Catat! Ini 10 Negara Paling Rawan Gempa Bumi

Negara Paling Rawan Gempa Bumi Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai 10 Negara Paling Rawan Gempa Bumi di dunia. Dengan harapan, setel
Negara rawan gempa
Daftar negara rawan gempa bumi di Dunia

Halo sobat, kembali lagi dengan kita. Seperti biasa, seokilat  akan menghadirkan pembahasan menarik yang tentunya akan menambah wawasan sobat semua. Ohiya, sebelum lanjut kami ingin ingatkan, jika dirasa artikel yang kami hadirkan telah menyalahi data yang telah valid, silahkan beritahu dikomentar atau langsung layangkan email ke contact us seokilat. Atau jika dirasa artikel yang kami sajikan mengandung manfaat dan memberi informasi menarik, jangan sungkan sungkan untuk share ke teman-teman kalian. Agar teman- teman kalian juga mengetahui apa yang sudah kalian ketahui.

Udah tau belum? Karakteristik Pengguna Facebook

10 Negara Paling Rawan Gempa Bumi

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai 10 Negara Paling Rawan Gempa Bumi di dunia. Dengan harapan, setelah membaca dan mempelajari artikel ini, sobat semua menjadi lebih mengetahui dan lebih mengenal, negara mana saja yang perlu diwaspadai akan bencana gempa bumi. Baiklah, tidak perlu basa basi lagi, langsung saja simak penjelasan kita dibawah ini.

1. Jepang

Menduduki posisi pertama, sebagai negara paling rawan gempa adalah Jepang. Negeri pohon sakura ini terletak diantara 3 lempeng benua, yaitu: Lempeng samudra Pasifik, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Filiphina. Ketiga Lempeng ini memang sangat akrab dengan pergerakan yang menimbulkan gesekan antara lempeng, sehingga mengakibatkan getaran gempa yang sangat kuat dan mampu memporak - porandakan sebuah negara dalam hitungan menit. 

2. Cina

Negara yang terkenal akan tembok raksasanya ini berada diatas sebuah patahan Longmen Shan, lebih tepatnya patahan ini berada di kedalaman 12,3 km dibawah permukaan tanah. Patahan ini merupakan Lempeng Tektonik yang menjadi perbatasan langsung antara dataran tinggi Tibet dengan Lembah Shincuan. Menurut data yang dilansir dari USGS, zona patahan Longmen Shan terbentang lebih dari 240 km dibawah permukaan gunung Longmen Shan. Dan gempa yang terjadi di negara China, merupakan hasil dari gesekan antara Lempeng Tektonik India dengan Lempeng Tektonik Eurasia. Dimana Lempeng Tektonik India bergerak ke arah utara menuju Asia, lalu menekan dataran tinggi Tibet hingga bergeser ke arah timur menuju negeri china. 

3. Indonesia

Negara tercinta kita ternyata masuk dalam kategori negara yang paling rawan gempa di dunia. Bukan tanpa sebab, hal itu dikarenakan Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak diantara 4 lempeng tektonik dunia, yaitu: Lempeng Samudra Hindia, Lempeng Samudra Pasifik, Lempeng Benua Asia, dan Lempeng Benua Australia. Bahkan bukan hanya itu, selain masalah lempeng tektonik, disepanjang pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, Jawa, dan Sumatra, terdapat banyak pegunungan vulkanik tua, yang tentunya akan semakin meningkatkan peluang, akan munculnya gempa, letusan gunung berapi, hingga tsunami.

4. India

Negara india ternyata memiliki lempengan tektonik yang terus bergerak sekitar 47 mm setiap tahunnya. Akibat dari pergerakkan lempeng inilah, india sering mengalami gempa bumi yang cukup besar, dan mengakibatkan kerusakan yang cukup parah. Seperti gempa yang terjadi di kota Gujarat, India. Tercatat, bahwa gempa Gujarat ini digolongkan sebagai gempa bumi paling merusak ke3 di dunia.

5. Nepal

Sebagaimana pada umumnya, negara yang dipenuhi dengan jajaran pegunungan memang cenderung rawan mengalami gempa bumi. Berdasarkan penelitian, Lempeng Eurasia dan Lempeng India yang berada di bawah bumi Nepal, bergerak secara teratur sekitar 4-5 cm setiap tahunnya. Dan pergerakkan kedua lempeng ini, telah terjadi semenjak berjuta-juta tahun yang lalu, hingga kini pergerakkan kedua lempeng tersebut telah menghasilkan puncak tertinggi di muka bumi, yaitu jajaran Pegunungan Himalaya.

6. Meksiko

Dilansir dari Business Insider. Meksiko merupakan sebuah negara yang berada diatas lempeng tektonik terbesar dimuka bumi, ketiga lempeng tersebut yaitu: Lempeng Pasifik, Lempeng Cocos, dan Lempeng Amerika Utara. Kondisi "rawan" inilah, yang membuat Meksiko kerap mengalami guncangan hebat, akibat pergerakkan ketiga lempeng tektonik yang saling berdesak- desakkan di dasar bumi Meksiko.

7. Turki

Berikutnya yang masuk kedalam daftar negara paling rawan gempa adalah Turki. Posisi negara ini tepat berada diatas Lempeng Eurasia, Lempeng Arabia, dan Lempeng Afrika. Dimana Lempeng Arabia terus bergerak secara signifikan dengan kecepatan sekitar 2 milimeter/tahun ke arah utara. Hal ini membuat Turki terpaksa harus siap menghadapi guncangan hebat, dengan waktu yang tidak bisa diprediksi sama sekali.

8. Amerika Serikat

California merupakan salah satu negara bagian Amerika Serikat yang paling rawan mengalami gempa bumi, karena berada tepat diatas garis patahan San Andreas. Bahkan, menurut kabar terbaru dari badan Survei Geologi Dunia menyebutkan; "peluang California mengalami gempa berskala besar (getaran diatas 6,7 SR) akan meningkat dalam 30 tahun mendatang hingga 99%.

9. Iran

Tahun 2017 silam, negara ini harus pasrah diguncang gempa berkekuatan 7,3 SR, dan menewaskan lebih dari 450 orang. Menurut penelitian, Posisi Iran yang berada tepat diatas Lempeng Eurasia dan Lempeng Arabia menjadikan negara ini sangat rawan terkena gempa bumi.

10. Cile

Di nomor terakhir, kita punya Cile. Sebuah negara berdaulat, yang terletak diperbatasan antara Lempeng Amerika Selatan dan Lempeng Nazca. Secara geologis, negara Cile masuk dalam kategori daerah atau kawasan yang rawan akan gempa bumi. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan aktifnya pergerakkan subduksi Lempeng Nazca dibawah Lempeng America Selatan, sehingga berdampak pada wilayah Cile menjadi rawan akan terjadinya gempa bumi. 

Itulah pembahasan singkat kita mengenai 10 negara paling rawan gempa bumi di dunia, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Di share yaa!

Udah tau belum? Daftar restoran halal di Korea Selatan