Fakta Menarik Tentang Penguin yang Jarang diketahui

Itulah penjelasan singkat kita mengenai 6 fakta menarik tentang penguin. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan teman teman sekalian, Assalamu'alaikum

fakta menarik tentang penguin
fakta menarik tentang penguin
Fakta Menarik Tentang Penguin - Mungkin kita semua sudah tidak asing lagi dengan yang namanya penguin. Hewan yang dikenal sebagai penghuni asli benua antartika ini kerap muncul di iklan atau sponsor yang memiliki nuansa es, salju, atau pun iklan air conditioner. Namun tahukah kamu? ternyata ada banyak fakta menarik yang tersembunyi pada hewan yang satu ini. Namun, berhubung keterbatasan waktu yang dimiliki penulis, disini kita akan membagikan 6 fakta saja. Baiklah, sepertinya para pembaca sudah mulai tidak sabar, langsung saja kita simak penjelasannya dibawah ini.

6 Fakta Menarik Tentang Penguin Yang Jarang Diketahui

1. Tidak Hanya Di Benua Antartika

Mungkin mayoritas kita berpikir penguin adalah hewan yang tinggal di kawasan benua Antartika saja. Padahal, spesies penguin juga bisa kita temukan di Afrika Selatan, Chili, Kepulauan Galapagos, Peru, Selandia Baru, Australia, dan sejumlah pulau sub Antartika

2. Penguin Adalah Spesies Burung

Percaya atau tidak, penguin adalah hewan yang digolongkan kedalam family Aves atau burung atau unggas. Tapi meskipun begitu, penguin termasuk salah satu spesies burung yang tidak bisa terbang, sama seperti burung unta. Pengklasifikasian penguin kedalam golongan unggas ini pun bukan tanpa alasan. Penguin memiliki semua kriteria yang dibutuhkan hewan untuk masuk kedalam kategori Aves atau unggas. Lihatlah, mereka memiliki bulu, mereka berkembang biak dengan cara bertelur, mereka pun juga hewan yang berdarah panas. Kemampuan beradaptasi yang dimiliki penguin memang jauh lebih unggul dibandingkan jenis burung apapun, maka wajar saja, jika hewan ini mampu bertahan hidup di lingkungan ekstrim seperti benua Antartika. Gimana? itu fakta menarik tentang penguin yang ke2, sekarang kita lanjut ke nomor yang ke3.

Udah Tau Belum? Fakta menarik tentang penguin

3. Penguin Kaisar

Sesuai namanya, penguin ini adalah jenis terbesar dari seluruh spesies penguin yang ada di dunia. Bayangkan saja, seekor penguin kaisar dewasa bisa mencapai berat 45 kg dengan tinggi sekitar 1,1 meter, sedangkan yang terkecil memiliki berat sekitar 2 kg. Saat musim berkembang biak tiba, para pejantan penguin kaisar akan mengerami telur mereka selama lebih kurang 2 bulan lamanya. Dan sementara pejantan mengerami telur, penguin betina akan menghabiskan waktunya dilaut untuk mencari makanan buat dirinya dan buat sang pejantan yang mengerami telurnya. Telur yang dierami pejantan akan diletakkan diatas kaki penguin dan melindunginya dibagian bawah perut sang pejantan. Bahkan bukan hanya itu, para pejantan juga akan berkumpul membentuk koloni, untuk menciptakan suhu yang lebih hangat, dan stabil, selama sang betina pergi mencari makan. 

Udah Tau Belum? Fakta Menarik Tentang Singa

4. Terancam Punah

Dari 17 spesies penguin yang ada saat ini, Penguin bermata kuning Selandia Baru (Megadyptes Antipodes) adalah spesies yang paling terancam punah. Jumlahnya saat ini sekitar 4.000 ekor yang masih bertahan hidup.

5. Burung Paling Handal Dalam Berenang

Fakta menarik tentang penguin yang ke5 adalah penguin mampu berenang dengan cepat, karena ia menggunakan tehnik berenang yang sama, dengan tehnik yang dipakai kawanan lumba-lumba. Dimana mereka meluncur sambil melompat-lompat di dalam air, sehingga memungkinkan penguin untuk bernafas tanpa harus memperlambat kecepatannya.

6. Berganti Bulu Setahun Sekali

Dalam setahun sekali, umumnya spesies penguin akan meranggas atau merontokkan bulu bulunya dan berganti dengan bulu yang lebih baru. Selama proses meranggas ini berlangsung, penguin tidak akan dapat berenang dilaut untuk mencari makanan. Umumnya, proses ini akan memakan waktu sekitar seminggu. Oleh karenanya, sebelum datang masa meranggas, penguin akan mengumpulkan cadangan lemak didalam tubuhnya, agar selama proses meranggas berlangsung mereka tidak kehilangan berat badannya terlalu banyak.

Itulah penjelasan singkat kita mengenai 6 fakta menarik tentang penguin. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan teman teman sekalian, Assalamu'alaikum. Sekedar informasi, artikel ini ditulis di Bandara Kualanamu Medan dengan tujuan keberangkatan Yogyakarta.

Udah Tau Belum? Daftar Hewan Tercepat di Dunia