Usaha Rumahan Modal 50 Ribu | Ide Bisnis

Usaha Rumahan Modal 50 Ribu - Banyak diantara kita yang ingin merintis sebuah usaha, kali ini mengenai usaha rumahan modal 50 ribu. Semoga dapat berma
Usaha Rumahan Modal 50 Ribu
Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Usaha Rumahan Modal 50 Ribu - Banyak diantara kita yang ingin merintis sebuah usaha, namun sering terhalang dengan yang namanya modal. Mau bisnis laundry butuh modal minimal 5 jutaan, mau bisnis galon air minimal modal 35 juta, mau bisnis pulsa aja minimal dana 1 juta. Namun, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi. Sekarang adalah zaman dunia digital, di mana seorang dapat merintis sebuah usaha bahkan dengan modal yang seminim mungkin. Mungkin masih banyak yang tidak percaya bahwa dengan modal 50 ribu kita sudah dapat merintis sebuah usaha meski hanya kecil-kecilan. Penasaran bagaimana penjelasannya? Silahkan ikuti tulisan kami di bawah ini.

1. Usaha Pengumpulan Barang Bekas

Salah satu jenis usaha yang dapat kamu rintis dengan modal hanya 50 ribu rupiah adalah mengumpulkan barang bekas. Mungkin sebagian orang sedikit malu menjalankan bisnis jenis ini, namun bila kita kembali jujur pada kebutuhan, rasa malu tidak akan menambah kebaikan apapun pada kondisi yang kita alami. Jadi, selama yang kita usahakan adalah jerih payah dan halal, seharusnya kita tidak perlu malu. 

Adapun skema untuk usaha jenis ini yaitu: kamu bisa membeli barang bekas dari pengumpul barang bekas, kemudian barang bekas tersebut kamu jual kembali kepada penadah/pengepul barang bekas yang memiliki skala lebih besar. Dalam bisnis ini kita harus pintar-pintar menentukan harga, kita dapat memperoleh keuntungan dengan layak.

Ide Bisnis Lainnya: Modal Ternak Lele dalam Drum

2. Usaha Jualan Kue Kecil-kecilan

Kita akui bahwa modal 50 ribu bukanlah nilai yang besar tatkala kita berbicara soal bisnis. Jangankan soal bisnis, untuk jajan saja bisa dibilang 50 ribu adalah nilai yang pas-pasan. Namun jangan berkecil hati, dengan modal sekecil itu, bismillah kita coba untuk melakukan sebuah usaha. Usaha apa itu? Jawabnya adalah jualan kue kecil-kecilan. Adapun jenis kue yang dapat kita jual tentu sangat bervariasi. Namun kita bisa memiliki jenis kue dengan modal seminim mungkin, seperti: kue-kue basah, gorengan, atau sejenisnya. 

Kamu bisa menitipkan kue buatanmu di warung-warung dekat rumah dengan sistem bagi hasil. Adapun perhitungan pembagian hasil secara rinci, tentu kami kembalikan pada kamu yah.

3. Usaha Jualan Kripik

Salah satu jenis usaha rumahan dengan modal 50 ribu yaitu dagang kripik. Selain bahan baku kripik mudah didapat, peminat snack jenis ini juga sangat banyak di pasaran. Menariknya, selain bahan baku mudah didapat dan memiliki banyak peminat, usaha kripik ini juga mudah bagi kita untuk mendapatkan keuntungan. Bukan hanya dapat kamu pasarkan secara offline, kripik yang kamu buat juga dapat dipasarkan secara online melalui marketplace.

Ide Bisnis Lainnya: Tips Agar Bisnis Tetap Eksis

Adapun jenis kripik yang bisa kamu jual tentu sangat bervariasi, mulai dari kripik pisang, kripik singkong, kripik bayam, kripik jengkol, kripik jamur, dan lain-lain. 

4. Usaha Dropship Barang

Mungkin banyak yang masih belum percaya kalau dengan modal 50 ribu rupiah kita sudah bisa melakukan sebuah usaha bisnis. Ga percaya? Sesuai tagline nomor 4 kita, cukup dengan modal 50 ribu, kita sudah bisa melakukan kegiatan usaha bisnis melalui rumah. Usahaa dropship ini sejatinya tidak membutuhkan modal, namun karena kita membutuhkan jaringan internet, anggap saja biaya 50 ribu tersebut untuk ongkos pulsa kita. 

Seperti apa sih bisnis dropship? Sederhananya, dalam bisnis dropship tugas kita adalah menjual produk milik orang lain. Dalam hal ini kita hanya membutuhkan gambar dan deskripsi produk saja. Kemudian kita bisa menawarkan produk tersebut ke orang-orang melalui beragam platform, seperti: sosial media, marketplace, atau bisa langsung melalui panggilan telpon. Ketika calon pelanggan tertarik untuk membeli, mereka akan mentransfer dana ke dalam rekening kita, kemudian kita menyetor harga produk ke pihak penyedia produk untuk, kemudian penyedia produk mempacking dan mengirim produk ke alamat tujuan.

Dalam sistem dropship ini adalah beberapa poin penting yang harus diperhatikan.

1. Lakukanlah kesepakatan di awal dengan pihak penyedia produk bahwa kamu akan berpartner untuk menjual produknya.

2. Pastikan ke pihak penyedia bahwa stock barang tersedia, sebelum kamu membuka lapak di beragam platform.

3. Berjualanlah dengan jujur. Sertakan deskripsi secara asli tanpa melakukan rekayasa, baik sedikit atau banyak.

Faktor Penyebab Usaha Rumahan Gagal

Bukan hanya bisnis dengan ukuran skala besar, sekecil apapun bisnis yang dijalankan pasti memiliki peluang untuk mengalami kegagalan. Hanya saja, nilai kegagalan pada bisnis skala kecil tentu tidak sefatal bisnis dengan skala besar. Yang menjadi pertanyaan adalah, apa saja alasan atau penyebab usaha yang kita jalankan gagal di tengah jalan? Khususnya dalam hal ini usaha rumahan modal 50 ribu.

1. Terlalu Memandang Sebelah Mata

Memang betul, usaha rumahan dalam hal ini modal 50 ribu cenderung terlihat sebagai bisnis yang remeh. Walaupun memang remeh, tapi justru sikap meremehkan inilah yang menjadi faktor kegagalan sebuah usaha. Sikap memandang remeh ini akan memicu munculnya rasa malas, akibatnya usaha untuk mengembangkan sebuah usaha pun menjadi setengah-setengah. Oleh sebab itu, bila kamu ingin sukses dalam menjalankan sebuah usaha, apapun itu! Jangan pernah memandangnya sebelah mata. Lakoni ia dengan sungguh-sungguh. Sebuah pepatah mengatakan: barangsiapa yang memulai sesuatu dengan bersemangat, niscaya ia akan berakhir sukses.

2. Kehilangan Fokus

Salah satu penyebab usaha rumahan gagal yaitu kehilangan fokus saat di tengah jalan. Kondisi ini memang kerap dihadapi oleh pemula yang baru saja menjalankan bisnis. Saat start di awal ia berencana untuk jualan jenis-jenis kripik. Ditengah jalan, ketika bisnisnya belum berkembang dan menunjukkan kemajuan, ia tergoda untuk melebarkan cakupan bisnisnya ke jenis usaha yang lain, jualan baju misalnya. 

Sikap tergesa-gesa dalam bisnis seperti inilah yang sering menjadi racun bagi pemula, sehingga bisnis yang sejak awal dia kembangkan tidak kunjung menampakkan kemajuan.

3. Mindset yang Salah

Tidak dipungkiri lagi bahwa peran mindset dalam mengembangkan sebuah bisnis atau organisasi menduduki tempat yang sangat urgen. Ketika mindset seseorang salah, maka usaha atau organisasi yang ia pimpin cepat atau lambat akan mengalami kehancuran. 

Untuk mengatasi hal ini, kita perlu banyak belajar kepada para mentor tentang mindset yang benar dalam mengembangkan bisnis. Bagaimana teknik pemasaran yang baik, agar budget pemasaran yang kita miliki tidak terbuang sia-sia.

4. Rencana Bisnis yang Berantakan

Bukan hanya usaha rumahan dengan modal 50 ribu, seluruh jenis bisnis usaha akan mengalami masalah besar bila dijalankan tanpa perencanaan yang matang. Seorang wirausaha wajib melakukan perencanaan bisnis agar setiap kendala yang ditemui, dapat dihadapi dan diselesaikan sesuai rencana. Ini merupakan bagian dari ilmu manajemen bisnis. Merintis sebuah usaha tanpa planning yang baik, ibarat bersafar di padang gurun tanpa membawa air.

5. Gagal Menciptakan Koneksi Bisnis

Salah satu faktor yang membuat usaha sulit mengalami kemajuan adalah ketidakmampuan diri untuk menciptakan koneksi bisnis. Meskipun saat ini kita telah berada di dunia digital, di mana pemasaran bisa dilakukan dengan menggunakan platform media sharing, keberadaan jaringan bisnis offline tetap tidak bisa kita nafikan. Bisa kita katakan, 1 koneksi bisnis offline yang baik, setara dengan 100 koneksi bisnis media online. 

Adapun mengenai tips membangun koneksi bisnis, mungkin kita akan bahas pada sesi khusus. 

Mungkin demikian saja yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai usaha rumahan modal 50 ribu. Semoga dapat bermanfaat dan membantu teman-teman semua. Kedepannya kita akan coba hadirkan konten seputar bisnis lainnya, yang in syaa Allah dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terima kasih karena sudah mengikuti tulisan ini hingga akhir, jangan lupa bagikan pula konten kami ke sosial mediamu, agar apa yang sudah kami sampai dapat memberi manfaat ke banyak orang. 

Ide Bisnis Lainnya: Usaha yang Menjanjikan di Desa