Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Daftar Keunikan Kelinci yang Jarang diketahui

Keunikan kelinci
Keunikan Kelinci

Keunikan Kelinci - Halo semua, kembali lagi di kanal informasi seokilat. Blog yang berisikan , ilmu beragam informasi pengetahuan, mulai dari teknologi, IPA, IPS, pengetahuan umum, dan hingga seputar dunia digital marketing.

Fakta Menarik Keunikan Kelinci yang Jarang Diketahui

Siapa sih yang tidak kenal dengan yang namanya kelinci? Selain lucu dan imut, kelinci juga hewan yang cukup ramah untuk dipelihara. Tapi tahukah kamu, ternyata ada banyak fakta menarik mengenai kelinci yang belum diketahui oleh masyarakat luas. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai hewan imut satu ini. Dan pembahasan kali ini kita kasih judul 9 fakta menarik mengenai kelinci yang belum kamu tahu. Oke, untuk menghemat waktu, langsung saja simak penjelasannya dibawah ini, Check This Out!

1. Bukan Hewan Pengerat

Keunikan kelinci
Hal unik seputar kelinci

Tahukah kamu? Banyak orang yang keliru dalam mengenal kelinci dengan menganggapnya sebagai hewan pengerat (Rodentia), meskipun hal itu pernah dipublikasikan di awal abad 20, namun kini, para ahli hewan telah jelas mengklasifikasikan, bahwa kelinci tergolong sebagai hewan tipe Lagomorpha.

Udah tau belum? Klasifikasi musang

2. Panggilannya Sesuai Jenis Kelamin

Keunikan kelinci brainly

Kalau di indonesia, baik itu kelinci jantan atau betina,  pasti disebut dengan satu kata yaitu "Kelinci". Namun berbeda keadaanya di negara lain, lebih tepatnya di Inggris. Karena dalam bahasa inggris, pengucapan atau penyebutan hewan lucu ini tergantung dari jenis kelamin dan usianya. Loh koq bisa begitu? yah memang begitulah ☺

Untuk penyebutan kelinci jantan dalam bahasa inggris menggunakan kata Buck. Sementara kelinci betina disebut dengan Doe. Sedangkan anak-anak kelinci disebut dengan Litter.

3. Gigi Terus Tumbuh

Keunikan kelinci brainly
Gambar kelinci - Keunikan kelinci

Mungkin inilah sebabnya mengapa kelinci mempunyai gigi depan (gigi seri) yang cenderung terlihat panjang. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata kelinci mempunyai sebuah keistimewaan, dimana kuku dan gigi mereka akan terus tumbuh sampai ajal menjemput. Hal ini bukan sekedar isapan jempol belaka, karena tumbuhnya gigi kelinci secara konstan, disebabkan struktur gigi kelinci yang menganut tipe gigi dengan akar terbuka. Dimana hal ini memungkinkan gigi kelinci, untuk terus tumbuh sekitar 3-5 inchi setiap tahunnya.

Udah tau belum? Fakta menarik tentang penguin

4. Bisa Hidup Hingga 10 Tahun

Keunikan kelinci

Telah banyak riset dan penelitian yang dilakukan para aktivis, peternak dan pencinta kelinci mengenai berapa lama usia kelinci dapat bertahan. Dan hasil data menunjukkan bahwa seekor kelinci yang dirawat dengan baik, bisa bertahan hidup hingga usia 10 tahun. Bahkan dapat lebih panjang lagi, dengan perawatan yang penuh perhatian.

5. Kelinci Jumbo

Percaya atau tidak, jenis kelinci terbesar yang ada saat ini adalah Continental Giant. Dimana jenis kelinci ini biasa dijadikan sebagai kelinci pedaging. Walaupun ada sebagian orang yang memeliharanya sebagai hewan peliharaan khusus (bukan untuk dimakan), hingga mencapai bobot 22,2 Kg dan Tinggi/panjang 132 Cm. Panjang juga Bro.. 1 Meter lebih!!

6. Alat Vital Kelinci

Keunikan kelinci
Kelinci di Padang rumput - Keunikan kelinci

Di nomor 1. kita sudah sedikit menjelaskan bahwa kelinci digolongkan sebagai hewan lagomorpha, bukan rodentia. Berbeda dengan hewan jenis rodentia, kelinci jantan memiliki alat vital tepat berada didepan buah zakarnya, sedangkan hewan bertipe rodentia, memiliki alat vital berada dibelakang buah zakarnya.

7. Telinga Terpanjang

Keunikan kelinci brainly
source : https://www.coolweirdo.com/the-
rabbit-with-the-worlds-longest-ears.html

Setelah di nomor 5 kita menemukan kelinci dengan ukuran ekstra jumbo, di nomor 7 ini kita juga punya sesuatu yang unik. TELINGA KELINCI TERPANJANG. Benar, ini adalah sebuah fakta. Di Amerika Serikat ditemukan seekor kelinci bernama Geronimo Nipper yang memiliki telinga berbeda dari kelinci pada umumnya. Bayangkan saja, panjang telinga kelinci ini mencapai 79Cm dan lebar 18,4Cm. Namun sayang, kabarnya kelinci ini sudah meninggal pada tahun 2006 silam.

8. Jumlah Gigi Kelinci

Keunikan kelinci

Berbicara soal gigi kelinci, selain dapat tumbuh terus-menerus selama hidupnya, kelinci juga punya struktur gigi yang sangat tersusun rapi dan juga efisien. Dimana susunan gigi ini terdiri dari: 4 gigi seri (2 bagian atas & 2 bagian bawah), Tepat dibagian belakang gigi seri atas, ada 2 gigi kecil tambahan yang bekerja seperti pasak penahan gigi seri utama (atas). Selain itu, kelinci juga mempunyai 6 gigi premolar atas dan 4 gigi premolar bawah. Serta 6 gigi molar atas dan 6 gigi molar bawah. Jadi, Total keseluruhan gigi seekor kelinci adalah 28 gigi.

9. Cara Mengangkat Kelinci

9 Fakta Menarik Mengenai Kelinci Yang Belum Kamu Tahu

Ditengah masyrakat kita, cara mengangkat kelinci yang paling umum adalah dengan memegangi atau menggenggam kedua telinga kelinci. Tapi tahukah kamu, bahwa tehnik mengangkat kelinci dengan cara seperti itu merupakan sebuah kesalahan yang sangat FATAL.

Hal tersebut dikarenakan, pada telinga kelinci terdapat banyak sekali saraf-saraf penting, yang terhubung keseluruh organ tubuh kelinci, dan mengangkatnya dengan cara menggenggam dibagian telinga, akan beresiko merusak sistem saraf pada kelinci, dan akan berakibat buruk pada kesehatan, bahkan keselamatannya. Hindarilah mengangkat kelinci dengan cara menggenggam dibagian telinga, ekor dan kakinya saat mengangkat.

Jadi itulah teman-teman, 9 fakta menarik mengenai kelinci yang sudah kita bahas dengan tempo yang sesingkat-singkatnya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan semakin menambah wawasan serta pengetahuan kita. See you!.

Udah tau belum? Klasifikasi Ayam

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Owner and CEO of seokilat.com. A man energetic, full of passion, and easily touched by sad things.