Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negara yang Memblokir WhatsApp, Sudah Tahu Belum?

Negara yang Memblokir WhatsApp
Negara yang memblokir WhatsApp

Daftar Negara yang Memblokir WhatsApp

Pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas mengenai daftar negara pengguna WhatsApp terbanyak di dunia. Dan seperti yang sudah kita lihat bersama, kali ini kita akan membahas negara mana saja yang memblokir WhatsApp, sekaligus apa yang menjadi alasan mengapa negara-negara tersebut memblokir aplikasi chatting dengan jumlah pengguna terbesar di dunia. Namun, meskipun aplikasi ini merupakan aplikasi yang digunakan hingga 55,6% populasi penduduk dunia, ternyata ada beberapa negara yang memang sengaja menutup jalur komunikasi untuk WhatsApp bagi warga negaranya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa ikuti tulisan kami di bawah ini.

1. Cina

Tahukah kamu? Ternyata aplikasi perpesanan WhatsApp telah diblokir atau dilarang di Cina sejak tahun 2017 silam hingga saat ini. Tepatnya proses pemblokiran aplikasi chatting terbesar di dunia itu dimulai sejak masa perpolitikan. Pasalnya enkripsi yang dijalankan pada aplikasi WhatsApp sangat ketat, sehingga membatasi kekuasaan negara untuk memantau konten yang terdistribusi di dalamnya. Namun di samping alasan tersebut, sebagian menyebutkan bahwa pemblokiran aplikasi WhatsApp adalah bentuk peningkatan aplikasi chatting WeChat agar lebih berkembang. Karena sebagaimana kita ketahui bersama, aplikasi WeChat adalah milik negeri tirai bambu tersebut.

Udah Tau Belum? Cara Cek Bukti Transfer Gopay

2. Uni Emirat Arab

Kasusnya sedikit mirip dengan yang terjadi di Cina, hanya saja aplikasi WhatsApp tidak diblokir secara penuh. Sebab di negara ini masih bisa menggunakan fitur chat. Namun untuk panggilan suara dan video, negara ini emirat Arab melarangnya. Pembatasan fitur ini diduga kuat untuk meningkatkan promosi terhadap layanan komunikasi lokal mereka, yang dimana hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan negara. Jadi kalau kamu hendak berkunjung atau bermukim di uni emirat Arab, mungkin kamu tidak akan bisa menggunakan kedua fitur ini. Tapi tidak tahu juga, mungkin masih bisa menggunakan VPN. Mungkin loh.

Udah Tau Belum? Cara menggunakan WhatsApp Web

3. Iran

Dikutip dari iharare.com bahwa Iran ternyata memblokir aplikasi WhatsApp bagi penduduknya. Sejauh ini kami belum mendapatkan informasi secara detail apa alasan Iran memblokir aplikasi perpesanan WhatsApp. Namun sepertinya salah satu alasannya adalah demi menjaga keamanan dan sistem politik internal. 

4. Suriah

Masih bertetangga dengan Iran, Suriah ternyata juga memblokir WhatsApp demi kontroling politik negara. Sebagian kalangan berpendapat bahwa sistem enkripsi pada WhatsApp dapat berbahaya mengancam keamanan pemerintah dan sistem politik. Oleh sebab itu pemerintah Suriah mengambil keputusan untuk memblokir aplikasi WhatsApp.

5. Korea Utara

Diantara negara lain yang memblokir WhatsApp adalah tetangganya Korea Selatan, yaitu Korea Utara. Masih dilansir dari situs iharare.com, menyebutkan bahwa Korea Utara memblokir aplikasi WhatsApp dikarenakan enkripsi aplikasi WhatsApp dinilai terlalu ketat sehingga membatasi otoritas negara untuk mengetahui konten atau isi dari aplikasi tersebut. 

6. Kuba

Di Kuba, menariknya bukan hanya WhatsApp yang diblokir, namun juga aplikasi media sosial lainnya *tapi mungkin tidak semua). Berbeda dengan Korea Utara yang menjadikan otoritas negara sebagai alasan penolakan WhatsApp, Kuba memiliki alasan tersendiri mengapa memblokir WhatsApp di negaranya. Alasan tersebut adalah tingginya harga akses internet di negara Kuba. Pasalnya harga untuk mengakses jaringan internet secara rata-rata lebih tinggi dibanding dengan gaji rata-rata penduduk di Kuba. Namun meskipun begitu, ada beberapa pihak atau individu yang dinilai masih menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan, seperti pejabat negara, jurnalis, dan beberapa pihak lainnya yang diberi wewenang secara khusus oleh negara.

Mungkin ini saja yang bisa kami angkat pada kesempatan kali ini mengenai daftar negara yang memblokir WhatsApp. Mungkin masih ada beberapa negara yang tidak masuk dalam list kami, oleh sebab itu kami membuka wadah bagi kamu ingin ingin menyampaikan kritik dan saran melalui halaman kontak kami. Terima kasih telah mengikuti tulisan ini hingga akhir, jangan lupa bagikan tulisan ini bila kamu rasa apa yang kami sampaikan bermanfaat. Stay calm and stay tune di seokilat.

Udah Tau Belum? Daftar Negara Pengguna WhatsApp

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pendiri SEO Kilat, penulis e-book SEO Storm Resistant, desainer, dan kontributor konten SEO.