Catat! Fakta Menarik Tentang Kucing, Sedikit yang mengetahuinya

Fakta Menarik Tentang Kucing - Sebut saja kucing. Hewan yang imut dan menggemaskan ini memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Mulai dari kucing k
Fakta Menarik Tentang Kucing

Fakta Menarik Tentang Kucing - Sebut saja kucing. Hewan yang imut dan menggemaskan ini memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Mulai dari kucing kampung, hingga kucing persia, memiliki daya tarik masing-masing yang membuat si kucing terlihat imut dan bikin gemes.

Fakta Menarik Tentang Kucing yang Jarang diketahui

Tapi Tahukah kamu, dibalik kelucuan dan tingkah imut hewan ini, ternyata kucing menyimpan satu potensi bahaya yang cukup besar, dan dapat mengganggu kelangsungan hidup manusia. Hal ini dikarenakan, si mpus ternyata bisa menjadi media yang paling ampuh dalam menyebarkan sejumlah bibit penyakit dan virus. Mulai dari tokso hingga rabies yang berbahaya bisa menyebar melalui hewan yang lucu ini.  Dan untuk menambah pengetahuan kita, Mari simak 6 fakta menarik mengenai kucing yang belum Kamu tahu di bawah ini.

1. Predator Paling Hebat

Fakta Menarik Tentang Kucing
Fakta Menarik Tentang Kucing

Sebuah kekeliruan besar, Jika kamu menganggap buaya dan ikan hiu yang memegang predikat sebagai predator paling hebat di dunia. Karena pasalnya, kucing lebih banyak memiliki track record dalam hal berburu dan memangsa. Hal ini terbukti di mana kucing mampu membunuh atau memakan beberapa ribu spesies makhluk hidup, dan mengalahkan kucing besar (singa, harimau dan sejenisnya) yang hanya mampu berburu / memangsa kurang dari 100 spesies makhluk hidup. Kita patut bersyukur kucing memiliki ukuran yang kecil, karena jika tidak, mungkin kita pun akan dimangsa oleh hewan lucu ini.

Udah tau belum? Fakta menarik tentang singa

2. Kucing Sudah Ada Sejak Zaman Mesir Kuno

Fakta Menarik Tentang Kucing

Kucing telah berasosiasi dalam kehidupan manusia lebih kurang semenjak 3500 tahun yang lalu. Di mana ketika itu, orang-orang Mesir kuno menggunakan kucing sebagai alat untuk mengusir hama tikus dan hewan pengerat lainnya yang biasa menggerogoti hasil panen mereka. Dan Tahukah kamu? Bahwa jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh jumlah kucing di dunia, dan selebihnya adalah kucing dengan keturunan campuran, atau yang lebih dikenal dengan kucing kampung / kucing liar. Selain ukuran dan bentuk fisik yang unik, populasi kucing ras yang sedikit ini, menjadi pemicu tingginya harga jual kucing dengan tipe ras ini.

3. Kucing dipanggil "Meong"

Fakta Menarik Tentang Kucing
Fakta Menarik Tentang Kucing

Di negara kita (Indonesia), suara yang dihasilkan kucing sering ditulis dengan ungkapan kata "Meong", sedangkan dalam bahasa Inggris Amerika, suara kucing sering ditulis dengan kata "Meow", dan di negara Inggris, suara yang dihasilkan kucing sering ditulis dengan kata "Miaow". Mungkin setelah kita melihat perbedaan masing-masing negara dalam menterjemahkan suara yang dihasilkan kucing dalam bentuk tulisan, ada beberapa persamaan yang bisa kita lihat. Dimana semua kata penulisan diawali dengan huruf "M". Berbeda dengan negara Jepang, Dimana mereka menterjemahkan suara yang dihasilkan kucing dengan bentuk tulisan "Nya"_ diawali dengan huruf "N".

4. Berat Badan Kucing

fakta menarik tentang kucing

Pada umumnya, kucing memiliki berat badan berkisar 2,5 hingga 7 kg, dan sedikit sekali yang mampu menyentuh angka 10 kg. Akan tetapi berbeda kondisi jika kucing tersebut diberi makan dalam jumlah besar secara rutin, bobotnya mungkin bisa mencapai 23 kg. Kucing yang hidup dalam perawatan yang baik, bisa hidup hingga mencapai usia 15 - 20 tahun. Dan tercatat, kucing tertua yang pernah hidup di dunia ini memiliki usia Hingga 36 tahun! Dan sebuah fakta yang membuat miris adalah kucing yang hidup di lingkungan Urban modern, pada umumnya hanya mampu bertahan hidup hingga usia 2 tahun saja, atau bahkan kurang dari itu. 

Udah tau belum? Hewan paling berbahaya di dunia

5. Kucing itu Hewan Yang Sangat "Bersih"

Fakta Menarik Tentang Kucing
Fakta Menarik Tentang Kucing

Selain layak mendapatkan gelar sebagai predator terhebat, kucing juga sangat pantas disebut sebagai hewan yang sangat pembersih. Hal ini disebabkan, mereka (kucing) sering merawat diri dengan menjilati rambut di tubuh mereka. Saliva atau air liur yang terdapat di lidah mereka merupakan agen pembersih yang sangat kuat. Tapi meski begitu, saliva yang dihasilkan kucing dapat memicu alergi pada manusia. Ketika kucing menjilati rambut di tubuhnya, rambut-rambut tersebut akan terkumpul di dalam perutnya berupa gulungan, dan akan dimuntahkan pada saat waktunya. Di sisi lain, kucing mampu menyimpan energi dengan cara tidur lebih sering dibandingkan hewan yang lain. Durasi tidur kucing sangat bervariasi, berkisar antara 12-16 jam per hari, dengan angka rata-rata 13 sampai 14 jam. Namun tidak jarang kita jumpai, kucing yang tidur selama 20 jam dalam 1 hari.

6. Tahayul Seputar Kucing

Fakta Menarik Tentang Kucing

Entah kamu percaya atau tidak, tapi di abad pertengahan, kucing Dianggap berasosiasi dengan kelompok penyihir dan sering dibunuh dengan kejam. Ada yang dibunuh dengan cara dibakar, Ada pula yang dilempar dari ketinggian. Sejumlah ahli sejarah meyakini, menyebarnya wabah Black Death atau wabah PES di Eropa dengan cepat, adalah disebabkan tersebarnya tahayul tersebut (kerjasama kucing dengan penyihir), hal tersebut lah yang mengakibatkan banyaknya pembunuhan kucing, sehingga populasi tikus yang membawa wabah PES didaerah tersebut meningkat dengan pesat.

Mungkin demikian saja tulisan singkat kita hari ini mengenai 6 fakta menarik tentang kucing yang jarang diketahui. Kami menyadari informasi yang kami hadirkan mungkin mengalami banyak kekurangan. Oleh sebab itu, bila para pembaca hendak menyampaikan kritik dan saran, bisa menyampaikan melalui halaman kontak kami. Jangan lupa, bagikan artikel ini ke teman-teman.

 Udah tau belum? Fakta menarik tentang penguin