Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negara Terkaya Di Dunia Berdasarkan Pendapatan Perkapita

Negara Terkaya Di Dunia
Negara Terkaya Di Dunia

Negara Terkaya Di Dunia - Berbicara mengenai negara, tentu tidak lepas dari hal yang namanya kemiskinan, korupsi, tidak tegaknya hukum, politik, kualitas pendidikan yang rendah, kerusakan lingkungan, kemacetan, kesenjangan sosial, pengangguran dan masih banyak lagi. Tapi tunggu dulu, pada kesempatan kali ini bukan itu yang ingin kita bahas.

Negara Terkaya Di Dunia Berdasarkan Pendapatan Perkapita

Karena sesuai dengan judul di atas,  yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai 10 negara terkaya di dunia yang mungkin belum kamu ketahui. Dan langsung saja tanpa berbasa-basi kita simak ulasannya di bawah ini. 

1. Qatar

Negara ini adalah salah satu negara yang tergabung di dalam organisasi Liga Arab. Dan terletak di kawasan semenanjung kecil di Jazirah Arab serta Asia Barat. Negara yang merdeka pada tanggal 1 September 1971 ini adalah negara yang memiliki sistem pemerintahan monarki/ kerajaan. Menurut sumber yang kita dapat (laporan badan IMF 2016), Qatar adalah negara yang memiliki pendapatan ekonomi tertinggi di dunia. Bayangkan saja, pendapatan per capita di negara ini mampu menyentuh angka $128.702. Itu berarti, rata-rata penduduk dari negara ini memiliki penghasilan berkisar 1,8 miliar rupiah per tahun. Terang saja, dengan angka penghasilan rata-rata tersebut, wajarlah bila Qatar menduduki posisi pertama sebagai negara terkaya di dunia.

2. Macau

Sebuah negara yang terletak di wilayah pesisir selatan republik rakyat tiongkok ini, adalah negara kecil yang hanya berukuran 30,5km². Akan tetapi, meskipun negara ini memiliki ukuran yang tergolong "mini", dirinya mampu menempati urutan kedua sebagai negara berpenghasilan tertinggi didunia (th 2018). Hal itu terbukti dengan angka pendapatan perkapita yang dihasilkan negara ini sebesar $122.489. Yang itu berarti, rata-rata penduduk dinegara ini berpenghasilan sekitar 1,7 milyar rupiah per tahunnya. Adapun yang menjadi sumber utama pendapatan di negara ini adalah bisnis pariwisata dan perjudian. Jika ibukota Qatar terletak di Doha, kamu jangan tanya dimana letak ibukota macau, sebab kamu tidak akan pernah menemukannya. Ya, negara ini tidak memiliki ibukota.

Udah tau? Negara Garis Pantai Terpanjang di Dunia

3. Luksemburg

Negara ini adalah salah satu negara, yang memiliki nama ibukota seperti nama negaranya sendiri. Benar, ibukota negara Luksemburg adalah Luksemburg City. Negara kecil yang terletak dikawasan eropa ini, memiliki iklim ekonomi yang sangat stabil, dan sektor industri yang terus berkembang. Mulai dari industri baja, kimia, hingga industri karet, terus berkembang dinegara kecil ini. Bukan cuma itu, sektor perbankan juga mengambil andil dalam pertumbuhan ekonomi di negara tersebut. Hingga akhirmya ditahun 2018 ini, Luksemburg tercatat sebagai negara ke-3 dengan pendapatan perkapita tertinggi di Dunia. Dengan taksiran angka sekitar $110.870. Hal itu berarti, pendapatan rata-rata penduduk dinegara Luksemburg ini berkisar 1,6 milyar rupiah per tahunnya. Mimpi apa ane bisa dapat duit segitu 😂

4. Singapura

Pelabuhan dinegara ini adalah satu dari lima pelabuhan  paling sibuk di dunia saat ini. Penduduknya pun berasal dari berbagai ras dan suku dunia seperti: Cina, Melayu, India, Arab, berbagai keturunan Asia, serta Kaukasoid. Pesatnya perkembangan ekonomi industri dinegara ini, mengantarkan Singapura menjadi negara ke-4 dengan pendapatan perkapita tertinggi didunia saat ini, dengan kisaran angka $98.014, atau sekitar 1,4 milyar per tahun. Adapun yang menjadi sumber utama pendapatan dinegara ini, berasal dari sektor industri seperti, elektronik, kimia, jasa keuangan, peralatan pengeboran minyak, pengilangan minyak bumi, pemrosesan karet dan produk karet, pemrosesan makanan dan minuman, konstruksi lepas pantai, sains, reekspor.

5. Irlandia

Negara yang ber ibukota Dublin ini, memiliki ekonomi yang bergerak dalam sektor Farmasi, perangkat keras komputer, perangkat lunak, produk makanan, peredaran serta pembuatan perangkat medis dan masih banyak lagi. Tingkat produktivitas tenaga kerja di Irlandia yang tinggi pun mengantarkan negara ini menjadi salah satu negara dengan pendapatan tertinggi ke-5 di dunia. Tercatat, pendapatan perkapita negara ini berkisar $79,924. Angka tersebut menunjukkan bahwa pendapatan rata-rata penduduk di irlandia berkisar pada angka 1,1 miliar rupiah per tahun. 

Udah tau belum? Sungai terpanjang di Indonesia

6. Brunei

Sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan indeks pembangunan manusia tertinggi ke-2 di Asia Tenggara setelah Singapura, menjadikan negara ini tergolong sebagai salah satu negara maju di dunia. Bukan hanya itu, Salah satu majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat, bahkan memasukkan Brunei Darussalam sebagai negara terkaya kelima di dunia dari total 182 negara. Terang saja, ternyata pendapatan perkapita di negara ini pun mencapai angka $79,726, atau sekitar 1,1 miliar rupiah per tahun.

7. Norwegia

Sebagai salah satu negara pemasok minyak terbesar di dunia (di luar negara Timur Tengah), menjadikan negara ini hidup makmur dengan menghasilkan beberapa kebijakan yang membuat kehidupan masyarakatnya menjadi semakin terjamin seperti: jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat, sekolah gratis hingga pendidikan tinggi, sampai tempat penitipan anak yang bersubsidi. Disamping itu, negara telah menjamin kesejahteraan para pekerja, dengan memberikan dukungan financial dalam jangka waktu yang telah ditentukan, ketika seseorang itu sakit ataupun kehilangan pekerjaan. Dan semua hal kenyamanan di atas mungkin saja terjadi, mengingat pendapatan perkapita di negara ini mampu menyentuh angka $74,065. Dimana itu berarti, pendapatan rata-rata penduduknya berkisar 1 miliar rupiah per tahun. 

8. Uni Emirat Arab

Menjadi negara penghasil minyak terbesar ke-3 di kawasan teluk, tentu membuat perputaran ekonomi di negara ini kian pesat dan berkembang. Selain bergerak dalam sektor minyak, negara ini juga terlibat dalam bisnis gas alam, kurma, dan ikan kering. Kemegahan pembangunan infrastruktur di negara ini pun terlihat sangat jelas.  Sebagaimana yang kita ketahui, gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa, seakan menjadi simbol bagi negara ini akan suksesnya membangun perekonomian. Tercatat,  pendapatan perkapita Uni Emirat Arab berkisar : $68,662. Atau sekitar 999 juta rupiah per tahun.

9. Kuwait

Negara yang berbentuk monarki semi konstitusional ini adalah negara yang memiliki kurs mata uang paling tinggi di dunia. Jumlah cadangan minyak bumi yang dimiliki Kuwait pun mencapai 96,8 barel, merupakan cadangan minyak terbesar keempat di dunia. Pendapatan perkapita di negara ini menyentuh angka $66,673, atau sekitar 970 juta rupiah per tahun.

10. Hongkong

Posisi kesepuluh dalam daftar negara terkaya di dunia kita adalah Hongkong. Sebagai salah satu negara yang menjadi pusat ekonomi dunia, Hongkong melibatkan diri dalam berbagai jenis sektor bisnis seperti: manufaktur, pariwisata, keuangan, perdagangan dan layanan lainnya. Pendapatan perkapitanya pun mampu menyentuh angka $64,533, atau sekitar 939 juta Rupiah per tahun.

Itu saja pembahasan kita kali ini mengenai 10 negara terkaya di dunia berdasarkan pendapatan perkapita. Materi ini ditulis sebagai bahan informasi, bukan sebagai bentuk dukungan terhadap hal-hal negatif yang mungkin terkandung di dalam artikel.

Bagikan artikel negara terkaya di dunia ke teman-temanmu. Mari menjadi bagian warganet cerdas dengan sharing artikel bermanfaat.

Udah tau? Perusahaan Minyak Terbesar di Dunia

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things.