Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sebutkan Jenis-jenis Fotografi dan Jelaskan!

Jenis-jenis Fotografi
Jenis-jenis Fotografi

Jenis-jenis fotografi - Hallo para pembaca di mana pun kalian berada. Semoga senantiasa diberikan kesehatan agar dapat menjalani hari-hari di atas kebaikan. Berbicara soal fotografi tentu tidak cukup satu hari. Ada banyak hal menarik yang bisa kita temui dari dunia fotografi, mulai dari sisi yang positif hingga sisi negatifnya. Namun, terlepas dari kedua sisi tersebut, pada kesempatan kali ini seperti judul yang sudah teman-teman saksikan.

Jenis-jenis Fotografi dan Penjelasannya

Kali ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis fotografi, tentu saja dengan penjelasan yang super singkat dari kami. Tapi meskipun kami paparkan dengan singkat, tetap saja tulisan ini akan terasa panjang bila pembaca tidak memiliki ketertarikan kuat terhadap fotografi. Seperti apa penjelasannya? Lihat di bawah ya.

Fotografi Jurnalistik

Fotografi jurnalistik bisa dibilang merupakan salah satu jenis fotografi yang di dalam pengambilan gambarnya memerlukan keahlian khusus. Pasalnya, seorang fotografer jurnalistik kawakan selalu bisa menangkap gambar dengan mempertahankan keotentikan dari peristiwa yang terjadi. Keahlian dalam merekam peristiwa dalam selembar foto merupakan salah satu skill yang wajib dimiliki seorang fotografer jurnalistik. Maka tidak heran, bila hasil jepretan dari seorang fotografer jurnalistik sering memenangkan penghargaan di ajang lomba fotografi. Terlebih lagi bila fotografer tersebut telah memiliki jam terbang yang tinggi, bahkan rela terjun ke medan perang sungguhan untuk mendapatkan hasil fotografi terbaik.

Fotografi Dokumenter

Fotografi dokumenter adalah jenis fotografi yang masih sekelas dengan fotografi jurnalistik. Mengapa kita katakan sekelas? Karena pada dasarnya kedua fotografi ini bersifat merekam sebuah kejadian atau peristiwa. Hanya saja, untuk fotografi dokumenter lebih cenderung diperuntukkan sebagai dokumen sosial ataupun sejarah. Berbeda dengan fotografi jurnalistik yang lebih global dan tidak sebatas dokumen sosial semata. Bila teman-teman pernah melihat sekumpulan foto atau potret masyarakat jadul di museum, nah! Itu adalah contoh daripada fotografi dokumenter. Bagi teman-teman yang tertarik untuk memperdalam skill fotografi jurnalistik, ada baiknya untuk masuk kelas fotografi agar hasil jepretannya semakin mantap jaya dan tentu saja untuk lebih menghemat waktu belajar dibanding dengan otodidak.

Fotografi Aksi

Fotografi aksi bisa dengan mudah kita temui di sosial media. Seperti apa sih fotografi aksi itu? Kalau teman-teman pernah melihat foto seorang pria yang sedang menendang bola, baik itu di media sosial ataupun website, foto tersebut termasuk dalam jenis fotografi aksi dalam peninjauan aspek tertentu. Fotografi aksi tidak sebatas foto seorang yang bermain sepak bola, fotografi aksi mencakup segala jenis foto yang ditujukan untuk menangkap gambar atau momen saat seseorang melakukan sebuah aksi (yang bergerak). Fotografi jenis ini paling sering menangkap momen para olahragawan yang sedang melakukan aksi. Namun, kategori fotografi aksi tidak hanya sebatas untuk olahragawan ya, karena foto seorang petani yang sedang mencangkul juga masuk dalam kategori fotografi aksi.

Fotografi Makro

Fotografi makro adalah jenis fotografi yang menekan pengambilan objek dengan jarak dekat. Untuk mendapatkan hasil gambar makro yang sempurna, kita membutuhkan perangkat kamera yang cukup canggih. Akan tetapi, bagi seorang amatir yang ingin belajar mempraktekkan fotografi makro juga bisa menggunakan kamera digital biasa dengan mode makro. Kalau teman-teman belum tahu bagaimana contoh jepretan kamera makro, temen-temen biasa searching di google dengan keyword contoh fotografi makro. Maka teman-teman akan banyak dapati foto-foto dengan pengambilan gambar jarak dekat yang fokus. Seperti: foto butiran embun, foto serangga, foto bunga ataupun foto objek lainnya yang diambil dengan jarak dengan dan fokus. Biasanya foto jenis ini selain menitikberatkan pada jarak yang dekat, juga menekankan daya fokus. Sehingga tidak heran banyak jenis foto ini memblurkan objek di sekitarnya dan fokus pada apa yang menjadi sasaran kamera.

Fotografi Mikro

Fotografi mikro secara konsep memiliki aliran yang sama dengan jenis fotografi makro, yakni mengambil objek dengan jarak dekat. Hanya saja, bila pada fotografi jenis makro sang fotografer mengambil objek dengan jarak desat SAJA, adapun pada fotografi mikro tingkat kedekatan objek berada pada level yang lebih tinggi, alias sangat dekat hingga membutuhkan mikroskop. Fotografi jenis ini menggunakan kamera khusus untuk mengambil tangkapan gambar dari hasil zooming lensa mikroskop. Biasanya hasil dari fotografi mikro dipergunakan untuk beragam kebutuhan yang bersifat ilmiah, seperti: labolatorium, kedokteran, biologi, dan lain-lain. Kalau soal contoh, kamu bisa langsung tinjau mbah Google, cari saja contoh fotografi mikro. Biasanya akan muncul banyak objek seperti foto bakteri dan lain-lain.

Fotografi Glamor

Fotografi glamor sesuai namanya, yakni jenis fotografi yang menitikberatkan aspek erot*sme, kesek*ian dari sebuah objek. Meskipun begitu, fotografi glamor bukan termasuk kategori foto tel*njang bulat. Akan tetapi fotografi jenis ini lebih menekankan sisi menyeramkan dengan banyak mengambil pose yang menimbulkan bayangan dan kurva. Tujuan dari fotografi glamor antara lain adalah untuk memberi kesan mewah dan berkelas.

Fotografi Seni Rupa

Fotografi seni rupa adalah jenis fotografi yang menekankan pada aspek estetika foto. Biasa jenis fotografi ini dapat dengan mudah kita temui pada galeri foto kota ataupun museum setempat. Tujuan utama dari fotografi seni rupa adalah menyampaikan pesan tersirat yang terdapat pada sebuah foto dengan unsur seni yang tinggi. Sebagian orang menganggap fotografi jenis ini bersifat sangat klasik dan agak jadul.

Fotografi Aerial

Fotografi aerial biasa disebut juga dengan fotografi udara. Sesuai namanya, fotografi jenis ini selalu menangkap gambar objek dari udara. Pengambilan gambar dari fotografi aerial bisa menggunakan balon udara, pesawat terbang, helikopter, terbang dengan parasut, ataupun menggunakan pesawat tanpa awak alias drone. Fotografi aerial bisa ditujukan untuk banyak hal, sepertiL: menangkap gambar, mengambil potret cuaca, mengambil foto lanskap, foto pegunungan, foto tata letak kota, untuk kebutuhan militer, dan lain-lain.

Fotografi Bawah Air

Fotografi bawah air sesuai dengan penamaannya. Ini adalah jenis fotografi yang kegiatan pengambilan objeknya dilakukan di dalam air. Selain membutuhkan perlengkapan fotografi bawah air yang harganya cukup mahal, kita juga membutuhkan peralatan snorkeling atau menyelam yang bahkan untuk menyewanya juga membutuhkan biaya yang tidak murah. Fotografi bawah air ini biasa ditujukan untuk mengambil foto hewan laut ataupun mengambil gambar keindahan karang laut. Karena membutuhkan banyak dukungan peralatan, fotografi tipe ini biasanya memiliki sedikit peminat, bukan hanya bagi yang amatir, bahkan juga para fotografer yang sudah senior.

Udah tau? Pilih Vivo Apa Xiaomi

Fotografi Pernikahan

Fotografi jenis ini biasa kita temui di kondangan-kondangan. Kang foto ini tugasnya mengambil setiap momen penting atau mendokumentasikan kegiatan pernikahan melalui jepratan kamera. Akan tetapi, selain terjun langsung di acara pesta, sebagian fotografer pernikahan juga membuka studio khusus untuk mengambil foto pernikahan dengan berbagai tema. Selain mengambil gambar, biasanya seorang fotografer pernikahan juga memiliki skill editing untuk memberi beberapa efek pada foto tangkapannya. Tujuannya adalah menambah dan menekankan estetika dari sebuah foto.

Fotografi Perjalanan

Fotografi perjalanan adalah jenis fotografi yang menggabungkan aspek dokumentasi serta pemandangan, adat, dan kebiasaan dari sebuah daerah. Fotografi jenis ini sangat cocok bagi seorang traveller yang hobi jalan-jalan dan punya banyak uang, mirip-mirip sultanlah. Hehe. Beberapa orang memaknai fotografi perjalanan sebagai jenis fotografi yang bersifat ekspresif sesuai dengan keadaan tempat atau lokasi di mana fotografer melakukan perjalanan. Adapun wilayah atau cakupan dari fotografi perjalanan tidak memiliki batasan. Kamu bisa merekam seluruh wilayah di seluruh dunia dengan tangkapan kameramu.

Fotografi Jalanan

Fotografi jalanan sebenarnya mirip dengan jenis fotografi perjalanan, hanya saja dengan lingkup yang lebih sempit. Sehingga dengan batasan lingkup tersebut membuat makna fotografi jalanan hanya sebatas foto jalanan, mall, taman dan sebagainya dengan mode candid.

Fotografi Periklanan

Fotografi periklanan adalah salah satu jenis fotografi yang bertujuan meningkatkan pemasaran melalui hasil jepretan kamera dengan nilai estetika yang kuat. Melihat perkembangan dunia digital marketing saat ini, kebutuhan pihak advertiser terhadap fotografer periklanan pun kian meningkat. Oleh sebab itu, banyak para teman-teman fotografer memutuskan banting setir ke fotografer periklanan karena menganggap lahan tersebut lebih basah dan mudah mendatangkan uang.

Fotografi Balistik

Fotografi memiliki banyak aspek peninjauan, salah satu kategori atau jenis fotografi adalah fotografi balistik. Sesuai penamaannya yaitu balistik, fotografi balistik adalah jenis fotografi yang berkaitan dengan pengambilan objek peluru yang sedang melesat. Singkatnya fotografi ini adalah tentang fotografi peluru yang terbang melesat dan menembus objek lain.

Fotografi Vernacular

Fotografi vernacular adalah sebuah istilah yang mengacu pada fotografi amatir. Alasan sederhananya adalah fotografi ini biasanya merupakan kumpulan karya fotografer amatir, dengan objek yang bersifat umum dalam kehidupan sehari-hari. Bisa dibilang tidak ada yang istimewa pada jenis fotografi ini.

Udah tau? Samsung vs Xiaomi

Fotografi InfraRed

Fotografi infrared bisa dibilang cukup unik. Karena sesuai namanya, fotografi jenis ini diambil menggunakan filter khusus yang mampu melewatkan panjang gelombang sinar infrared, sehingga mampu menghasilkan sebuah objek atau gambar. Mengenai panjang gelombang warna pada foto jenis ini biasanya berkisar antara 400 nm hingga 700 nm. Sedangkan untuk panjang infrared itu sendiri biasanya berada pada angka 700 nm hingga 1200 nm.

Fotografi Peperangan

Fotografi peperangan dalam beberapa peninjauan sebenarnya lebih masuk pada jenis fotografi jurnalistik dan dokumenter. Alasannya karena jenis fotografi ini sama-sama bersifat meliput sebuah kejadian atau peristiwa dan merekam momen tersebut ke dalam jepretan foto. Hanya saja dalam kategori ini, sifat perisitiwa yang di foto bersifat lebih spesifik yaitu tertuju pada perang saja.

Fotografi Malam

Fotografi malam adalah jenis fotografi yang dimana fotografer mengambil tangkapan objek pada malam hari dengan mengandalkan pencahayaan buatan. Selain diambil pada malam hari, sebagian praktek fotografi malam juga sering diambil di awal menjelang malam, alias waktu senja. Disamping menggunakan pencahayaan buatan, biasanya fotografi malam juga menekankan penggunan eksposur agar jumlah cahaya yang masuk dirasa cukup.

Fotografi Busana

Fotografi busana tentu saja sesuai namanya. Fotografi jenis ini berfokus pada pengambilan objek pakaian dan asesorisnya, yang secara umum foto-foto tersebut akan dijadikan sebagai katalog produk atau foto di majalah. Namun seiring perkembangan media sosial, biasanya fotografi busana lebih banyak dipublish di akun media sosial bisnis.

Fotografi BlackWhite

Fotografi blackwhite atau hitam putih adalah salah satu jenis atau aliran fotografi yang dikhususkan untuk mengambil gambar dengan fokus warna hitam dan putih. Sederhananya mirip foto dengan pewarnaan jadul klasik. Mengingat perkembangan teknologi yang kian pesat, gaya fotografi seperti ini perlahan mulai ditinggalkan karena dianggap tidak fresh dan modern. Akan tetapi, meskipun penggemar fotografi whiteblack cenderung menurun, namun sampai saat ini gaya fotografi tersebut masih bertahan dapat dieksplor dengan baik untuk desain-desain tertentu.

Fotografi Forensik

Fotografi forensik adalah salah satu cabang atau jenis fotografi yang berfungsi atau bertujuan sebagai dokumentasi terkait tindak kriminal ataupun kecelakaan yang terjadi. Fotografi ini dilakukan oleh tim khusus yang di bawahi langsung oleh pihak kepolisian. Kegiatan fotografi forensik bisa kita temui di tempat kejadian perkara, seperti: TKP pembunuhan, TKP bunuh diri, dan lain-lain. Data atau foto dari tim forensik ini nantinya akan berguna dalam menginvestigasi tersangka atau pihak yang terlibat dalam sebuah perkara.

Fotografi Arsitektur

Fotografi arsitektur adalah salah satu jenis fotografi yang berfokus pada pengambilan foto objek berupa gedung, bangunan, patung dan segala bentuk objek konstruksi. Fotografi jenis ini bukan hanya sekedar mengambil foto belaka, namun seorang fotografer arsitektur yang handal mampu mengangkat nilai estetika sebuah objek arsitektur yang secara kasat mata terlihat biasa-biasa saja.

Fotografi Makanan dan Minuman

Fotografi jenis ini sesuai dengan namanya, yang akan menjadi objek kamera adalah beragam jenis makanan dan minuman yang ditangkap dengan teknik khusus. Sehingga foto makanan/minuman tersebut terlihat lebih estetis dan lebih menggugah untuk dicicipi. Biasanya fotografi model seperti ini digunakan untuk memasarkan produk makanan dan minuman tersebut. Yah, kalau dilihat-lihat mirip dengan fotografi periklanan, namun tidak semua fotografi jenis ini diperuntukkan sebagai media promosi produk.

Sebenarnya masih banyak jenis jenis Fotografi lainnya. Hanya saja sebagian diantaranya masih berada dalam kategori yang sama, namun dengan peninjauan yang lebih spesifik. Mungkin masih banyak kekurangan dari tulisan yang kami sampaikan, bila para pembaca tertarik untuk mengirimkan saran, bisa disampaikan melalui halaman kontak website ini. Terima kasih karena sudah menyimak tulisan ini hingga akhir. Semoga bermanfaat!

Bila artikel jenis-jenis fotografi yang kami sampaikan dirasa bermanfaat, bantu kami menyebarkan tulisan ini ke teman-teman kalian agar manfaat dari artikel kami semakin tersebar luas. Mari ciptakan iklim literasi yang baik dengan menyebarkan tulisan yang bermanfaat bagi orang banyak.  

Udah tau? Cara Download Video Tiktok

Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Sebutkan Jenis-jenis Fotografi dan Jelaskan!"