun juga akan semakin kecil. Namun bila kita mampu menjaring konsumen dengan baik, maka keuntungan besar dapat kita raup dengan maksimal. Karena para pengendara motor yang biasa mengisi di SPBU kota akan tertahan di SPBU kecil milik kita. Prospek bisnis ini juga sangat baik ke depannya, karena jumlah pengguna kendaraan bermotor terus bertambah setiap tahunnya. Termasuk di wilayah pedesaan.

8. Usaha Ikan Asin

Salah satu jenis usaha yang menjanjikan di desa adalah bisnis jualan ikan asin. Terlebih lagi bagi desa yang dekat dengan wilayah pantai, sungai ataupun daerah danau. Adapun salah satu kunci sukses untuk merintis bisnis ikan asin ini adalah tersedianya bahan baku ikan dan area untuk menjemur ikan yang hendak dikeringkan. Itulah alasannya, mengapa jenis usaha ini kami katakan cocok bagi penduduk desa. Karena seperti yang kita ketahui, peluang untuk mendapatkan bahan baku ikan akan menjadi lebih mudah bila kita tinggal di wilayah perairan, dan wilayah desa masih banyak tersedia lahan kosong yang dapat kita gunakan untuk menjemur ikan asin.

9. Usaha Ternak Ikan Air Tawar

Masing-masing produk memiliki konsumen. Bukan hanya ikan laut, dengan pengelolaan yang baik bisnis ikan air tawar juga cukup menjanjikan meski dijalankan di wilayah desa. Justru, menjalankan usaha ikan air tawar di desa bisa jadi adalah pilihan yang terbaik. Karena seperti yang kita tahu, di desa masih banyak terdapat lahan kosong. Yang di mana lahan tersebut dapat kita optimalkan dengan mengubahnya menjadi kolam ikan air tawar. Adapun jenis ikan air tawar yang dapat kita budidayakan dan dijual ke pasar, antara lain: ikan mas, ikan lele, ikan guremeh, ikan nila, ikan patin, ikan gabus, ikan mujahir, dan lain-lain. Selain ikan air tawar untuk konsumsi, peluang ternak ikan hias air tawar juga dapat kita kembangkan di wilayah pedesaan, salah satunya adalah jenis ikan cupang.

10. Usaha Agen Gas Elpiji

Meskipun di wilayah desa masih banyak warga penduduk yang menggunakan kompor manual, tapi tahukah kamu bahwa pengguna kompor yang menggunakan gas elpiji saat ini juga tidak sedikit. Menariknya, sering terjadi fenomena di mana jumlah pengguna kompor gas tidak seimbang dengan penyedia gas elpiji itu sendiri. Nah! Dengan membaca ketimpangan kondisi ini, seharusnya kita dapat bergerak cepat membuka bisnis agen gas elpiji. Karena kita tahu, bahwa gas telah menjadi kebutuhan pokok warga Indonesia, sebagaimana kebutuhan kita terhadap BBM. Namun sebelum kamu benar-benar terjun merintis usaha ini, coba lakukan inspeksi daerah terlebih dahulu. Pastikan kamu bisa mendapatkan stok gas elpiji dari pihak pusat. 

Mungkin pada kesempatan ini hanya 10 saja yang dapat kami hadirkan terkait jenis usaha yang menjanjikan di desa. Semoga dengan 10 inspirasi ini dapat menjadi solusi bagi kamu yang hendak merintis sebuah usaha di wilayah desa. Terima kasih karena sudah mengikuti materi sederhana ini hingga akhir. Jangan lupa pula, bila kamu rasa tulisan ini bermanfaat, bantu kami agar berkembang lebih baik dengan membagikannya ke sosial media. Sampai jumpa di ide bisnis kami lainnya.

Ide Bisnis Lainnya: Modal Ternak Ayam Petelur