Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Ternak Modal 1 Juta | Rekomendasi Bisnis Budidaya

Usaha Ternak Modal 1 juta
Ternak Modal 1 juta

Usaha Ternak Modal 1 Juta

Halo Gais! Balik lagi nih seokilat, kanal informasi yang selalu berusaha update artikel bermanfaat bagi seluruh pembaca Indonesia. Ohiya! Kedepannya mungkin dalam beberapa minggu ini saya akan fokus update artikel yang tidak jauh jauh dari seputar bisnis.

Ngomongin soal bisnis, pasti banyak diantara kita yang ingin mandiri membangun usaha, namun terhalang dengan yang namanya modal awal. Ingin minjem di bank terhalang riba, ingin minjem ke teman rasanya sungkan, ingin minjem ke mantan, eh ternyata ga punya mantan. Kan kita jadi bingung mau buka usaha apa, sedangkan modal bisnis kita sedikit. Harapannya sih kita bisa buka bisnis dengan modal sedikit, namun untun melimpah.

Nah! Ngomongin soal bisnis modal sedikit untung melimpah, temen temen mungkin bisa coba beberapa saran dari kami di bawah ini. Khususnya temen-temen yang tertarik dengan dunia peternakan. Karena artikel di bawah ini, kita akan membahas mengenai ternak modal 1 juta. Jadi, simak baik-baik yah.

1. Ternak Ayam

Kalau kamu hanya punya modal 1 juta rupiah dan ingin menjalankan bisnis ternak, maka memilih ternak ayam adalah pilihan pertama yang dapat kamu coba. Pasalnya, selain ayam selalu dibutuhkan oleh orang-orang sebagai sumber protein, daging ayam juga cenderung murah bila dibandingkan dengan daging jenis lainnya, seperti daging sapi dan daging kambing. Sebagaimana kita ketahui juga, yang namanya warga Indonesia sangat suka dengan barang murah meriah. Di satu sisi memelihara ayam tidak membutuhkan banyak perawatan khusus, sehingga kita bisa meminimalisir biaya perawatan. Tentunya minimalisir dana perawatan akan memperbesar peluang bagi kita untuk mendapatkan keuntungan. Maka dari itu, kamu bisa timbang-timbang nih, siap tidak kamu membuka ternak ayam. Ohiya hampir lupa! Sediakan juga sedikit lahan kosong agar ayam-ayam kamu dapat sehat dan beraktifitas.

2. Ternak Ikan Lele

Saat kita ingin memulai sebuah bisnis atau usaha, yang paling pertama harus kita miliki adalah ilmunya, bukan modalnya. Walaupun kita memiliki modal, tapi tidak memiliki sumber daya manusianya, maka dapat dipastikan usaha yang kita jalankan akan gagal atau berhenti di tengah jalan. Nah! Setelah memiliki ilmunya, kita dapat memulainya dengan modal yang kecil sekalipun. Seperti ternak lele. Bila kita memahami ilmunya, kita dapat memulai ternak lele bahkan dengan modal 1 juta saja. Kita bisa membeli bibit lele kecil yang tentu saja secara harga akan jauh lebih murah dibanding lele yang sudah besar. Namun perlu diingat yah teman-teman, untuk menjalankan bisnis ternak lele, mohon pelajari seluk beluk tentang lele. Tujuannya agar teman-teman dapat memahami gaya hidup lele, apa saja yang dapat mempengaruhi kesehatan lele, dan kondisi kolam seperti apa yang disukai oleh kawanan lele. Karena dengar-dengar, lele sangat sensitif dengan tanah yang menjadi tempat ia hidup.

3. Ternak Burung Puyuh

Membuka usaha ternak sebenarnya gampang-gampang susah. Gampang kalau tau ilmunya, susah yah kalau tidak tahu ilmunya. Adapun bila kita tahu ilmunya, maka ternak burung puyuh dengan modal 1 juta sudah dapat kita jalankan. Bagaimana kalau kita tidak tahu ilmunya? Hello gais! Sekarang ini sumber informasi sudah terbuka lebar di Google. Kamu bisa membaca ribuan artikel tentang cara merawat burung puyuh. Jadi sebenarnya bila kita mau berusaha menjalankan ternak puyuh, dan kita memiliki passion terhadap burung puyuh, kenapa tidak? Apalagi telur burung puyuh memiliki banyak peminat. Jadi kamu tidak perlu terlalu khawatir dalam metode pemasarannya. Tapi sekali lagi kami ingatkan, cobalah mempelajari banyak artikel tentang perawatan burung puyuh, agar usaha ternak yang kamu jalankan dapat berjalan lancar dan tidak gagal. 

4. Ternak Jangkrik

Salah satu bisnis ternak yang bisa dijalankan dengan modal 1 juta adalah ternak jangkrik. Ternak atau budidaya jangkrik tujuannya adalah memperbanyak jumlahnya. Karena sasaran dari bisnis ini adalah orang-orang yang mencari pakan buat hewan peliharaan, seperti untuk pakan burung. Selain membutuhkan modal yang kecil, budidaya ternak jangkrik juga cukup menjanjikan dari sisi keuntungan. Bayangkan saja, kita sudah dapat memulai bisnis ini dengan modal ratusan ribu saja. Harga bibitnya pun tidak mahal mahal amat. Kita hanya perlu mempelajari tabiat atau kebiasaan hidup jangkrik, dan tempat mereka hidup. Selebihnya biarkan mereka beranak. Tapi ingat yah, perluasan wawasanmu tentang jangkrik sebelum menjalankan bisnis ternak ini.

5. Ternak Kelinci

Ane mau usaha ternak gan, tapi modal ane cuma 1 juta. Bagusnya usaha ternak apa yah? Kalau kamu ingin ternak dengan modal 1 juta, kamu bisa coba membudidayakan kelinci. Menariknya, ketika kita membudidayakan kelinci, kita bisa memiliki pangsa pasar yang lebih luas. Karena bukan hanya menyasar pelanggan yang mengkonsumsi daging kelinci, kita juga bisa menyasar pangsa pasar hewan hias. Selain itu, kelebihan lainnya dari usaha ternak kelinci yaitu kita cukup membeli indukan yang nantinya berperan sebagai produsen anak-anak kelinci. Usaha ternak ini akan lebih related lagi bila kamu yang menjalan usaha ini tinggal di kediaman yang masih banyak rumput dan pepohonan. Karena selain memiliki iklim yang baik, wilayah seperti ini akan lebih mudah untuk mendapatkan pakan bagi kelinci ternak kita.

6. Ternak Kroto

Sama halnya seperti ternak jangkrik, kita bisa membudidayakan kroto untuk menyasar pangsa pasar pakan burung, khususnya untuk burung yang dikenal sebagai burung hias. Sama halnya seperti ternak jangkrik, untuk mengembangbiakan kroto tidak membutuhkan modal yang besar. Modal 1 juta untuk ternak kroto tentu sangat lebih dari cukup. Namun semua kembali lagi pada kemampuan kita dalam mengkondisikan kroto agar tetap sehat dan beranak. Sisi menarik dari kroto ini, selain menyasar pangsa pasar pakan burung, kroto ini juga sering dipadukan dengan beberapa bahan lainnya untuk dijadikan pakan ikan mas. Jadi sedikitnya, kamu bisa membidik dua pasar sekaligus untuk usaha ternak kroto.

7. Ternak Belut

Ternak modal 1 juta yang mungkin bisa kamu pilih yaitu budidaya belut. Pasalnya, selain harga bibit yang cenderung murah, budidaya atau ternak belut ini bisa menghasilkan keuntungan yang relatif besar. Karena selain menyasar pangsa pasar bahan makanan, belut juga dicari untuk dijadikan bahan campuran obat kesehatan. Maka kamu tidak perlu heran bila mereka yang membudidayakan belut memiliki area pasar yang lebih luas. Adapun mengenai media atau habitat untuk belut yang hendak kita ternak, kita cukup menyediakan area yang telah terisi dengan lumpur untuk belut. Untuk menambah informasi, kamu bisa membaca ribuan artikel tentang belut di Google.

8. Ternak Cacing

Mungkin terdengar remeh dan menjijikkan. Namun tahukah kamu? Diantara jenis ternak yang dapat kamu jalankan dengan modal 1 juta yaitu ternak cacing. Mereka yang membudidayakan ternak cacing ini biasanya menyasar pangsa pasar kebutuhan para pemancing. Karena mereka yang membuka usaha pancingan, atau mereka yang hendak pergi memancing, biasanya akan membutuhkan cacing cacing ini sebagai umpan. Adapun media ternak untuk cacing ini sangat sangatlah mudah, karena kamu hanya membutuhkan media tanah dan humus agar cacing ternakmu dapat berkembangbiak dengan subur.

9. Ternak Bebek

Masih dalam kelas unggas, jenis ternak dengan modal 1 jutaan yang bisa kamu lakoni yaitu ternak bebek. Harga untuk bibit bebek ini juga cenderung murah. Hanya saja bila kamu ingin serius dalam budidaya bebek, kamu perlu perhatikan pola pemeliharaannya. Sebaiknya aturlah sebuah wilayah bebas bagi bebek. Biarkan bebek terlepas di sebuah wilayah aman, agar ia dapat mencari makan dengan bebas. Hal ini perlu dilakukan, mengingat bebek adalah jenis ternak yang cenderung boros dalam hal pakan. Tapi ingat! Pastikan ternakmu aman dalam menjelajah. Baik itu aman dari serangan hewan predator, maupun aman dari orang-orang yang berniat mencuri.

10. Ternak Cupang

Salah satu jenis ikan yang sedang naik daun saat ini adalah ikan cupang. Dengan modal 1 juta rupiah, kamu sudah bisa membuka usaha ternak. Namun tentu saja, kamu harus sabar ketika memulai ternak ini, karena dibutuhkan waktu agar betina berhasil dibuahi oleh sang jantan. Namun bila kamu berhasil memelihara anak-anak cupang yang menetas, kamu akan untung besar. Perhatikan juga pola makan dan kebiasaan hidup ikan ini. Karena ikan ini bukan ikan yang dikonsumsi sebagai pakan, jadi wajar saja bila ikan cupang memiliki sensitifitas tersendiri.

Mungkin demikian saja yang bisa kami hadirkan pada kesempatan kali ini. Semoga dari 10 contoh ternak yang kami sarankan, salah satunya bisa menjadi pilihanmu. Namun kembali kami ingat lagi, sebelum menjalankan sebuah usaha ternak, pastikan kamu memiliki SDM yang cukup. Karena bila kamu hanya mengandalkan semangat, dan benar-benar nol dalam hal ilmu, terlebih lagi manajemen ternak yang tidak ada, maka siap-siaplah untuk gulung tikar. Sekian dari kami, semoga dapat bermanfaat. Bila kamu rasa tulisan "Usaha Ternak Modal 1 Juta" ini telah memberimu inspirasi, mohon bagikan ke sosial mediamu, agar manfaat dari artikel ini dapat tersebar lebih luas.

Kenali juga: Apa itu Prototype Produk?

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Usaha Ternak Modal 1 Juta | Rekomendasi Bisnis Budidaya"