Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Microblog Instagram? Contoh Microblog Instagram, dan Kelebihannya!

Apa itu Microblog
Apa itu microblog, contoh microblog instagram, dan kelebihannya

Apa itu microblog Instagram - Assalamu’alaikum para pembaca di mana pun kalian berada, kembali lagi di kanal informasi seokilat. Baru-baru ini saya yang gaptek ini mendengar sebuah istilah baru (bagi saya) dari seorang teman yang bernama Rizal Nur Khaliq. Pada saat itu ia kebetulan sedang membuka sebuah aplikasi desain inkscape dan sedang membuat sebuah desain sederhana. Tatkala itu saya pun bertanya padanya, “lagi buat apa”? Ternyata ia sedang membuat microblog untuk instagram.

Seketika itu pun saya sedikit penasaran mengenai apa itu microblog atau microblogging  dan mulai mencari-cari definisi atau pengertian microblog. Bukan hanya pengertian saja, di sini kami juga akan coba angkat beberapa contoh microblog, serta keunggulannya sebagai media promosi.

Udah tau belum? Cara membuat grup wa

Pengertian Microblog

Secara sederhana, microblogging atau microblog adalah sebuah media publikasi yang secara spesifik berfungsi sebagai sarana penyampaian informasi. Biasanya jumlah kata dalam sebuah microblog cenderung sedikit bila dibandingkan blog pada umumnya. Jumlah kata pada microblog biasanya tidak lebih dari 200 kata dan umumnya dikirim atau dipublikasikan dalam bentuk media elektronik, seperti: SMS, feed media sosial, Audio digital, website, dan lain-lain.

Apa itu Microblog Instagram?

Adapun yang dimaksud dengan microblog instagram adalah istilah yang biasa digunakan untuk menyebut feed instagram yang umumnya telah didesain sedemikian rupa, sehingga mampu memberi efek persuasif pada pembaca, baik itu dalam hal promosi produk maupun postingan informatif biasa. 

Mengenai microblog instagram, biasanya penerapan microblogging pada instagram digunakan sebagai sarana promosi produk, jasa, dan segala bentuk konten yang cenderung dikomersialisasikan. Akan tetapi, tidak seluruh microblog yang terdapat pada instagram bersifat komersil. Karena tidak sedikit microblog di instagram yang bertujuan murni sebagai informasi bermanfaat. Nanti akan kami berikan contoh microblog agar teman-teman dapat lebih memahami seperti apa sebenarnya microblog itu.

Udah tau belum? Perbandingan prosesor AMD dan Intel untuk laptop

Contoh Microblog Instagram

Setelah memahami pengertian atau definisi microblog, baik itu microblogging secara umum maupun microblog di dalam instagram, berikut di bawah ini kami juga telah siapkan sebuah contoh microblog yang kami ambil dari sahabat kami Rizal Nur Kholiq. Berikut contoh microblog instagram yang kami maksud.

Contoh microbloging Instagram
Apa itu Microblog Instagram
Contoh microblog Instagram
Contoh microbloging Instagram
Contoh microbloging

Ohiya, contoh microblog di atas kami ambil dari instagram @rizal_nurcholik. Adapun contoh microblog di atas adalah tipe microblog yang bersifat edukasi islami. 

Kelebihan Microblog Instagram

Bila kita mengulas secara mendalam, tentu kita akan dapati bahwa adalah banyak keunggulan atau kelebihan microblog sebagai media publikasi, baik itu bertujuan untuk promosi atau sekedar edukasi. Berikut di bawah ini adalah beberapa kelebihan yang bisa kamu dapati dari sebuah microblog.

1. Lebih Mudah Dipahami

Diantara kelebihan atau Keunggulan microblog adalah konten yang dihadirkan lebih mudah untuk dipahami pembaca. Salah satu faktor yang menjadikan microblog lebih mudah dipahami yaitu konten yang cenderung lebih singkat dan tidak bertele-tele. Meskipun secara umum konten microblog lebih mudah dipahami dibandingkan dengan blog yang panjang, namun kepiawaian seorang yang menjadi copywriter sangat menentukan. Apakah ia dapat menyusun kalimat yang mampu mempengaruhi atau tidak. 

2. Konten Lebih Simpel dan Mudah Dibuat

Salah satu yang menjadi kelebihan dari microblog adalah konten yang simple, tidak panjang, dan tidak bertele-tele. Karena konten microblog selalu simple dan singkat, maka sangat wajar bila pembuatan microblog akan terasa lebih mudah bila dibandingkan dengan pembuatan blog secara full. Meskipun secara jumlah kata konten microblog sangat singkat, namun dalam pembuatan microblog  membutuhkan tingkat kreatifitas yang tinggi, agar apa yang kita buat dapat menarik minat pata pembaca.

3. Lebih Komunikatif

Diantara kelebihan microblog sebagai media informasi adalah apa yang dihadirkan di dalamnya cenderung lebih komunikatif dibanding dengan blog yang panjang seperti pada umumnya. Hal ini dapat terjadi karena di dalam sebuah microblog terdapat banyak elemen desain, sehingga suasana di dalam konten akan terasa lebih hidup. 

Disamping itu konten microblog dapat dibagikan dengan mudah, sehingga dapat menyebar dengan luas dengan waktu yang sangat singkat. Kita dapat menyebarkannya melalui sosial media seperti: WhatsApp, Facebook, Line, Pinterest, dan lain-lain.

Kesimpulan

Secara umum, microblog adalah bentuk konten yang sengaja dibuat sesimpel mungkin, agar apa yang menjadi tujuan penyampaian dapat dengan mudah dipahami oleh para pembaca. Dalam beberapa tahun terakhir, microblog semakin populer sebagai sarana promosi di media sosial, karena lebih komunikatif dan memiliki nilai estetika lebih dibanding blog pada umumnya.

Sekian saja dari kami pada pembahasan kali. Semoga dengan yang singkat ini para pembaca dapat memahami apa itu microblog/microblogging instagram. Mulai dari pengertian microblog secara umum, apa yang dimaksud microblog instagram, serta contoh microblog instagram. Terima kasih atas perhatian dan waktunya. Tetap semangat, jangan lupa awali harimu dengan hal positif.

Udah tau belum? Cara Logout Akun Google di Xiaomi 


Akhbar Sanusi
Akhbar Sanusi Pernah Mengajar di : Madrasah Ibtidaiyah Jamilurrahman Assalafy, SDIT Al-Hanif Cilegon, Ma'had An-Ni'mah Mencirim Sumatera Utara, Penulis Ebook SEO Storm Resistant, desainer, dan mentor SEO Fundamental

Posting Komentar untuk "Apa itu Microblog Instagram? Contoh Microblog Instagram, dan Kelebihannya!"

Butuh Lowongan Kerja? Yuk! Gabung ke dalam Grup Lowongan Kerja IT dan Remote